Rumahweb Blog
Banner - Domain AC ID dan syaratnya

Domain .AC.ID: Pengertian, Syarat, dan Cara Membelinya

Domain .ac.id adalah ekstensi domain khusus untuk lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, seperti universitas, sekolah tinggi, dan institut. Domain ini menunjukkan kredibilitas institusi sebagai lembaga resmi yang diakui pemerintah.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang apa itu domain .ac.id, kelebihan, siapa saja yang bisa mendaftarkan, syarat, hingga cara mendaftarkannya. Simak informasi berikut ini.

Apa itu domain .ac.id?

Domain .ac.id adalah salah satu ekstensi domain Indonesia yang bisa digunakan pada website pendidikan setingkat universitas atau sekolah tinggi di Indonesia.

Beberapa keuntungan bisa Anda dapatkan jika menggunakan ekstensi domain ac id, diantaranya: 

1. Kepercayaan

Ekstensi domain .ac.id mampu menunjukkan bahwa namadomain tersebut merupakan pendidikan yang ada di Indonesia dan diakui oleh pemerintah di Indonesia sehingga akan meningkatkan kepercayaan pengunjung yang mengakses. 

2. Profesional

Penggunaan ekstensi domain .ac.id akan memberikan kesan lebih profesional terhadap lembaga pendidikan terkait. 

Promo Hosting Murah Rumahweb

3. Branding

Tak hanya itu, dengan menggunakan domain .ac.id juga akan meningkatkan branding universitas. Semakin sering pengunjung mengakses website Anda, maka nama universitas akan lebih diingat melalui domain yang diakses. Selain itu, ekstensi domain ac id juga bisa menjadi pembeda dengan jenis website pendidikan lainnya. 

Selain memiliki dokumen syarat, pastikan bahwa Anda mendaftarkan nama domain di provider yang sudah terakreditasi PANDI (Registry domain .ID) supaya lebih terjamin keamanannya. Rumahweb adalah provider yang menyediakan ekstensi domain .ac.id dan telah terakreditasi PANDI, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mendaftarkan domain di Rumahweb. 

Tak perlu biaya mahal untuk mendaftarkan domain .ac.id di Rumahweb Indonesia, hanya dengan Rp50.000/tahun, Anda sudah mendapatkan domain ac id beserta dengan fitur DNS Management yang akan memudahkan Anda mengelola domain tersebut. 

Siapa saja yang bisa pakai .ac.id?

Domain .ac.id merupakan ekstensi domain yang bisa meningkatkan citra positif pendidikan Indonesia di dunia digital. Domain ini bisa digunakan oleh instansi pendidikan atau lembaga pendidikan yang diakui di Indonesia. Sehingga untuk mengaktifkan domain tersebut membutuhkan dokumen syarat sebagai bukti legalitas pendirian lembaga pendidikan terkait. 

Syarat domain .ac.id

Domain .ac.id  membutuhkan beberapa dokumen syarat untuk proses aktivasinya, sehingga sudah pasti domain ac id tidak bisa digunakan untuk kebutuhan general, ya! Beberapa dokumen yang dibutuhkan antara lain: 

  1. Scan KTP Republik Indonesia Penanggung Jawab,
  2. SK Pendirian Lembaga dari Kementerian/Lembaga yang berwenang sesuai Peraturan perundang-undangan,
  3. Surat Permohonan Pendaftaran Domain dari Rektor/Pimpinan Lembaga.

Pastikan Anda memiliki dokumen persyaratan tersebut sebelum memesan domain ac id di Rumahweb. Sebagai catatan, untuk melakukan pemesanan domain .ac.id, pastikan penulisan nama domain yang didaftarkan sama dengan yang tertulis pada dokumen, ya. 

Cara membeli domain ac.id

Setelah mempersiapkan dokumen syarat yang dibutuhkan, selanjutnya Anda bisa melakukan pemesanan domain di Rumahweb. Berikut panduan cara pemesanan domain di Rumahweb: 

  1. Silahkan akses halaman Domain Murah.
  2. Input nama domain universitas yang akan dipesan, contoh: universitasabc.ac.id lalu klik “Cek Domain”.
cek domain ac id yang akan dibeli beserta informasi syarat domain .ac.id
  1. Anda akan diarahkan ke halaman order Rumahweb, lalu klik “Daftar”.
klik tombol daftar domain .ac.id dan syarat
  1. Setelahnya, silahkan pilih opsi “Lanjutkan”.
klik tombol lanjutkan
  1. Anda akan diarahkan ke halaman pemilihan hosting. Pada step ini sifatnya opsional, namun jika Anda ingin membuat website atau email, tentu akan membutuhkan hosting. Selain itu, domain .ac.id yang dipesan juga akan digratiskan satu tahun pertama, lho!
pilih paket hosting
  1. Lalu ikuti step ordernya hingga ke Step 4. Silahkan pilih “Login” jika sudah memiliki akun di Rumahweb atau pilih “Daftar dengan Email” jika ingin mendaftarkan akun baru
Daftar atau login ke rumahweb
  1. Lalu akan diarahkan ke pemilihan metode bayar, silahkan pilih salah satu sesuai kebutuhan Anda.
pilih menu pembayaran
  1. Review kembali pemesanan Anda, checklist syarat dan ketentuan, lalu “Checkout”
selesaikan pemesanan domain .ac.id
  1. Selesai. Invoice akan diterbitkan ke akun terdaftar Anda. 

Cara upload syaratnya

Setelah melakukan pemesanan dan menerima invoice, Anda bisa melanjutkan proses pembayaran sesuai invoice yang diterima. Kemudian Anda bisa melengkapi dokumen syarat aktivasi domain .ac.id yang dituliskan pada poin sebelumnya. Upload dokumen syarat dapat Anda simak pada panduan berikut : Cara upload dokumen syarat.

Selanjutnya Anda cukup menunggu proses verifikasi dokumen oleh tim verifikator dari pihak Registrar. Notifikasi terkait status dokumen Anda akan terkirim ke email terdaftar. Bagaimana, mudah, kan?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner Pop Up - Hosting 99K