Rumahweb Blog
Layanan Security Website yang Wajib Anda Gunakan

Layanan Security Website yang Wajib Anda Gunakan

Setiap harinya, ada sekitar 30.000 website yang diretas alias di-hack. Serangan yang terjadi bisa datang dalam bentuk dan skala yang beragam. Tapi yang jelas, semuanya menyebabkan kerugian finansial pada perusahaan yang menjadi korban.

Serangan cyber bisa merugikan bisnis berskala besar hingga hampir Rp 3 miliar, belum lagi brand image yang berpotensi ikut rusak gara-gara website diretas. Nyatanya, 60% bisnis terpaksa menutup usaha mereka dalam kurun waktu 6 bulan pasca website diretas.

Yang lebih mengkhawatirkan, sebenarnya adalah fakta bahwa hanya 14% dari pemilik bisnis yang merasa telah memiliki sistem keamanan yang cukup kuat untuk melindungi website mereka dari kejahatan cyber.

Security website tidak bisa disikapi sebagai kebutuhan sampingan belaka. Dengan tren usaha yang makin banyak berpindah daring, memastikan bahwa website Anda aman dan selalu tersedia untuk diakses konsumen merupakan salah satu bagian terpenting dalam berbisnis.

Berikut ini adalah layanan keamanan yang wajib dimiliki untuk security website dan konsumen Anda.

Sertifikat SSL

Secure Sockets Layer (SSL) berguna untuk menciptakan link yang terenkripsi antara host dan client. Penjelasan lebih sederhananya, SSL ada untuk menciptakan koneksi yang aman antara web server dan pengunjung web.

Ketika sebuah website menggunakan SSL, akan bisa terlihat dari domain yang diawali dengan ‘https://’ alih-alih hanya ‘http://’. Bagi pemilik bisnis online, sertifikat SSL sangat penting digunakan pada website, terlebih bila transaksi yang terjadi di dalam website mengharuskan terjadinya pemberian informasi pribadi dari pembeli.

Bahkan, di tahun 2018 Google mulai menerapkan protokol baru di web browser Chrome, di mana pengunjung akan diberi peringatan “Not Secure” ketika memasuki website yang tidak memiliki sertifikat SSL.

Sertifikat SSL bisa Anda beli dengan harga murah di Rumahweb. Bahkan, kami sudah menggratiskan SSL untuk tiap pembelian shared hosting. Jika Anda menggunakan WordPress hosting dan baru saja membeli SSL, Anda bisa membaca artikel ini untuk panduan instalasinya.

Web Application Firewall

Web Application Firewall (WAF) berfungsi untuk memantau traffic yang masuk ke website dan menghalau traffic tertentu yang tak diinginkan berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan. WAF bisa membantu mencegah peretas atau bot berbahaya menyelinap ke situs Anda, serta melindungi dari serangan DDOS, cross-site-scripting, dan serangan-serangan berbahaya lainnya yang bisa membuat website down.

Global CDN

CDN, yang merupakan singkatan dari content delivery network, adalah sebuah sistem jaringan server yang saling terhubung, yang bertugas untuk menghantarkan website Anda ke hadapan end-user di seluruh penjuru dunia.

Jika Anda menempatkan website Anda di server yang juga Anda kelola sendiri, server tersebut lah yang bertugas menangani semua traffic yang masuk ke situs Anda. Apabila Anda tidak menggunakan global CDN, server Anda bisa kewalahan menghadapi traffic, yang kemudian menyebabkan website menjadi rentan akan serangan DDOS.

Dengan menyajikan konten-konten website melalui global CDN, artinya Anda mendistribusikan traffic ke seluruh jaringan server ini, dan menjadikan website Anda jauh lebih aman. Sebagai tambahannya, menggunakan CDN akan meningkatkan kecepatan website secara cukup signifikan. Hal ini tentu tak hanya akan meningkatkan user experience saja, tapi juga mendongkrak organic search results website Anda.

Website Monitoring Service

Salah satu cara paling sederhana untuk memastikan website Anda aman dalam jangka waktu panjang adalah dengan mengimplementasikan website monitoring service. Servis ini akan memberikan informasi tentang performa website Anda, apakah ada kendala yang perlu ditangani, dan apakah ada kerentanan di website yang perlu segera diperbaiki.

Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa sesegera mungkin menangani masalah yang muncul, sebelum masalah tersebut menjadi semakin rumit dan menyebabkan kerugian pada bisnis Anda.

Demikian informasi layanan security website dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana