Rumahweb Blog
opengraph - Tips Membuat Konten Instagram Yang Menarik Perhatian

Tips Membuat Konten Instagram Yang Menarik Perhatian

Banyak ragam media yang saat ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi bisnis, termasuk salah satunya Instagram. Media berbasis gambar dan video ini merupakan salah satu situs jejaring sosial yang paling populer dan umum digunakan. Pertumbuhan jumlah pengguna Instagram di Indonesia begitu pesat, sampai-sampai Indonesia menjadi negara keempat dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak di dunia, yang tak kurang dari 56 juta pengguna. Bahkan, selama masa pandemi, terjadi peningkatan penggunaan Instagram hingga 40%.

Bagaimana cara mempromosikan di Instagram

Agar upaya promosi bisa berhasil di Instagram, dibutuhkan konten yang menarik bagi target pasar. Tak jarang, kini agensi iklan menawarkan jasa khusus pembuatan konten untuk Instagram. Namun, menyewa perusahaan agensi iklan bukanlah jalan satu-satunya. Apabila ingin membuat konten instagram yang lebih menarik tanpa mengeluarkan biaya besar, Anda dapat memilih untuk mengolah sendiri konten Anda dengan bantuan 5 aplikasi untuk mengedit foto dan video di bawah ini.

  • InShot

Inshot - Tips MeInshot - Tips Membuat Konten di Instagram

InShot merupakan aplikasi untuk mengedit video melalui ponsel. Aplikasi ini akan sangat berguna jika ingin membuat video tentang produk yang akan dijual.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat menggabungkan video, menambahkan foto, bingkai, latar belakang, stiker, tulisan, bahkan rekaman suara atau musik.

Dengan menggunakan aplikasi ini, cukup berbekal ponsel atau tablet saja, Anda sudah bisa menyulap materi video Anda menjadi lebih menarik.

InShot secara otomatis membubuhkan watermark pada bagian bawah video yang telah diedit. Namun, Anda bisa menghilangkannya dengan membayar untuk berlangganan premium, atau bisa juga dengan menonton iklan berdurasi sekitar 30 detik.

  • Canva Stories

Canva Stories - Tips Membuat Konten di Instagram

Canva merupakan platform serba bisa untuk membuat presentasi, kartu nama, infografis, dan sebagainya, yang dapat diakses melalui aplikasi ponsel maupun web

Canva Stories dapat digunakan untuk membuat konten Instagram Story yang menarik dengan memilih format yang disediakan dan mulai menambahkan foto, tulisan serta elemen-elemen lain di dalamnya.

Menariknya, meskipun dimudahkan dengan berbagai format yang tersedia, Canva tetap tidak membatasi ruang gerak Anda untuk menambahkan atau mengedit elemen apapun yang disukai, baik itu simbol, warna, gambar, maupun tulisan. Anda pun bisa mengeksplorasi ukuran dan jenis tulisan, bahkan mengganti warna dasar format.

Namun, tidak semua elemen yang ditawarkan bisa Anda gunakan secara bebas  Beberapa elemen bersifat premium, sehingga Anda harus membayarkan sejumlah uang untuk dapat menghilangkan watermark-nya.

  • Unfold

Unfold - Tips Membuat Konten di Instagram

Unfold adalah aplikasi editing gambar khusus untuk format Instagram Story. Berbeda dengan Canva, Unfold tidak dapat diakses melalui web.

Persamaannya, aplikasi Unfold juga menawarkan berbagai template yang dapat anda gunakan untuk membuat story.

Dari segi desain, perbedaan mendasar dari Unfold adalah warna dasar yang dipilih berada dalam spektrum warna untuk desain minimalis. Berbeda dengan Canva yang menyajikan template yang lebih vibrant dan bold.

Sayangnya, apabila Anda menggunakan aplikasi ini secara gratis, maka jumlah format, jenis tulisan, dan stiker yang dapat diakses amat terbatas.

  • PicsArt

Picsart

Dibandingkan dengan tiga aplikasi editing foto sebelumnya, PicsArt terbilang yaang paling terlengkap. Mulai dari sesederhana memotong foto, hingga menggabungkan dua foto layaknya menggunakan Photoshop dapat dilakukan dengan aplikasi ini.

Melalui website resminya, PicsArt bahkan mengklaim memiliki lebih dari 3.000 fitur editing yang dapat dieksplorasi oleh pengguna, seperti menambahkan efek, stiker, tulisan, bingkai, dan sebagainya. Menariknya lagi, apabila sedang kekurangan ide, Anda dapat berselancar melalui fitur “Explore” yang akan menampilkan hasil kreasi pengguna lain yang telah diunggah. Kendati demikian, PicsArt masih membatasi keleluasaan penggunanya yang non-premium, meskipun hal ini sebenarnya tidak terlalu mengganggu. 

  • VSCO

vsco

Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh pengguna instagram untuk memperbaiki atau menyamakan tone warna dari gambar yang akan mereka unggah.

VSCO akan sangat membantu apabila Anda ingin memiliki feed dengan gambar-gambar dengan nuansa warna yang seragam layaknya yang dilakukan oleh kebanyakan selebriti Instagram. Anda dapat melakukan pemotongan gambar, mengubah pencahayaan, hingga mengutak-atik efek yang disediakan. Hampir sama dengan PiscArt, VSCO juga memiliki tab “Discover” yang dapat Anda telusuri.

Mengenai perbedaan antara fitur premium dan free, VSCO terbilang lebih tegas dalam membatasi penggunanya. Jika Anda hanya menggunakan fitur free, maka Anda hanya bisa mengakses fitur sederhana dengan efek yang standar-standar saja. Sangat berbanding terbalik dengan versi premiumnya, di mana Anda akan mendapatkan akses ke ratusan efek, bahkan fitur untuk mengedit gambar berlapis-lapis (layering) yang dapat menjadi video sederhana.

Selain dapat mengunggah foto dan video, Instagram juga menyediakan kolom “Website” pada bagian profil yang dapat Anda manfaatkan untuk mencantumkan alamat website yang Anda miliki. Bagi pemilik bisnis, fasilitas ini amat berguna untuk mempermudah calon pelanggan mengakses informasi lebih lengkap terkait bisnis yang Anda jalani. Selain itu, mencantumkan alamat website di laman Instagram, akan membuat bisnis Anda terlihat lebih kredibel. Setelah memasarkan bisnis melalui Instagram, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk memperluas jangkauan promosi bisnis Anda melalui website.

Pesan hosting dan domain website Anda di Rumahweb Indonesia, dengan pilihan paket yang beragam dan harga bersahabat. Apabila Anda sanggup membeli paket premium dari lima aplikasi editing foto di atas, maka menginvestasikan uang untuk pembangunan website bisnis seharusnya bukan keputusan yang sulit diambil.

Demikian tips membuat konten instagram yang lebih menarik dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda