Rumahweb Blog
banner artikel - Ide Pose Foto Keluarga saat Lebaran yang Kekinian

Ide Pose Foto Keluarga saat Lebaran yang Kekinian

Lebaran identik dengan berkumpul bersama keluarga dan orang terkasih. Saat menikmati waktu bersama, tentu ada sesi foto untuk mengabadikan momen itu. Supaya tampak lebih menarik, perlu gaya lain yang unik agar foto keluarga lebaran Anda lebih menarik.

Belum lama ini, seorang pengguna TikTok dengan nama akun @nasionp mengunggah video yang bisa jadi inspirasi menarik untuk pose foto keluarga lebaran. Banyak warganet yang menyambut antusias beberapa ide pose foto keluarga lebaran yang diunggah akun tersebut, bahkan tidak sedikit yang membagikannya video tersebut ke beragam platform lain.

Jika Anda penasaran, mari simak inspirasi pose foto keluarga yang bisa dicoba saat Hari Raya nanti tiba!

Ide Pose Foto Lebaran

Inti dari berbagai inspirasi pose foto lebaran ini adalah dengan mengubah komposisi anggota keluarga yang ikut berfoto. Berikut daftarnya: 

1. Pose Layang-layang

Ide Pose Foto Lebaran - Pose Layang-layang

Komposisi yang pertama, Anda bisa membentuk sudut layang-layang bersama anggota keluarga lainnya.

Dengan anggota keluarga Anda berjumlah empat orang, Anda bisa mencoba pose di atas, dengan orang yang di belakang duduk dengan posisi yang lebih tinggi. Jangan lupa tampilkan senyum semanis mungkin agar foto keluarga Anda terlihat lebih menarik.

2. Pose Segitiga

Ide Pose Foto Lebaran - Pose Segitiga

Pose kedua yang bisa Anda coba untuk foto keluarga lebaran adalah pose dengan serupa segitiga. Komposisi kali ini menempatkan orang yang lebih banyak di baris depan.

Bila keluarga Anda berjumlah empat orang, maka satu orang berada di belakang dengan posisi duduk lebih tinggi, agar terlihat sebagai puncak segitiga. 

3. Pose Setengah Lingkaran

Pose Setengah Lingkaran

Pose selanjutnya adalah pose membentuk setengah lingkaran. Masih dalam posisi duduk, jika anggota keluarga berjumlah empat orang, maka yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan dua orang di depan dan dua orang lagi di belakang.

Jarak antara dua orang di depan lebih lebar dibanding dua orang di belakang, supaya jika dilihat dari depan akan tampak seperti setengah lingkaran. Anda juga bisa mencoba pose saling berhadapan dan tersenyum lebar seolah sedang berbincang dengan gembira.

4. Pose Huruf “U”

Pose Huruf “U”

Ide foto keluarga lebaran yang lain adalah dengan membentuk formasi huruf “U”. Jika anggota keluarga Anda berjumlah empat orang, maka dua orang paling ujung harus berdiri dan dua lainnya yang berada di tengah harus duduk.

Untuk menambah kesan formal dan sopan, Anda bisa bergaya dengan telapak tangan menyatu layaknya sedang bermaaf-maafan, atau juga meletakkan tangan di depan seperti yang ada di gambar.

5. Pose Trapesium

Pose Trapesium

Selain dari akun TikTok @nasionp, ada juga ide lain pose foto keluarga lebaran yang diunggah oleh akun @yipiyuhu, dengan komposisi trapesium. Dalam posisi ini, posisi anggota keluarga akan dibagi menjadi 2 baris.

Sebenarnya, pose ini hampir mirip dengan posisi setengah lingkaran. Bedanya, jarak dua orang yang berada di depan lebih lebar lagi. Sedangkan dua orang di belakang berada di antara dua orang di depan. Sehingga jika antar anggota keluarga dihubungkan garis akan membentuk trapesium.

Dibanding hanya berjejer dalam satu atau beberapa garis, Anda bisa mencoba berbagai pose di atas supaya foto keluarga lebaran tidak monoton. Jika jumlah anggota keluarga lebih sedikit atau lebih banyak, tinggal sesuaikan dengan pose yang kira-kira cocok dan bisa dibentuk dengan jumlah tersebut, ya!

Tips Foto Lebaran

Selain mempersiapkan pose yang menarik dan tidak monoton, ada baiknya Anda juga memerhatikan beberapa tips berikut sebelum mengambil foto:

1. Kenakan baju senada

Bila memungkinkan, kenakan baju dengan warna atau motif yang senada, agar hasil foto keluarga lebaran Anda terlihat kompak.

2. Perhatikan Pencahayaan Ruang

Hal yang tak kalah penting adalah pastikan Anda memilih spot foto dengan pencahayaan yang baik.

Sebagai contoh, Anda bisa memilih untuk berfoto di pagi hari karena cahaya matahari relatif lebih bersahabat. Hindari berfoto di ruang yang kurang cahaya ,karena akan membuat foto Anda terlihat gelap.

3. Gunakan Kamera Terbaik

Ada baiknya menggunakan kamera keluaran paling baru dengan fitur terkini untuk foto keluarga lebaran, supaya foto yang dihasilkan memiliki resolusi dan kualitas yang tinggi. Namun jika memang tidak memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan ponsel terbaik Anda untuk menghasilkan foto yang keren.

4. Pastikan sudut pengambilan gambar sudah tepat

Sudut pengambilan gambar atau angle juga menjadi hal yang penting dalam menghasilkan foto keluarga lebaran terbaik. Hindari menempatkan kamera sejajar dengan mata, atau eye level, karena akan membuat orang jadi terlihat lebih pendek.

Sebaiknya posisikan kamera sejajar pinggang agar objek foto terlihat lebih tinggi. Jika anggota keluarga terbagi jadi dua baris, posisi kamera mengikuti posisi anggota keluarga di baris atas.

Sekian ide pose foto keluarga lebaran, serta beberapa tips yang bisa Anda coba dari Rumahweb Indonesia. Sudahkah Anda menentukan mau mencoba pose yang mana?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents