Rumahweb Blog
banner artikel - Grup Telegram Arti, Cara Buat, hingga Cara Mengundangnya

Grup Telegram: Arti, Cara Buat, hingga Cara Mengundangnya

Telegram adalah salah satu aplikasi pesan yang saat ini banyak diminati masyarakat. Kebutuhan komunikasi online yang terus meningkat membuat aplikasi seperti ini terus berinovasi. Grup Telegram adalah salah satu fitur andalan platform satu ini.

Seperti yang diketahui, posisi WhatsApp sebagai aplikasi pesan primadona mulai tergantikan dengan Telegram. Banyak pengguna yang kini mulai beralih ke Telegram karena berbagai fitur menarik yang tak ada di WhatsApp.

Dalam artikel kali ini, Rumahweb akan membahas secara rinci tentang grup Telegram, berbagai kelebihan yang ditawarkan, hingga cara menggunakannya. Disimak, yuk!

Apa Itu Grup Telegram

Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan yang kini menjadi sorotan. Tak hanya penggunaannya yang mudah, berbagai kelebihan yang ditawarkan pun berhasil merebut hati pengguna aplikasi pesan lain, seperti Line dan WhatsApp.

Misalnya saja, Telegram dapat membagikan file dengan ukuran hingga 1,5 GB. Hal ini tentu sangat memudahkan para pengguna dalam berbagi foto, video, dan file lainnya tanpa perlu khawatir kualitasnya menurun.

Tak hanya itu, ada pula fitur Telegram Group yang kini dibicarakan banyak orang. Grup adalah fitur pada aplikasi Telegram yang digunakan untuk menampung banyak anggota dalam satu ruang obrolan (room chat).

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Group Telegram biasanya digunakan untuk berdiskusi oleh banyak orang dengan kesamaan latar belakang tertentu. Misalnya, keluarga, pekerjaan, bahkan hobi. Dalam grup tersebut, Anda bisa saling berbagi informasi ataupun tanggapan secara langsung dengan anggota lainnya.

Berbeda dengan fitur channel yang hanya satu arah, komunikasi melalui grup Telegram ini dapat dilakukan secara dua arah.

Fungsi Grup Telegram

Kehadiran fitur Telegram Group ini tentu tak semata-mata hanya ingin menyamai aplikasi pesan instan lainnya. Lebih dari itu, grup Telegram memiliki beragam fungsi bagi para penggunanya, antara lain:

  1. Sebagai ruang untuk berinteraksi dan berdiskusi dengan anggota lain.
  2. Menambah relasi, karena disatukan dengan orang-orang baru yang memiliki kesamaan latar belakang, misalnya sesama pecinta film Jepang.
  3. Mendapatkan informasi-informasi terbaru dari anggota lainnya.
  4. Membuka peluang bagi Anda yang ingin berbisnis.
  5. Berbagi file seperti gambar, video, foto, dan lainnya meski memilIki ukuran yang besar.

Cara Membuat Grup di Telegram 

Melihat berbagai kelebihan yang ditawarkan, fitur satu ini tentu patut Anda coba. Nah, bagi Anda yang juga ingin merasakan pengalaman menggunakan grup Telegram, berikut cara membuatnya:

  1. Buka aplikasi Telegram di ponsel atau melalui komputer.
  2. Klik ikon Edit di pojok kanan atas.
tampilan grup telegram awal
  1. Pilih New Group atau Grup Baru.
klik menu new group
  1. Pilih kontak yang ingin Anda masukkan ke dalam grup Telegram > klik Next.
new group
  1. Isi nama grup di kolom yang telah tersedia. Anda juga bisa menambahkan foto untuk grup Telegram Anda > klik Create.
klik tombol create

Cara Menambahkan Anggota di Grup Telegram

Salah satu kelebihan dari fitur Telegram Group adalah Anda bisa memasukkan banyak anggota. Tak tanggung-tanggung, Anda dapat menambahkan hingga 200 ribu anggota dalam satu grup. Hal ini tentu sangat jauh berbeda dari aplikasi pesan lainnya.

Besarnya kuota yang ditawarkan ini pula yang membuat berbagai komunitas lebih memilih menggunakan Telegram, apalagi jika komunitas tersebut memiliki anggota yang banyak, seperti komunitas penggemar K-Pop, anime, pencinta mobil, dan lainnya.

Cara menambahkan anggota baru ke dalam grup Telegram pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut untuk memperbesar komunitas Anda:

  1. Buka grup yang ingin Anda tambahkan anggota.
  2. Klik menu Add Members.
add member group telegram
  1. Pilih kontak yang ada untuk dimasukkan ke dalam grup > klik Yes.
add new member
  1. Anda juga bisa menambah anggota melalui link dengan cara klik menu Invite to Group via Link lalu bagikan link tersebut kepada calon anggota.
invite to group via link

Melihat berbagai kelebihan yang ditawarkan, grup Telegram tentu cocok bagi Anda yang memiliki komunitas dengan anggota dalam jumlah besar. Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan aplikasi yang satu ini?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb