Rumahweb Blog
banner blog - Menggunakan Pinterest untuk Memasarkan Bisnis

Menggunakan Pinterest untuk Memasarkan Bisnis

Pinterest dikenal sebagai media yang bisa memudahkan penggunanya dalam merencanakan sebuah event atau kegiatan yang memerlukan konsep visual. Biasanya dalam mempersiapkan pernikahan atau photoshoot, Pinterest kerap dimanfaatkan karena banyak ditemukan ide dan inspirasi yang bisa dipakai sebagai referensi.

Namun, lebih dari itu, Pinterest sebenarnya bisa juga dimanfaatkan untuk membantu memasarkan bisnis, menaikkan traffic website, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.

Menurut data, lebih dari 200 miliar pins telah disimpan dalam Pinterest. Dan 90% dari orang yang menyimpan pin secara mingguan, melakukan purchase decision di Pinterest. Maka dari itu, penting bagi pemilik bisnis untuk aktif di Pinterest bila ingin aktivitas pemasarannya memiliki jangkauan yang lebih luas.

Setelah Anda mendaftar dan memiliki akun bisnis di Pinterest, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam memanfaatkan platform ini untuk memasarkan bisnis Anda.

1. Membuat Infografis

Cara pertama yang bisa digunakan di Pinterest untuk mempromosikan website atau blog bisnis Anda adalah dengan infografis. Apabila konten website Anda bisa dikonversikan dalam bentuk infografis, maka bagikanlah di Pinterest. Sebagai tambahan, Anda juga bisa mengolah ulang blog post lama menjadi infografis.

Secara umum, Pinterest memang merupakan platform yang bagus untuk mengolah ulang konten-konten lama agar menjangkau audiens baru yang sebelumnya belum pernah mengkonsumsi konten Anda.

2. Pilih halaman atau blog terbaik untuk dibagikan di Pinterest

Ingat, tidak semua blog post yang pernah Anda buat perlu dipromosikan di Pinterest. Alih-alih, pilihlah beberapa yang dirasa paling cocok untuk platform ini,

Contohnya, pilihlah blog post yang memiliki ilustrasi visual yang menarik, materi yang bisa diunduh dan dibagikan di platform lain, atau infografis. Selain itu, selalu ingat pada topik boards Anda. Bagikanlah blog post yang masih selaras dengan boards Anda.

3. Buat desain ilustrasi yang unik dan mencerminkan brand Anda

Saat Anda membuat pin, penting untuk menggunakan gambar yang tak hanya menarik, tapi juga dibuat khusus (tidak sekedar mengambil dari internet). Untuk mempromosikan sebuah blog post, Anda bisa juga menggunakan gambar yang ada di dalam blog tersebut, dan tinggal dibubuhi teks khusus yang berkaitan dengan blog (bisa berupa judul, tema, atau kata-kata yang clickbait)

Namun, kebanyakan pins yang bertujuan mempromosikan blog post, akan menggunakan gambar yang dibuat khusus, dengan mencantumkan judul blog di gambar tersebut. Ini dianggap sebagai cara yang efektif untuk memudahkan pengguna mengidentifikasikan jenis konten yang Anda buat.

4. Tulis deskripsi pin seefektif mungkin

Saat menulis kolom deskripsi untuk pin yang mempromosikan blog post Anda, penting untuk secara jelas memberikan ringkasan tentang konten di dalamnya.

Jangan memberikan terlalu banyak informasi dan bikin audiens penasaran tentang isi selengkapnya konten blog post Anda, tapi mereka perlu tahu secara jelas tentang apa blog Anda sebelum membukanya. Selain itu, Anda juga perlu memberikan search term dan keywords yang sesuai di kotak deskripsi pin.

Berbicara tentang memasarkan bisnis, saat ini Pinterest memang sudah jadi pilihan terpercaya untuk membuat bisnis Anda mudah dikenal publik. Apabila Anda jeli dan telaten dalam memanfaatkan Pinterest, bisa jadi produk atau jasa Anda lah yang di-pin oleh user — yang pada akhirnya mereka bisa menjadi pelanggan Anda.

Demikian tips memasarkan bisnis melalui pinterest dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel : Mempromosikan Bisnis Lewat TikTok

Berikan Komentar

Catra Wardhana