Rumahweb Blog
banner - Cara Partisi Hardisk di Windows 11 Melalui Disk Management

Cara Partisi Hardisk Di Windows 11 Melalui Disk Management

Saat membeli laptop atau hardisk baru, secara default Anda hanya diberi satu drive atau partisi, yaitu Drive C. Namun, dengan cara partisi hardisk Windows 11, Anda bisa mendapatkan partisi drive yang lebih banyak!

Meskipun Anda hanya mendapat 1 drive di perangkat, namun Windows 11 menawarkan fitur Disk Management untuk membuat partisi baru secara mandiri. Penasaran bagaimana caranya?

Bagi Anda seorang mahasiswa ataupun karyawan, biasanya memerlukan beberapa Drive atau partisi untuk membagi ruang penyimpanan disknya supaya lebih rapi atau lebih mudah dalam mengelolanya. 

Sebagai contoh, Anda ingin menggunakan Drive C khusus untuk instalasi Windows dan program aplikasi, Drive D untuk menyimpan data dan dokumen, dan Drive E untuk menyimpan file multimedia, seperti foto dan video/


Meskipun saat ini Anda hanya memiliki 1 drive, Windows 11 menawarkan fitur Disk Management yang dapat digunakan untuk membuat partisi baru secara mandiri. Anda tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga untuk membuat partisi baru.

Alasan Perlu Membuat Partisi Baru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan terbesar mengapa orang ingin membuat partisi baru di perangkat mereka adalah untuk memudahkan pengelolaan. Namun, ada juga beberapa alasan lain yang membuat orang memutuskan untuk membuat partisi baru. Apa saja?

1. Memudahkan Pengelolaan File

Alasan pertama mengapa banyak orang memilih membuat partisi baru adalah agar file yang disimpan rapi dan memudahkan pengelolaannya. Bayangkan jika semua file instalasi, dokumen, hingga file multimedia tergabung dalam satu partisi yang sama. Salah langkah, bisa jadi Anda justru salah menghapus file aplikasi!

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

2. Meminimalisasi Serangan Malware

Membuat partisi baru dan memisahkan file aplikasi dengan data dokumen atau multimedia dapat meminimalisasi risiko serangan malware.

Menggunakan anti virus terupdate memang dapat menjadi salah satu pengamanan yang baik. Namun, Anda bisa menambah keamanan ganda pada data penting di komputer dengan membedakan partisi antara aplikasi dengan data penting lainnya.

3. Memudahkan Instalasi Ulang

Saat ingin menginstall ulang OS komputer, data yang tersimpan di drive C akan otomatis terhapus. Bayangkan jika Anda juga menyimpan data-data penting di drive C. Selain akan memperlambat proses install ulang, data-data penting pun akan lenyap.

Karena itu, cara partisi hardisk Windows 11 akan sangat membantu Anda dalam membagi data agar proses instalasi OS lebih cepat, dan data pribadi semakin aman.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda perlu membuat partisi baru di perangkat laptop atau komputer. Penasaran bagaimana cara partisi hardisk Windows 11 melalui Disk Management? Simak panduan berikut ini!

BACA JUGA : Mengapa Kapasitas Hardisk Tidak Sesuai?

Cara Membuat Partisi Baru di Windows 11

Cara paling mudah untuk membuat partisi baru di Windows 11 adalah dengan menggunakan menu Disk Management. Sebagai contoh, pada panduan ini kami akan membuat partisi baru dengan space yang diambil dari Drive C.

Berikut cara partisi hardisk di Windows 11 melalui Disk Management:

  1. Ketik Create and Format Hardisk Partitions di kolom pencarian Windows 11.
Create and Format Hardisk Partitions
  1. Klik kanan > pilih Shrink Volume.
Shrink Volume
  1. Tuliskan space disk baru yang ingin dibuat pada kolom Enter the amount of space to shrink in MB. Sebagai contoh, tuliskan 1000MB untuk space 1GB > klik tombol Shrink.
Enter the amount of space to shrink in MB
  1. Setelah itu, akan muncul unallocated disk baru.
unallocated disk
  1. Klik kanan pada bagian Unallocated > New Simple Volume.
  2. Akan muncul pop-up New Simple Volume Wizard > klik Next.
New Simple Volume
  1. Pada opsi berikutnya, langsung klik Next kembali.
spesify volume size
  1. Pilih nama drive yang Anda inginkan, misal A > klik Next.
Drive letter
  1. Beri nama file pada Volume Label. Sebagai contoh, kami akan memberi nama Multimedia > klik Next.
Format partition
  1. Proses pengaturan drive baru sudah selesai. Klik Finish.
new simple volume wizard

Selamat! pembuatan disk baru telah selesa. Anda dapat mengecek Drive barunya dari menu This PC.

Drive baru

Cara partisi hardisk Windows 11 sangat mudah, bukan? Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat partisi baru. Cukup manfaatkan tools bawaan dari Windows, yakni Disk Management.

Selain membuat partisi baru di hardisk perangkat, cara ini juga bisa dipraktikkan untuk membuat disk baru di SSD hingga flash disk. 

Kesimpulan

Windows 11 adalah salah satu OS dengan jumlah pengguna paling besar di dunia. Pada versi terbaru Windows ini, ada fitur Disk Management yang dapat digunakan untuk mengelola penyimpanan, khususnya membuat partisi baru pada komputer. 

Bagi Anda pengguna VPS Windows murah dari Rumahweb, Anda juga bisa membuat partisi baru di hardisk VPS Windows melalui menu Disk Management juga. Caranya, hampir mirip dengan panduan ini. Selengkapnya tentang cara membuat partisi baru di VPS windows bisa dipelajari pada artikel berikut.

Demikianlah pembahasan dari Rumahweb Indonesia mengenai cara partisi hardisk Windows 11 melalui Disk Management. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Anggit Puguh

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb