Rumahweb Blog
banner blog - Tips Berselancar Yang Aman di Internet

Tips Berselancar Yang Aman di Internet

Internet adalah salah satu penemuan terbesar umat manusia di abad ke-20. Anda bisa menemukan informasi apapun, bisa memenuhi kebutuhan apapun, dan bahkan barangkali Anda menjadi bagian dari generasi yang tidak bisa hidup tanpa internet.

 

Internet pertama kali berawal dari beberapa komputer yang dihubungkan satu sama lain dalam satu jaringan. Kemudian berkembang dan menjadi apa yang kita kenal sebagai internet. Karena pada prinsipnya merupakan jaringan di mana komputer saling terhubung satu sama lain, internet bukanlah tempat yang sepenuhnya aman. Kali ini Rumahweb akan berbagi tips berselancar yang aman di internet.

 

  1. Perangkat Sistem Yang Aman

Sebelum menjelajah internet, pastikan sistem yang Anda gunakan memiliki keamanan yang prima. Selalu pergunakan sistem operasi yang legal dan aktifkan aplikasi antivirus yang terupdate.

 

  1. Gunakan VPN

Karena keperluan yang spefisik Anda mungkin harus mengunjungi situs web dari luar negeri yang belum pernah Anda kunjungi sama sekali, sebaiknya pergunakan layanan VPN. Dengan menggunakan VPN, alamat IP publik koneksi internet Anda tidak dapat terlacak sehingga meminimalisir kemungkinan tidak diinginkan terjadi. Cara termudah mengaktifkan VPN adalah dengan menggunakan plugin VPN untuk browser yang Anda gunakan.

 

  1. Jangan Simpan Password

Jika karena keperluan mendadak Anda harus berselancar di warnet atau komputer bersama, jangan pernah menyimpan informasi login Anda di komputer –entah itu login media sosial, email, apalagi login online banking.

 

  1. Jangan Mengunduh Perangkat Lunak Ilegal

Barangkali Anda benar-benar membutuhkan sebuah perangkat lunak proprietary tertentu untuk membantu menyelesaikan pekerjaan Anda, semisal perangkat lunak pengedit gambar. Apabila Anda belum memiliki dana yang cukup untuk membeli lisensi perangkat lunak yang dibutuhkan, jangan tergoda untuk mengunduh dan menggunakan perangkat lunak ilegal.

 

Pertama, menggunakan perangkat lunak ilegal adalah tindakan yang melanggar hukum; Dan kedua, perangkat lunak ilegal yang disebarkan di internet bisa jadi telah disusupi dengan malware yang bisa merusak atau mencuri data Anda. Alternatif yang paling aman dan bijaksana, pergunakanlah perangkat lunak open source yang legal dan gratis.

 

  1. Hati-Hati Phising

Phising adalah metode yang paling lazim digunakan oleh oknum tak bertanggungjawab untuk mencuri informasi login (credentials) milik Anda. Kalau Anda dibawa ke sebuah halaman login yang identik dengan halaman login tertentu (seperti media sosial, online bank dan sejenisnya), pastikan alamat domainnya valid.

 

Contoh : ketika muncul halaman login Facebook, pastikan alamat domain yang muncul di browser adalah facebook.com. Kalau Anda menemukan sebuah halaman login yang identik dengan halaman tertentu yang sudah Anda kenal, tetapi alamat domainnya berbeda, bisa dipastikan itu adalah situs phising.

 

Demikian beberapa tips berselancar yang aman di internet. Pastikan Anda mempergunakan internet dengan bijaksana dan untuk tujuan-tujuan yang positif. Salam sukses selalu dari Rumahweb Indonesia.

 

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi