Rumahweb Blog
benner blog - mengenal inbound merketing dan urgensi dalam era internet

Mengenal Inbound Marketing dan Urgensinya Dalam Era Internet

Revolusi Industri 4.0 yang berbasis teknologi informasi memberikan efek disruptif di segala dimensi kehidupan. Dalam dunia pemasaran, lahir sebuah istilah baru yang disebut sebagai Inbound Marketing. Konon, bentuk pemasaran tersebut lebih efektif daripada bentuk pemasaran tradisional. Inbound marketing merupakan sebuah pendekatan baru yang lahir di tengah arus disrupsi teknologi informasi.

Mengenal Inbound Marketing

Secara sederhana, Inbound marketing bisa didefinisikan sebagai sebuah pendekatan pemasaran untuk menarik pelanggan melalui konten-konten yang relevan dengan bidang bisnis yang Anda tekuni, yang disebarkan melalui media-media digital kontemporer seperti media sosial, layanan video streaming dan mesin mencari.

Perbedaan Dengan Outbound Marketing

Outbound marketing adalah pendekatang pemasaran tradisional di mana Anda melakukan pemasaran secara langsung (direct selling) baik melalui media online seperti adwords, email, sms, ataupun secara offline melalui baliho, pamflet dan lain-lainnya.

Perbedaan utama antara Inbound dan Outbound Marketing adalah pada pendekatan yang dilakukan. Inbound marketing adalah pendekatan pemasaran secara tidak langsung (soft selling) yang disisipkan dalam konten (umumnya video), sedangkan Outbound marketing adalah pendekatan pemasaran secara langsung melalui media iklan baik online maupun offline.

Contoh Inbound Marketing

Akhir-akhir ini Anda mungkin sering menjumpai video-video dengan durasi singkat di Youtube atau Facebook, berisi kisah-kisah yang menyentuh dan inspiratif. Pada akhir video akan ditampilkan sebuah brand tertentu, yang memiliki relevansi dengan tema dalam video.

Pada awalnya, Anda tidak menyangka bahwa video tersebut pada dasarnya merupakan iklan. Setelah video selesai, besar kemungkinan Anda akan merasa simpatik dengan brand yang membuat video tersebut. Pada akhirnya, secara tidak langsung, video tersebut berhasil menimbulkan citra positif terhadap brand.

Komponen Utama Inbound Marketing

Inbound marketing terdiri dari tiga komponen utama, yaitu :

1. Konten

Konten yang inspiratif, menyentuh dan menghibur adalah komponen utama dari inbound marketing. Selain melalui video, inbound marketing lazim Anda temukan dalam bentuk artikel-artikel informatif di media sosial, website, blog atau paper dalam bentuk PDF.

Untuk membuat sebuah konten, Anda mungkin memerlukan jasa konsultan konten kreatif. Mereka bisa membantu Anda menulis skrip video atau menulis konten yang menarik, informatif, inspiratif dan relevan dengan bisnis.

2. Media Sosial

Media sosial adalah platform utama yang dimanfaatkan untuk menyebarkan konten. Saat ini, media sosial telah menjelma menjadi kehidupan kedua yang dijalani hampir selama 24 jam oleh orang-orang dari seluruh penjuru dunia.

Ketika terbangun di waktu subuh, hal pertama yang orang lakukan adalah menyalakan gadget, lantas membuka media sosial. Media sosial adalah media yang sangat efektif dan media yang sangat tepat untuk menyebarkan konten.

3. SEO

Search Engine Optimization (SEO) efektif untuk membantu calon customer menemukan konten Anda. Melalui proses SEO, konten-konten yang Anda unggah di media sosial dan website akan lebih mudah ditemukan pada saat calon customer melakukan penelusuran di mesin pencari.

Urgensi Inbound Marketing

Apabila membaca dan menganalisa trend di internet saat ini, inbound marketing adalah sebuah pendekatan pemasaran yang sangat patut untuk dicoba. Orang-orang sudah jenuh dan tidak lagi tertatik dengan iklan-iklan konvensional yang membosankan dan tidak memiliki hubungan secara emosional dengan kehidupan mereka.

Inbound marketing bisa menjadi sarana yang sangat efektif untuk menarik calon customer. Melalui konten yang empatik, inspiratif, menyentuh dan berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari, akan melahirkan citra positif di hati audience. Pada akhirnya, mereka akan tertarik dengan brand bisnis Anda.

Kesimpulan

Arus perubahan memaksa kita untuk terus berinovasi dan menjadi kreatif tanpa batas. Kita tidak bisa bertahan dan berkembang hanya dengan menggunakan cara-cara lama. Inbound marketing adalah sebuah pendekatan baru yang memperbesar peluang brand Anda dikenal oleh audience dengan lebih berkesan dan mendalam.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, tentu saja Anda tidak bisa meninggalkan pendekatan pemasaran yang lama. Perpaduan antara pendekatan outbound dan inbound marketing akan membantu sinergi yang optimal untuk mengangkat bisnis Anda ke level yang tertinggi.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi