Rumahweb Blog
ide-ide bisnis dengan modal minimal

Ide-Ide Bisnis Dengan Modal Minimal

Sebelum era internet, karena hambatan modal, tidak banyak orang yang berani merintis bisnis. Untuk memulai bisnis skala rumahan sekalipun, harus mengeluarkan modal yang tidak kecil. Sebagai contoh, untuk bisnis toko kelontong, Anda harus menyiapkan modal untuk membangun tempat, membuat etalase dan modal untuk stok barang. Untuk bisnis dengan skala yang lebih besar, Anda harus menyiapkan modal dalam jumlah yang jauh lebih besar. Jika perencanaan dan pengelolaan kurang matang, Anda masih harus menanggung resiko kerugian.

Memasuki era internet, peluang untuk memulai sebuah bisnis jauh lebih mudah. Ada banyak ide-ide bisnis yang tidak memerlukan modal dalam jumlah yang besar. Sebagiannya bahkan bisa dikatakan tidak memerlukan modal. Dengan bermodal niat yang kuat dan ketekunan, Anda bisa memulai sebuah bisnis dengan modal yang minimal.

Kali ini Rumahweb Indonesia ingin membagikan beberapa ide-ide bisnis dengan modal minimal, yang bisa Anda kerjakan dari rumah. Berikut beberapa ide-ide bisnis dengan modal minimal yang bisa Anda tekuni.

 

1. Dropship

Dropship adalah sebuah skema bisnis di mana Anda bekerjasama secara langsung dengan produsen ataupun distributor. Setiap order yang masuk dari pembeli akan langsung diteruskan kepada produsen atau distributor, dan Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga distributor dan harga eceran.

Dalam skema bisnis ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal karena Anda tidak perlu membeli stok barang yang akan dijual. Harga jual eceran ditentukan sepenuhnya oleh produsen atau distributor. Tugas Anda sebagai dropshipper adalah membantu menjual produk kepada konsumen.  

2. Pre-Order

Bisnis pre-order adalah sebuah skema bisnis di mana Anda menjual produk yang belum diproduksi. Pertama-tama Anda merancang desain produk yang akan dijual. Setelah mendapatkan pembeli dalam kuota tertentu, baru Anda akan memproduksi barangnya. Biasanya pembeli hanya diminta membayar sekian persen dari harga jual, dan sisanya dibayar setelah barang selesai diproduksi. Ada juga sistem pre-order di mana pembeli harus melunasi pembayarannya sebelum barang diproduksi.

Bisnis pre-order bisa dikatakan minim modal dan juga minim modal. Produk yang lazim dijual secara pre-order adalah produk pakaian seperti kaos, jaket, atau kemeja seragam komunitas.

3. Kuliner Online

Bisnis kuliner online adalah skema bisnis kuliner yang sangat cocok bagi Anda yang memiliki skill memasak, tetapi tidak memiliki modal untuk membangun gerai atau restoran. Dengan bermodal peralatan dapur dan kemampuan memasak, Anda bisa berjualan kuliner secara online.

Skema yang paling lazim dari bisnis kuliner online adalah bekerjasama dengan jasa pesan antar seperti GoFood atau GrabFood. Untuk kuliner yang tahan lama, Anda juga bisa menjualnya di marketplace atau media sosial.  

4. Jasa Penulis Konten (Content Writer)

Menjadi penulis konten adalah bisnis dengan modal yang minim. Anda hanya memerlukan perangkat komputer dan koneksi internet. Umumnya, konten yang ditulis adalah artikel blog atau website.  

5. Pengemasan Makanan Ringan

Dengan bermodal timbangan dan kemasan plastik, Anda bisa mengemas ulang makanan ringan dalam satuan berat yang lebih kecil kemudian menjualnya. Keuntungan yang bisa Anda raih dari berjualan makanan ringan bisa sangat lumayan.  

6. Bisnis Kerajinan Tangan Home Made

Apabila Anda memiliki hobi dan skill membuat kerajinan tangan, hasilnya bisa Anda jual secara online di marketplace atau media sosial. Ada banyak pengrajin yang berhasil menjual hasil kerajinan tangan mereka dan mendapatkan keuntungan yang besar, bahkan hingga menembus pasar ekspor.

 

Demikian beberapa ide-ide bisnis dengan modal minimal yang bisa Anda coba kerjakan. Dengan niat dan ketekunan, tidak mustahil Anda akan mendapatkan kesuksesan besar dan berhasil meraih kesuksesan dan kemapanan secara ekonomi.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi