Rumahweb Blog
Cari Hosting Domain Terbaik? Simak Info Penting Ini!

Cari Hosting Domain Terbaik? Simak Info Penting Ini!

Cari Hosting Domain Terbaik? Simak Info Penting Ini!

Anda tentu tahu kalau di jaman milenial ini penggunaan website sudah wajib ada bagi bisnis? Nah, bagi Anda yang sudah mulai memahami pemanfaatan website tentu sudah mulai merancang strategi-strategi tertentu agar tingkat penjualan meningkat, bukan? Selamat berjuang dan mulailah mencoba hal-hal baru untuk meningkatkan performa bisnis ya.

Bagaimana dengan Anda yang belum memiliki website? Jangan sedih dulu! Jika Anda sudah memiliki cara pandang bahwa website itu penting berarti Anda sudah memiliki antisipasi akan kemajuan bagi bisnis!

Penasaran juga kan bagaimana caranya membuat website yang bagus? Jangan sedih di artikel ini Rumahweb Indonesia akan memberitahukan tips penting dalam mencari hosting dan domain terbaik! Simak dulu ya!

Domain do comes first!

Yes, domain do comes first! Domain sepenting itu ya? Ya! Domain itu sangat penting. Peran domain dinilai sangat kritikal karena domain diumpamakan seperti kartu nama!

Domain merupakan nama alamat website. Nama domain Anda adalah hal yang pertama kali diketikkan oleh pengunjung ketika ingin melihat-lihat isi etalasi bisnis Anda secara online. Supaya pengunjung tidak kebingungan,tentunya Anda ingin nama domain anda sesuai dengan nama bisnis bukan? Nah, coba bayangkan apakah nama bisnis yang Anda miliki sudah cukup unik? Jika ya, coba cek lagi apakah nama tersebut sudah digunakan oleh orang lain sebagai nama domain usaha atau merk lainnya.

Penting bagi Anda untuk cek ketersediaan nama domain yang diinginkan. Jika tersedia dan belum ada yang menggunakan, maka segera daftarkan domain tersebut sebelum diambil oleh orang lain. Nggak mau kan nama usaha yang sudah dibuat bertahun-tahun lenyap begitu saja karena anda tidak segera mendaftarkan sebagai nama domain? Jangan sampai keduluan ya.

Paket Hosting Itu Penting

Yup, paket hosting itu penting! Masih ingat kan kalau hosting itu merupakan storage atau gudang penyimpanan data agar website dapat diakses dan pelanggan mendapatkan informasi. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, penyedia layanan hosting biasanya mengelompokkan sesuai spesifikasi hosting dan harga. Pengelompokan ini biasanya disebut dengan paket hosting.

Pilihlah paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terdengar mudah, bukan? Tapi bagi Anda yang baru pertama kali memiliki website, akan terasa sulit untuk memembandingkan antara kebutuhan dengan ketersediaan paket hosting.

Apa saja yang perlu anda perhatikan dalam memilih paket hosting ini? Berikut beberapa penjelasannya

Misalnya saja untuk ukuran space hosting, seberapa besar ukuran penyimpanan data website yang Anda butuhkan? Untuk menjawab hal ini, Anda bisa menjumlahkan ukuran semua file dari website yang Anda buat di PC atau Komputer Anda ditambah dengan database/basis data yang Anda gunakan.

Ya, semuanya termasuk gambar-gambar, file teks, hingga video yang akan Anda tampilkan pada website Anda. Jika sudah ditemukan jumlahnya, Anda akan lebih mudah membandingkannya dengan ukuran space yang disediakan pada paket-paket hosting, bukan?

Contoh di atas juga berlaku untuk resource yang lain seperti Bandwidth, jumlah e-mail, jumlah database, dan sebagainya.

Itu dia beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Selain itu, paket hosting itu tidak melulu harus murah lho! Pilih paket hosting yang sudah teruji. Teruji dari sisi sering atau tidaknya server yang down, pelayanan pelanggan yang disediakan provider web hosting serta kemampuan memuat data.

Akan lebih baik lagi jika ada provider yang menyediakan paket hosting dan domain secara bersamaan. Selain lebih mudah dimengerti, tentu paket-paket ini jauh lebih terjangkau dan dapat diandalkan. Jadi, di tahun-tahun berikutnya Anda bisa memperpanjang layanan serta mudah mengaksesnya.

Pilihan Ekstensi  Domain

Pilihan ekstensi domain tentu beragam sekali. Namun, Anda tentu menginginkan nama domain yang unik, gampang diingat, serta mudah dimengerti bukan?

Oleh karena itu, sangat penting dalam memilih ekstensi domain yang sudah to the point menggambarkan bidang usaha yang anda miliki atau tekuni.

Tentu Anda tahu bahwa mengusung sebuah bisnis atau usaha merupakan perpanjangan atau cita-cita dari passion yang Anda miliki bukan?

Memilih nama domain harus sesuai passion! Jika passion tersebut digambarkan di sebuah website tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk memasarkan usaha agar lebih dikenal khalayak luas. Contohnya, Anda memiliki toko kopi atau coffee shop. Lalu, banyak sekali coffee shop yang memiliki website. Ingin yang berbeda? Daftarkan  saja alamat domain dengan ekstensi khusus yang unik seperti .cafe.

Dengan ekstensi seperti .cafe atau .photography, maka akan mudah bagi pelanggan mengingat serta mengenali jenis usaha Anda. Mudah bukan? Kalau bisa sekarang, kenapa harus menunggu nanti-nanti? Klik di sini untuk tahu domain unik yang menggambarkan passion anda!

Cikitta Khanza