Rumahweb Blog

Cara Mendaftarkan Usaha di Google

Google My Business

Google My Business disediakan agar keberadaan bisnis kita dapat dikelola secara online di mesin pencarian Google. Setelah pembaruan algoritma penelusuran, Google menggunakan lokasi geografis untuk merekomendasikan bisnis terdekat ketika pengguna mulai mencari bisnis atau layanan lokal.

Dalam era digital, banyak sektor kehidupan dipermudah pencapaiannya, termasuk dalam pencarian barang dan jasa. Google My Business salah satu yang bisa dipergunakan untuk pencapaian tersebut.

Apa yang dilakukan Google My Business pada Bisnis Kita?

Google My Business memungkinkan setiap bisnis memberi tahu Google mengenai detail bisnis yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian, termasuk alamat, juga informasi kontak yang dapat dicari secara online melalui Google Maps. Pemilik bisnis juga dapat menggunakan platform tersebut untuk menanggapi ulasan pelanggan, berbagi foto, menawarkan produk, promosi, membuat acara, atau berbagi informasi lain melalui fitur postingan.

Hasil Pencarian Lokal

Jika Google berpikir bahwa area geografis penting atau terhubung ke permintaan kita, maka Google akan menampilkan daftar lokal terlebih dahulu. Sebagai contoh, jika kita menelusuri “makan nasi goreng” atau “nasi goreng terdekat”, Google akan berpikir bahwa kita ingin makan nasi goreng dan akan menampilkan hasil lokal untuk kios nasi goreng terdekat dari lokasi kita secara geografis. Di sisi lain, jika yang kita telusuri adalah “resep nasi goreng”, Google memahami bahwa itu tidak ada hubungannya dengan lokasi sehingga Google tidak akan menampilkan hasil lokal melainkan elemen hasil pencarian lainnya. Google berusaha untuk memprioritaskan lokasi terdekat dari suatu bisnis, baik di daftar bisnis maupun di website bisnis, konten, dan pos media sosial.

Itulah mengapa daftar Google My Business sering (dan hampir pasti) ditampilkan di atas hasil pencarian organik, dan itu adalah salah satu hal pertama yang akan dilihat pengunjung ketika mengakses Google. Setiap bisnis yang memiliki akun Google My Business bisa tampil di halaman pertama, bahkan tanpa harus bersusah payah membuat website sendiri atau melakukan praktik SEO. Dengan begitu, keberadaan bisnis tersebut bisa dengan mudah dilihat oleh jutaan pelanggan potensial yang sedang mengakses Google.

Membuat Akun Google Bisnisku

Ketika memulai bisnis pastilah kita ingin membuat kesan pertama yang baik pada calon pelanggan baru, karena itu mengelola keberadaan lokalnya secara online melalui Google Bisnisku merupakan strategi digital marketing yang sangat efektif. Kita dapat membuat akun Google Bisnisku lewat aplikasi yang bisa kita unduh gratis di Google Play Store.

Atau dapat juga melalui https://business.google.com/. Namun sebelumnya, pastikan bahwa kita sudah mempunyai akun Google (Gmail). Dan Pastikan informasi yang kita isi berikutnya benar-benar valid sesuai dengan bisnis kita. Semakin detail informasi yang diberikan, maka akan semakin besar potensi pelanggan untuk menemukan bisnis kita.

Langkah berikutnya:

1. Masuk ke halaman Google My Business

Kita akan diarahkan pada halaman seperti di bawah ini. Klik “kelola sekarang”.

2. Mengisi nama bisnis. Isi sesuai brand, atau bidang bisnis, atau bisa juga mengkombinasikan keduanya. Misalkan, “Kue dan Katering – Resep Ibuku” yang merupakan kombinasi brand Resep Ibuku, dengan yang dijual yaitu pemesanan kue dan layanan katering. Perhatikan apakah nama brand tersebut masih available atau tidak.

2. Di halaman kategori, telah disediakan berbagai jenis kategori-kategori bisnis, kita bisa pilih yang paling sesuai dengan jenis bisnis kita.

3. Untuk form berikutnya, kita bisa pilih “Ya” jika memiliki alamat toko fisik..

4. Selanjutnya mengisi alamat bisnis. Alamat merupakan elemen penting dalam pencarian, pastikan alamat yang kita tuliskan sangat detil, lengkap dan valid.

5. Pastikan kembali yang tertera dan kita pilih memang bisnis yang kita daftarkan.

6. Jika kita juga melayani customer di luar toko, kita bisa pilih “Ya”.

7. Sesuaikan dan beri pin pada lokasi bisnis kita.

8. Kita bisa menambahkan area layanan jika ada. Ini opsional.

9. Mengisi informasi kontak anda dan alamat situs/web jika ada.

10. Pilih “Ya” jika kita ingin mendapatkan informasi atau update terbaru dari Google My Business.

11. Klik “Selesai”. setelah itu tunggu sampai akun bisnis kita diverifikasi.

12. Langkah terakhir adalah melakukan pengiriman untuk verifikasi Google My Business, biasanya akan dikirimkan via POS kepada alamat yang sudah kita tulis di atas. Pilih kirim untuk segera mengirimkan PIN Verifikasi Google Bisnisku.

Hingga langkah ini, proses mendaftarkan usaha di Google sudah selesai dilakukan. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu dan melakukan verifikasi.

Demikian panduan mendaftarkan usaha di Google. Semoga bisa menambah wawasan dan membantu mengembangkan bisnis Anda. Salam sukses selalu dari Rumahweb Indonesia.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi