Rumahweb Blog
Banner - Cara Menghapus Database di phpMyAdmin Terlengkap

Cara Menghapus Database di phpMyAdmin Terlengkap

Database merupakan tempat penyimpanan data yang umumnya digunakan untuk menyimpan data website atau aplikasi. Kali ini kami akan membahas cara menghapus database di phpMyAdmin dari Localhost, cPanel, dan  Plesk Panel. Simak selengkapnya!

Setiap website dan aplikasi memerlukan database untuk membuatnya menjadi dinamis. Dapat dikatakan bahwa database adalah sumber data dan informasi dari website atau aplikasi yang dibuat. 

Database menjadi salah satu bagian penting saat Anda membuat website ataupun aplikasi. Di dalam database, kumpulan data disimpan secara terstruktur yang nantinya memudahkan saat ingin ditampilkan di website atau aplikasi.    

Setelah sebelumnya kami telah menulis artikel tentang cara membuat database, tidak lengkap rasanya bila belum ada artikel yang membahas tentang cara menghapus database di phpMyAdmin.  Untuk itu, mari kita lengkapi pembahasan mengenai database ini, dengan membahas cara menghapus database.

Peringatan!

Sebelum menghapus database, disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi jika file database tersebut diperlukan di kemudian hari.

Simak panduan berikut untuk panduan melakukan backup database melalui phpMyAdmin. Jika selesai melakukan backup dan sudah yakin untuk menghapus databasenya, simak panduan pada artikel berikut!

Cara Menghapus Database di Localhost

Berikut ini cara hapus database di phpMyAdmin dari Localhost: 

  1. Login ke phpMyAdmin localhost menggunakan alamat localhost/phpmyadmin.
  2. Klik menu Databases > centang bagian nama database yang ingin Anda hapus.
cara menghapus database di phpmyadmin localhost
  1. Klik Menu Drop di bagian bawah.

Selamat! Database telah dihapus dari phpMyAdmin. Selanjutnya, Anda dapat membuat databasenya baru dari menu Databases dengan mengikuti paduan berikut: Cara Membuat Database di XAMPP Localhost – Rumahweb.

Cara Menghapus Database di cPanel

Berikut ini cara hapus database di phpMyAdmin dari cPanel:

  1. Login ke cPanel hosting.
  2. Akses meu Databases > klik MySQL Databases.
menu phpmyadmin di cPanel
  1. Pada bagian Current Databases, klik tombol Delete pada nama database yang ingin dihapus. 
cara hapus database di cPanel
  1. Akan ada pemberitahuan permintaan persetujuan penghapusan database. Klik Delete Database jika Anda sudah yakin untuk menghapus database tersebut.

Sampai tahap ini, database telah berhasil dihapus. Anda dapat membuat database baru dari menu MySQL Databases. Ikuti panduan cara membuat database di cPanel berikut apabila Anda membutuhkan referensinya!

Cara Menghapus Database di Plesk Panel

Berikut ini adalah cara menghapus database di phpMyAdmin dari Plesk Panel:

  1. Login ke Plesk Panel hosting.
  2. Klik menu Database di bagian kiri.
menu databases di plesk
  1. Klik Remove Database pada nama database yang ingin dihapus.
cara menghapus database di plesk panel


Setelah itu akan muncul popup konfirmasi. Klik Yes, Remove untuk meneruskan proses penghapusan database.

Saat ini, database yang Anda pilih telah dihapus dari Plesk Panel. Akses menu Databases jika Anda ingin membuat database yang baru di Plesk Panel. Simak juga panduan membuat database di Plesk Panel dari Rumahweb: Cara Membuat Database Terlengkap di cPanel hingga Localhost.

Kesimpulan

Demikian langkah-langkah cara menghapus database di phpMyAdmin dari localhost, cPanel, dan juga Plesk Panel yang bisa Anda terapkan. Sekali lagi, pastikan Anda melakukan backup data terlebih dahulu sebelum menghapus database.

Bila Anda membutuhkan tutorial dan informasi terbaru terkait perkembangan IT lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi Rumahweb Indonesia. 

Ada berbagai cara menghapus database di phpMyAdmin, yang dapat disesuaikan dengan control panel yang Anda gunakan, mulai dari localhost, cPanel, hingga Plesk Panel. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Anggit Puguh