Rumahweb Blog
opengraph - Mengubah Gambar Format PNG ke WebP

Mengubah Gambar Format PNG ke WebP

PNG adalah format lossless compression yang sangat populer dan menjadi standar pendistribusian file gambar digital untuk pengolahan lebih lanjut. Dengan format PNG, kita bisa menampilkan gambar dengan kualitas terbaik, mendekati obyek asli dari gambar yang diambil. Selain itu, format PNG juga mendukung fitur transparansi, sehingga sangat cocok digunakan untuk melakukan editing gambar menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop atau GIMP.

Di artikel blog sebelumnya kami sudah membahas tentang format WebP, yaitu sebuah format pengolahan gambar baru yang dikembangkan oleh Google. Di artikel blog kali ini kami ingin berbagi cara mengubah gambar berformat PNG ke WebP.

Ada beberapa metode untuk melakukan konversi format PNG ke WebP. Kali ini kami menggunakan cara yang paling mudah dan bisa dilakukan di semua perangkat, yaitu dengan menggunakan aplikasi konverter gambar online.

Cara Konversi PNG ke WebP Secara Online

Berikut langkah-langkah untuk melakukan konversi formatnya secara online:

1. Masuk ke website penyedia konversi PNG ke WebP di alamat https://convertio.co/id/webp-png/

2. Buka file PNG yang ingin dikonversi, dengan cara mengklik tombol Pilih File.

3. Klik tombol Konversi.

4. Setelah proses konversi selesai, klik tombol Download untuk mengunduh file berformat WebP hasil konversi.

Perbandingan Ukuran File

Sebagai contoh kami memiliki sebuah file gambar resolusi tinggi berformat JPEG dengan ukuran file 6 MB. Setelah melalui proses konversi ke format WebP, ukuran filenya menjadi 3,4 MB. Untuk kualitas gambar yang dihasilkan bisa dikatakan tidak mengalami penurunan dan tidak ada perbedaan signifikan yang bisa dibedakan oleh penglihatan manusia secara umum. Bagian transparan dari gambar PNG juga tidak hilang dan masih tampil seperti gambar asalnya.

Kesimpulan

Dari hasil konversi yang dilakukan, format gambar WebP terbukti mampu mengakomodasi proses lossless compression dengan cukup baik. Kualitas yang dihasilkan tidak memiliki perbedaan signifikan dengan gambar asli. Fitur dari lossless compression seperti transparansi juga bisa ditampilkan dengan baik pada format WebP. Dengan ukuran file yang secara signifikan lebih kecil, WebP bisa dipilih sebagai format baru untuk mendesain website dengan tampilan yang menawan, dengan kecepatan yang tidak mengecewakan.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi