Rumahweb Blog
Banner - Cara Mengganti Background Zoom di Laptop

Cara Mengganti Background Zoom di Laptop

Zoom masih menjadi platform virtual meeting yang populer. Jika sebelumnya Rumahweb telah dibahas cara mengganti background Zoom di HP, maka kini Rumahweb akan membahas cara mengganti background Zoom di laptop.

Zoom adalah salah satu platform yang memfasilitasi penggunanya untuk melakukan pertemuan secara virtual. Aplikasi Zoom memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan video dengan seseorang atau lebih. 

Zoom semakin meroket sejak pandemi Covid-19 mewabah di berbagai penjuru dunia. Keterbatasan masyarakat untuk berinteraksi membuat berbagai komunikasi dialihkan ke dalam jaringan alias online. Misalnya sekolah, meeting pekerjaan, atau pertemuan lainnya.

Zoom memiliki sejumlah fitur menarik, salah satunya adah mengganti gambar latar belakang atau background. Fitur ini ditujukan untuk menambah kenyamanan pengguna saat menggunakan platform video telekonferensi ini.

Dengan fitur ini, Anda bisa mengubah background dengan beberapa pilihan yang sudah disediakan Zoom, maupun gambar yang Anda pilih sendiri. Selain melalui HP, mengganti background Zoom di laptop juga cukup praktis dan mudah dilakukan.

Sebelum masuk ke cara ganti background Zoom di laptop, Anda harus mengetahui ukuran virtual background yang disarankan oleh Zoom berikut!

Ukuran Virtual Background Zoom di Laptop

Mengetahui ukuran background Zoom akan berguna bagi Anda yang ingin mengubah latar saat melakukan meeting atau pertemuan. Jika ukuran background tidak sesuai, bisa jadi background yang Anda pilih akan terpotong sehingga hasilnya kurang bagus.

Ukuran background Zoom yang tepat memiliki rasio 16:9. Agar gambar tidak pecah, Anda bisa menggunakan ukuran minimal 1280×720 pixel, atau jika dalam sentimeter ukurannya adalah 50.79 cmx28.57 cm. 

Jika Anda ingin menggunakan background bawaan, maka Anda tidak perlu lagi mengecek ukuran ini, karena background yang telah tersedia tentu sudah disesuaikan oleh Zoom. Namun bagi Anda yang ingin membuat background sendiri, ukuran tersebut perlu Anda perhatikan saat membuat atau mengunduh background yang diinginkan.

Sebelum mengikuti cara mengganti background Zoom di laptop, Anda bisa mengunduh background yang diinginkan, atau membuat desain background melalui berbagai aplikasi editing yang sudah tersedia, seperti CorelDraw, Canva, hingga Photoshop.

Cara Mengganti Background Zoom di Laptop

Meski kini banyak yang mengandalkan HP untuk melakukan panggilan atau meeting Zoom, tetapi tak sedikit yang tetap menggunakan Zoom melalui laptop. Hal ini karena  Zoom di laptop dianggap lebih stabil untuk melakukan meeting, serta ukuran layar yang besar akan lebih nyaman digunakan.

Bagi Anda yang juga memilih menggunakan Zoom di laptop, ada cara mengganti background Zoom di laptop yang bisa dilakukan dengan sangat mudah, loh!

Berikut kami rangkum cara ganti background Zoom di laptop yang bisa Anda ikuti:

  • Buka aplikasi Zoom di laptop Anda.
  • Login menggunakan akun yang sudah terdaftar sebelumnya.
  • Klik ikon Setting di sudut kanan atas.
Menu setting di Zoom
  • Pilih Background and Filters.
Background and Filters
  • Pilih Background yang telah tersedia, atau tambah gambar pilihan Anda dengan klik ikon (+).
cara ganti background di zoom
  • Jika background yang ingin digunakan sudah pas, klik ikon (x) untuk kembali ke halaman utama Zoom.
Contoh perubahan background di zoom

Setelah mengikuti cara ganti background Zoom di laptop berikut, selanjutnya Anda sudah bisa menggunakan aplikasi Zoom untuk melakukan panggilan atau pertemuan sesuai kebutuhan!

Cara mengubah background Zoom di laptop juga bisa dilakukan untuk gambar bergerak, alias gif atau video. Bagaimana caranya? Simak pada artikel berikut!

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara mengganti background Zoom di laptop? Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat tampilan Zoom semakin menarik, atau membuat meeting Zoom lebih seragam dengan anggota lainnya. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing

banner Pop Up - Hosting 99K
banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb