Rumahweb Blog
Banner - Cara Convert Gambar Format JPG to WebP

Cara Convert Gambar Format JPG to WebP

Pada artikel ini, kami akan berbagi cara convert file gambar berformat JPG to WebP secara online. Tidak hanya itu, kami juga akan membandingkan ukuran file dan kualitas gambar setelah di convert.

Format JPG

JPG adalah format gambar lossy compression yang sangat populer. Meskipun memiliki kekurangan pada kualitasnya yang sedikit menurut dibanding gambar aslinya, JPG tetap banyak dipakai sebagai format gambar pada website karena ukuran filenya yang kecil.

Di artikel blog sebelumnya kami sudah membahas tentang format WebP, yaitu sebuah format pengolahan gambar baru yang dikembangkan oleh Google. Di artikel blog kali ini kami ingin berbagi cara mengubah gambar berformat JPG to WebP.

Ada beberapa cara untuk melakukan konversi format JPG to WebP. Kali ini kami menggunakan cara yang paling mudah dan bisa dilakukan di semua perangkat, yaitu dengan menggunakan aplikasi konverter gambar online.

Cara Konversi JPG to WebP secara online

Berikut langkah-langkah untuk melakukan konversi formatnya secara online:

1. Masuk ke website penyedia konversinya di alamat Convertio.co

2. Buka file JPG yang ingin dikonversi, dengan cara mengklik tombol Pilih File.

3. Klik tombol Konversi.

4. Setelah proses konversi selesai, klik tombol Download untuk mengunduh file berformat WebP hasil konversi.

Perbandingan Ukuran File

Sebagai contoh kami memiliki sebuah file gambar resolusi tinggi berformat JPG dengan ukuran file 2,5 MB. Setelah melalui proses konversi ke format WebP, ukuran filenya menjadi 1,7 MB. Untuk kualitas gambar yang dihasilkan bisa dikatakan tidak mengalami penurunan dan tidak ada perbedaan signifikan yang bisa dibedakan oleh penglihatan manusia secara umum.

Kesimpulan

Proses konversi dari JPG to WebP menghasilkan file dengan ukuran file yang lebih kecil dengan cukup signifikan, tanpa mengurangi kualitas gambarnya. Apabila Anda sedang membangun website dengan tampilan modern dan kekinian, format WebP bisa menjadi alternatif yang tepat untuk membuat website dengan performa yang baik, dengan tampilan yang memukau.

Demikian panduan konversi gambar dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Alwan Rosyidi