Rumahweb Blog
banner blog - panduan whatsapp untuk marketing bisnis anda

Panduan WhatsApp Untuk Marketing Bisnis Anda

Saat ini Whatsapp menjadi aplikasi messenger terpopuler, menggantikan aplikasi messenger yang lain. Karena kecanggihan fitur dan basis penggunanya yang luas, sekarang Anda bisa juga menjadikan WhatsApp untuk marketing.

Pada artikel kali ini Rumahweb Indonesia akan membahas mengenai WhatsApp untuk marketing yang perlu diketahui bersama.

Sejarah Whatsapp

WhatsApp lahir pada tahun 2009 dan awalnya diperuntukan untuk perangkat iPhone. Berbeda dengan aplikasi messenger yang lain, Whatsapp dirancang dengan operasional yang sederhana untuk memenuhi kebutuhan komunikasi di era internet.

Meskipun demikian, Whatsapp menawarkan segudang fitur canggih yang memudahkan Anda untuk berkomunikasi. Anda bisa mengirim teks, mengirim gambar, dokumen, video,  atau bahkan melakukan teleconference.

WhatsApp untuk Marketing

Persaingan bisnis online saat ini sudah semakin ketat, setiap pebisnis dituntut untuk kreatif dalam memanfaatkan peluang, khususnya melalui teknologi.

Berikut ini macam-macam alasan bila menggunakan Aplikasi WhatsApp untuk Marketing, antara lain :

  1. Solusi untuk Meningkatkan Customer Engagement

    Ciptakan interaksi dan komunikasi yang aktif dengan pelanggan, sehingga berefek pada customer engagement yang baik. Sebelumnya Anda bisa saja menggunakan Media Sosial untuk ini. Namun biasanya hanya berakhir ke komunikasi satu arah.

    Menggunakan WhatsApp memungkinkan Anda untuk berinteraksi aktif dengan pelanggan. Anda bisa berkomunikasi berbicara mengenai bisnis Anda dengannya.

  2. Wadah Komunikasi Online

    Dalam memanfaatkan WhatsApp untuk marketing, menggunakan Group adalah cara yang baik. Untuk permulaan Anda bisa coba masuk ke group milik orang lain. Niatkan untuk bersilaturahmi, untuk mendapatkan teman, kemudian sharing didalam group itu sehingga anggota group merasa nyaman.

    Bila sudah sampai tahap itu, Anda bisa mulai menghubungi tiap anggota group secara PM, untuk menawarkan apakah mereka berkenan bila diinvite ke group yang Anda miliki.

  3. Memiliki Alternatif Data Kontak Pelanggan Yang Lebih Menjanjikan

    Biasanya pelaku bisnis hanya memanfaatkan eThe copy scores 0 in the test,mail marketing untuk melakukan list building. Sekarang Anda bisa membuat list building menggunakan nomor WhatsApp.

    WhatsApp memiliki 70% tingkat open rate. Ini artinya ketika Anda mengirim pesan ke 100 pelanggan Anda, setidaknya ada 70 orang yang membuka pesan Anda. Sungguh menjanjikan bukan layanan japri ini?

  4. Memudahkan Berbagi Konten Yang Relevan

    Selain berfungsi sebagai aplikasi chatting, WhatsApp memiliki tingkat engagement dari sosial media sekelas Facebook sekalipun. Disini Anda disarankan menciptakan konten yang relevan sesuai dengan keinginan pelanggan. Sehingga mereka tertarik dan mengikuti bisnis Anda.

  5. Memudahkan Dalam Melakukan Survey

    Dengan menggunakan WhatsApp Anda bisa melakukan survey dengan lebih mudah. Anda dapat mendapatkan tanggapan atau masukan dengan cepat dari pelanggan mengenai survey yang Anda lakukan.

  6. Praktis
    Dengan berbagai kemudahan yang ada diatas, maka Anda pasti setuju bahwa WhatsApp membuat praktis pekerjaan kita. Selama  memiliki SmartPhone dan koneksi internet, percayakan pada WhatsApp. Semua point-point diatas ada di genggaman Anda.
  7. WhatsApp Bisnis
    Sekarang tersedia juga Whatsapp untuk bisnis. Aplikasinya bisa Anda download sendiri di PlayStore untuk Anda pengguna Android ataupun di app store untuk Anda pengguna iPhone.

    Fitur-fitur yang ditawarkan WhatsApp bisnis antara lain :
    – Dapat menambahkan nomor Rumah atau kantor.
    – Ada pesan balasan otomatis.
    – Melihat pesan terkirim dan diterima.
    – Memilih kategori bisnis.
    – Centang hijau (verifikasi nomor perusahaan oleh WhatsApp)
    – Mengkategorikan pesan masuk menggunakan label.

    Namun, ketika Anda sudah menggunakan nomor Anda untuk WhatsApp biasa, Anda tidak bisa mendaftarkan nomor tersebut untuk aplikasi WhatsApp bisnis. Jadi Anda harus memiliki satu nomor lagi yang digunakan untuk nomor bisnis.

Kesimpulan

Apapun bisnis Anda, baik Online ataupun konvensional, WhatsApp menjadi aplikasi yang layak Anda gunakan untuk pemasaran untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda. 

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi