Rumahweb Blog
banner blog - Fitur Baru Instagram, Bisa Berjualan via Live

Fitur Baru Instagram, Bisa Berjualan via Live

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sering melakukan update dengan menambahkan fitur-fitur baru. Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram telah memperkaya platform mereka dengan fitur-fitur seperti Instagram Story, Instagram Live, Reels, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur paling anyar yang diluncurkan oleh Instagram adalah Live Shopping. Fitur ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menjual produknya sambil melakukan live broadcast. Secara sederhana, fitur ini sama seperti fitur home shopping yang ada di televisi, namun dikemas dengan lebih interaktif.

Live Shopping dapat dimanfaatkan untuk meluncurkan produk baru, berinteraksi dengan audiens, ataupun melakukan kolaborasi dengan bisnis atau influencer lainnya. 

Namun, tidak semua akun dapat menggunakan fitur Live Shopping. Hanya akun bisnis yang telah disetujui dan memiliki akses ke Instagram Checkout yang dapat menggunakan Live Shopping

Jika Anda telah menggunakan fitur Shop sebelumnya, maka penggunaan fitur Live Shopping ini hampir sama seperti menggunakan fitur Shop dan Instagram Live secara bersamaan. Untuk menggunakannya, klik ikon kamera di bagian kanan atas, pilih opsi Live, dan pilih opsi Shopping. Kemudian, Anda dapat memilih produk yang akan dijual, lalu klik tombol broadcast.

image 1 - Fitur Baru Instagram, Bisa Berjualan via Live

Selama live berlangsung, audiens dapat melihat produk yang ditawarkan, deskripsi produk, hingga melakukan check out.

Fitur ini tentu akan semakin mempermudah pemasaran produk melalui Instagram. Fitur Instagram Live Shopping membuat pengalaman belanja bagi konsumen yang lebih interaktif. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk beberapa kesempatan berikut:

1. Peluncuran Produk Baru

Peluncuran produk baru adalah salah satu momen yang akan lebih menarik jika disiarkan secara langsung. Dengan fitur Live Shopping, Anda tidak hanya membagikan momen peluncuran produk, namun juga dapat meraup untung dari konsumen yang melakukan pembelian ketika live berlangsung. 

2. QnA

Melakukan tanya jawab atau QnA (Question and Answer) adalah salah satu cara paling baik untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Sesi tanya jawab ini akan menarik perhatian audiens yang masih ragu atau bingung untuk melakukan pemesanan produk Anda.

3. Tutorial Produk

Selain QnA, Anda dapat mendemonstrasikan penggunaan produk atau melakukan tutorial melalui Live Shopping. Demonstrasi yang dilakukan secara langsung akan menghasilkan engagement yang lebih baik dibandingkan dengan mengupload foto atau video di Feeds dan Instagram Story.

Audiens yang melihat tutorial secara langsung dapat lebih memahami apa yang Anda tawarkan, kemudian melakukan pembelian. Selain itu, karena ditayangkan secara langsung, Anda juga dapat menjawab pertanyaan seputar penggunaan produk yang dilontarkan oleh audiens.

Live Shopping adalah salah satu fitur yang sangat berguna untuk meningkatkan penjualan. Namun sayangnya, fitur ini belum diluncurkan secara resmi di Indonesia. Saat ini, hanya pengguna dari Amerika Serikat yang memiliki akses ke fitur ini.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk bersiap dan mempelajari mengenai fitur terbaru ini. Karena kemungkinan besar fitur baru instagram live shopping akan segera diluncurkan di negara lain!

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda