Rumahweb Blog
Banner - Kabel Cross - Pengertian, Urutan, dan Cara Membuatnya

Kabel Cross: Pengertian, Urutan, dan Cara Membuatnya

Pernahkah Anda penasaran bagaimana perangkat komputer dapat terhubung ke dalam jaringan? Jawabannya adalah karena kabel cross, yakni salah satu kabel Unshield Twisted Pair (UTP) yang bisa ditemui pada jaringan LAN. 

LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer dengan cakupan terbatas yang dapat menyambungkan komputer dalam wilayah kecil, seperti sekolah, universitas, tempat tinggal, gedung kantor, dan sebagainya.

Dalam kehidupan sehari-hari, crossover cable atau kabel cross memiliki fungsi dan urutan tersendiri, agar suatu jaringan dapat terbentuk dan terhubung ke perangkat jaringan lainnya. 

Ingin tahu lebih detail tentang pengertian kabel cross, urutan kabel cross, dan cara membuat kabel cross? Simak penjelasan Rumahweb sampai selesai, ya!

Pengertian dan Fungsi Kabel Cross

Kabel cross memiliki susunan berbeda di setiap ujungnya, yang berfungsi menghubungkan device atau perangkat elektronik serupa, seperti laptop dengan laptop, komputer dengan komputer, router dengan router, hub dengan hub, dan switch dengan switch.

Biasanya, kabel cross hanya digunakan sebagian saja. Artinya, dari delapan kabel yang ada, hanya empat buah kabel saja yang sering dipakai. Keempat kabel itu memiliki fungsi untuk menerima dan mengirim paket data antar perangkat.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Kabel cross berfungsi menghubungkan suatu perangkat dengan jaringan secara point to point atau peer to peer. Biasanya kabel cross digunakan untuk membangun jaringan komputer, agar bisa menyuplai kebutuhan jaringan hingga ke pelosok yang belum memiliki sarana Access Point untuk menunjang jaringan wireless.

Secara harga, membangun jaringan dengan kabel UTP dan kabel urutan kabel cross memang lebih murah dibanding jaringan wireless. Selain itu, membangun jaringan komputer menggunakan kabel memiliki kelebihan berupa kemampuan mentransmisikan data yang lebih stabil, serta tidak terpengaruh cuaca.

Baca juga artikel: Kabel Straight: Pengertian, Urutan, dan Cara Membuatnya

Urutan Kabel Cross

Kabel cross memiliki urutan warna pin yang berseberangan atau berlawanan. Urutan kabel cross memiliki perbedaan warna pada ujung konektor satu dan ujung konektor yang lain. Berikut Rumahweb paparkan urutan warna kabel cross untuk jaringan LAN dari kiri ke kanan:

urutan kabel cross

Ujung Konektor 1

  1. Putih oranye
  2. Oranye
  3. Putih hijau
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Hijau
  7. Putih coklat
  8. Coklat

Ujung Konektor 2

  1. Putih hijau
  2. Hijau
  3. Putih oranye
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Oranye
  7. Putih coklat
  8. Coklat

Selain urutan warna kabel cross, masing-masing warna kabelnya juga memiliki 3 fungsi utama sebagai berikut:

  • Penghantar paket data: Putih hijau, hijau, putih oranye, dan oranye.
  • Penghantar paket suara: Biru dan putih biru.
  • Penghantar tegangan DC: Coklat dan putih coklat.

Cara Membuat Kabel Cross

Sebelum membahas cara membuat kabel cross, ada baiknya menyiapkan peralatan untuk membuat kabel cross terlebih dahulu, di antaranya seperti: 

  1. Tang crimping
  2. Alat pengupas kabel
  3. Kabel UTP
  4. Connector RJ-45
  5. LAN tester

Setelah menyiapkan beberapa peralatan tersebut, selanjutnya Anda dapat mulai membuat kabel cross dengan urutan sebagai berikut:

  1. Kupas ujung kabel kurang lebih 2 cm sampai kabel yang ada di dalamnya terlihat.
  2. Pisahkan kabel-kabel di dalamnya, lalu luruskan.
  3. Susun kabel berdasarkan warna, seperti oranye putih, oranye, hijau putih, biru, biru putih, hijau, coklat putih, dan coklat.
  4. Ambil konektor RJ-45 yang terdiri dari 8 pin. Pin 1 dari konektor ini adalah pin yang posisinya paling kiri.
  5. Masukkan kabel-kabel itu hingga bagian ujungnya mentok di dalam konektor, lalu sesuaikan dengan urutan warna kabel.
  6. Gunakan LAN tester, lalu masukkan ujung kabel ke alat tersebut.
  7. Nyalakan LAN Tester yang tersambung dengan kabel UTP.
  8. Jika lampu LED pada LAN tester bisa menyala semua, dari nomor 1 hingga nomor 8, berarti Anda telah berhasil menyusun kabel cross.

Demikianlah panduan penting yang sudah Rumahweb rangkum terkait kabel cross, urutan kabel cross, peralatan yang perlu Anda siapkan untuk membuat kabel cross, serta cara membuat kabel cross. Semoga membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.2 / 5. Vote count: 10

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.