Rumahweb Blog
Banner - Cara Mengatasi Malware Dengan Security360

Cara Mengatasi Malware Dengan Security360

Ada banyak penyebab, kenapa sebuah website dapat terserang malware. Seperti karena code atau script websitenya lemah, script website berbasis CMS tidak pernah di update, penggunaan password yang lemah hingga kemungkinan lainnya. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara mengatasi malware dengan Security360.

Malware adalah masalah yang krusial dan cukup sering menjangkiti website. Ada beberapa gejala yang muncul ketika website Anda terjangkiti malware.

Gejala paling umum yang sering terjadi antara lain: 1) Website Anda tiba-tiba dialihkan ke halaman website lain; 2) Website Anda tiba-tiba menampilkan tulisan atau konten-konten yang tidak pernah Anda unggah; atau 3) Website Anda gagal tampil dan menampilkan pesan peringatan berbahaya dari browser.

Masalah-masalah yang diakibatkan oleh malware tentu saja akan mengganggu operasional website Anda, atau yang lebih fatal, bisa menyebabkan website Anda diblokir oleh mesin pencari Google sehingga tidak bisa diakses sama sekali.

Jika website Anda sudah terlanjur terjangkiti malware, maka proses pembersihan dan perbaikan website harus segera dilakukan, supaya website Anda bisa online kembali seperti sediakala.

Dari Mana Malware Berasal?

Umumnya malware berasal dari komponen script website yang Anda pergunakan. Berikut beberapa sumber-sumber malware yang paling sering menjangkiti website:

Promo Hosting Murah Rumahweb

1. Script Website Kedaluwarsa

Script website versi lama yang sudah tidak mendapatkan update dari pengembang, memiliki banyak celah keamanan sehingga mudah terjangkiti malware. Apabila Anda menggunakan CMS seperti WordPress atau Joomla, sangat disarankan untuk melakukan update secara rutin.

CMS versi terbaru memiliki tingkat keamanan yang lebih baik karena sudah mengalami perbaikan. Selain itu, CMS versi terbaru juga menawarkan fitur-fitur terkini untuk memudahkan Anda membangun website dengan lebih profesional.

2. Script Website Nulled

Script website nulled adalah script premium dan berbayar, yang dimodifikasi supaya bisa digunakan secara gratis. Contoh script nulled yang paling banyak beredar adalah plugin dan theme WordPress nulled

Script nulled sangat berbahaya untuk digunakan, karena di dalamnya sudah diinjeksi malware yang sangat merugikan. Jika Anda belum memiliki anggaran yang memadai untuk membeli plugin atau theme premium, lebih baik menggunakan plugin atau theme gratis yang tersedia di database resmi CMS.

3. Script Website dengan Celah Keamanan

Meskipun didapatkan secara resmi, kadangkala script website tertentu memiliki celah keamanan sehingga terjangkiti malware dan menginfeksi banyak website secara bersamaan.

Untuk insiden seperti itu, umumnya dari pihak developer akan membuat pengumuman resmi bahwa script yang mereka buat memiliki celah keamanan dan memerlukan proses updateLalu, bagaimana cara mengatasi malware pada website?

Cara Mengatasi Malware Dengan Security360

Malware adalah masalah yang cukup umum menimpa website, baik karena unsur kesengajaan dari pelanggan, ataupun karena adanya celah keamanan di dalam script website

Untuk membantu menangani masalah malware, layanan hosting Rumahweb menghadirkan fitur Security360 yang berfungsi melakukan pemindaian dan deteksi massal terhadap malware di dalam script website pelanggan. Dengan Security360, Anda bisa menangani masalah malware dengan mudah dan cepat.

Cara Kerja Security360

Fitur Security360 ditenagai oleh software Imunify360 yang menawarkan banyak keunggulan untuk melindungi data hosting pelanggan dari malware maupun aktivitas berbahaya yang lain seperti hacking

Secara default Security360 akan melakukan pemindaian ke dalam data hosting pelanggan, dan akan melakukan karantina terhadap file-file yang terdeteksi mengandung script malware. Hasil dari proses pemindaian akan dilaporkan di cPanel, di dalam menu Imunify360.

Apa Yang Harus Anda Lakukan?

Apabila data hosting pelanggan terdeteksi mengandung malware, sangat disarankan untuk mengaktifkan opsi Kill Mode melalui menu Imunify360 -> Proactive Defense. Opsi tersebut akan menonaktifkan proses yang berjalan pada script website pelanggan, sehingga script malware tidak menyebar lebih luas.

Langkah selanjutnya adalah menghapus file-file yang terdeteksi mengandung script malware, kemudian melakukan proses update script. Apabila menggunakan CMS WordPress, bisa melakukan proses fresh upgrade, yang pernah dibahas secara detil di artikel jurnal Rumahweb.

Mendapatkan Security360

Saat ini, semua paket hosting di Rumahweb telah mendukung Security360, sehingga website Anda akan lebih terproteksi. Bagi Anda yang telah menggunakan layanan hosting di Rumahweb, Anda bisa melihat menu ini melalui cPanel hosting Anda dengan menu Imunify360.

Informasi lebih lengkap tentang Security360 di hosting bisa Anda pelajari melalui artikel berikut : Imunify360 cPanel

Dengan Security360, data website Anda akan terlindungi dari malware dan aktivitas hacking. Selain memiliki hosting yang aman, Anda sebagai pengguna juga perlu lebih aware terhadap potensi lain yang dapat menyebabkan website Anda terserang malware. Seperti selalu melakukan update website secara berkala, hingga penggunaan kata sandi yang kuat.

Diharapkan dengan kombinasi hosting yang aman dan pemahaman pengguna terkait keamanan pada website, menjadikan website Anda lebih secure dan optimal.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Dedicated Server

Alwan Rosyidi