Rumahweb Blog
banner-blog-Tips Membuat Foto Produk Hanya dengan Menggunakan Smartphone

Tips Membuat Foto Produk Hanya dengan Menggunakan Smartphone

Visual adalah salah satu aspek penting dalam melakukan pemasaran digital. Apalagi, jika Anda menekuni bisnis yang menawarkan suatu produk. Calon konsumen biasanya akan menilai produk tersebut berdasarkan foto yang diunggah di website atau akun media sosial.  Oleh karena itu, penting untuk mengunggah foto produk yang menarik.

Kabar baiknya, dengan kian canggihnya teknologi yang ada saat ini, Anda tidak perlu lagi memiliki kamera profesional maupun peralatan lighting untuk bisa melakukan pemotretan produk dengan hasil yang bagus. Hanya dengan menggunakan smartphone, Anda sudah dapat menghasilkan foto menarik dengan kualitas yang layak pula. Berikut beberapa tips membuat foto produk dengan menggunakan smartphone:

1. Bersihkan Lensa Kamera

Memastikan lensa kamera bersih adalah langkah pertama dan utama yang harus dilakukan sebelum memulai sesi foto.

Lensa kamera mungkin perlu dibersihkan karena smartphone seringkali diletakkan secara sembarangan di kantong pakaian, tas, atau tempat lain. Selama itu, banyak debu maupun kotoran lain yang mungkin menempel di lensa. Belum lagi jika Anda tidak sengaja menyentuh lensa ketika memainkan ponsel.

Agar tidak menggores lensa, pastikan untuk membersihkan lensa dengan menggunakan blower, kuas, atau lens pen terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan lap kain berbahan microfiber. Anda juga bisa menyemprotkan cairan pembersih lensa untuk membantu membersihkannya.

2. Aktifkan Fitur Gridlines

Gridlines akan membantu Anda mengaplikasikan prinsip fotografi “Rule of Thirds,” di mana Anda dapat menempatkan objek pada intersection atau garis bantu. Tujuannya, agar foto yang dihasilkan terlihat lebih seimbang.

Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup cari opsi “Grid” atau “Gridlines” pada pengaturan kamera ponsel Anda.

3. Gunakan Negative Space

Negative space adalah area di antara objek gambar. Konsep ini bertujuan untuk mengaburkan ruang di sekeliling objek agar mata terfokus pada objek tersebut, dan dapat membantu foto terlihat lebih seimbang dan harmonis.

4. Mencari Angle Foto yang Tepat

Dalam memotret, jangan ragu untuk mencoba berbagai sudut atau angle yang berbeda. Dengan mengubah angle foto, Anda bisa mendapatkan gambar dengan sudut pandang yang beragam. Selain itu, Anda juga dapat memperlihatkan produk dari berbagai sisi.

5. Hindari Menggunakan Flash

Kamera smartphone memang biasanya sudah dilengkapi dengan fitur flash. Namun sebaiknya Anda menghindari penggunaan flash ini karena dapat membuat gambar terlihat overexposure. Sebaliknya, Anda dapat memanfaatkan cahaya natural dalam memotret produk Anda. 

Meskipun demikian, Anda tetap dapat menggunakan bantuan flash ketika memotret di ruangan yang sudah terang untuk menghilangkan bayangan di sekitar objek.

6. Gunakan Tripod

Tripod akan sangat berguna untuk memastikan semua hasil gambar lurus dan seimbang, atau jika Anda ingin in frame di foto tersebut. Saat ini banyak tersedia tripod untuk ponsel, atau mobile tripod yang dapat dipasang dengan mudah di smartphone Anda.

7. Gunakan Aplikasi Edit Foto

Terkadang, memotret saja tidak cukup. Anda juga perlu mengedit, atau minimal memberi filter pada hasil foto. Filter dapat berfungsi untuk memperbaiki gambar dengan efek tertentu agar tampak semakin menarik. Ada berbagai jenis aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan edit foto, misalnya VSCO, Snapseed, Adobe Lightroom, dan sebagainya.

Tidak harus memiliki kamera digital atau studio foto untuk mulai memproduksi konten produk yang layak dan menarik. Dengan hanya berbekal kamera ponsel, Anda sudah dapat memiliki foto produk untuk diunggah di website, maupun media sosial.

Kuncinya, adalah dengan mematangkan konsep yang diinginkan, lalu dieksekusi dengan skil fotografi dan kreativitas yang mumpuni.

Demikian tips membuat foto produk dengan smartphone dari Rumahweb. Semoga usaha Anda menjadi lebih maju dan sukses.

Berikan Komentar

Catra Wardhana