Rumahweb Blog
banner artikel - Cara Membuat Undangan Digital dengan Aplikasi

Cara Membuat Undangan Digital dengan Aplikasi

Undangan digital adalah salah satu tren yang saat ini banyak diminati. Hal ini karena cara membuat undangan digital yang mudah dan penyebarannya pun tidak menyita banyak waktu, seperti penyebaran undangan cetak.

Bukan hanya itu, biayanya pun lebih ekonomis karena tidak memerlukan biaya cetak. Keunggulan lainnya, undangan digital juga dapat dilengkapi dengan gambar, audio, bahkan video sehingga dapat menjadi sajian menarik bagi penerima undangan.

Dengan banyaknya kelebihan undangan digital, tak mengherankan kalau undangan ini lebih dilirik, bahkan dapat menggeser undangan cetak yang dianggap kurang praktis.

Melalui artikel ini, kami akan mengulas lebih dalam apa itu undangan digital, aplikasi apa saja yang dapat membuat undangan digital sampai dengan cara buat undangan digital. Simak selengkapnya!

Apa Itu Undangan Digital

Undangan digital adalah undangan non-cetak berupa gambar, video, atau website, yang biasanya disebarkan dengan cara dikirimkan melalui media sosial atau email sehingga tidak ada hambatan waktu atau jarak dalam proses penyebarannya.

Karena berbentuk digital (non-cetak), maka biaya yang dikeluarkan juga lebih ekonomis. Selain itu, penggunaan undangan digital dapat membantu mengurangi penggunaan limbah kertas yang dapat merusak lingkungan.

Menariknya lagi, Anda bisa menambahkan fitur lain, seperti peta digital, untuk meminimalisir potensi tamu undangan yang kesulitan mencapai tempat acara. Anda juga bisa menambahkan barcode yang dapat di scan ketika tamu menghadiri acara, untuk mengganti peran buku tamu. 

Cara membuat undangan digital sangat mudah, Anda dapat memanfaatkan beragam aplikasi desain grafis yang kini banyak tersedia. Namun, jika ingin tampilan undangan yang lebih dinamis, maka Anda dapat membuat undangan digital berbasis website.

Tidak perlu khawatir apabila Anda tidak memiliki kemampuan coding untuk membangun website karena saat ini Rumahweb hadir dengan layanan jasa pembuatan website yang dapat menjadi salah satu pilihan tepat untuk website undangan Anda.

Cukup dengan mengirimkan materi berupa gambar, video dan detail acara, dalam waktu 48 jam link website undangan Anda siap untuk disebarkan.

Jika Anda yang tidak ingin menggunakan jasa untuk membuat undangan digital, maka aplikasi seperti Canva dapat membantu Anda membuat undangan digital sendiri. Bukan hanya Canva, banyak aplikasi lain yang dapat membantu Anda untuk membuat undangan digital. 

Berikut kami rangkum beberapa aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat undangan digital.

Daftar Aplikasi Undangan Digital

Seiring berkembangnya era digital, banyak pula platform yang meluncurkan aplikasi desain grafis yang dapat dimanfaatkan untuk membuat undangan digital. Sebelum memahami cara membuat undangan digital, berikut kami rangkum beberapa aplikasi yang dapat Anda coba gunakan:

1. Canva

canva undangan digital

Canva adalah sebuah platform digital untuk membuat desain grafis dan konten publikasi yang diluncurkan pada 2013.

Cara membuat undangan digital dengan Canva pun cukup mudah, karena aplikasi satu ini menyediakan berbagai fitur, tools, dan template yang mudah diaplikasikan oleh orang awam.

Canva memiliki dua versi, yakni versi gratis dan berbayar. Versi Canva berbayar dapat menjadi opsi jika Anda ingin menggunakan fitur dan template yang lebih lengkap dari aplikasi satu ini.

Walaupun memiliki versi berbayar, hasil desain menggunakan Canva gratis juga tidak kalah menarik. Tools dan fitur pada versi gratis juga sudah cukup lengkap, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih jika ingin membuat desain menggunakan aplikasi ini.

2. Invitation Maker & Card Design by Greeting Island

Invitation Maker & Card Design by Greeting Island

Invitation Maker & Card Design by Greeting Island ini adalah aplikasi yang sangat cocok untuk membantu Anda membuat kartu ucapan maupun undangan digital. Dilengkapi lebih dari 500 pilihan template undangan sehingga Anda dapat lebih leluasa memilih desain yang sesuai dengan acara yang akan dilangsungkan.

Aplikasi ini juga menawarkan versi gratis dan premium. Sayangnya, versi gratis tidak mendukung penghapusan watermark sehingga Anda perlu upgrade ke versi berbayar apabila ingin mengunduh hasil desain undangan tanpa watermark.

3. PicsArt

PicsArt undangan digital

Picsart merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk edit foto dan video. Fitur seperti kolase, bingkai, stiker, gambar, font, dan pilihan background yang beragam akan sangat membantu untuk mendesain foto dan video menjadi lebih menarik.

Selain untuk edit foto dan video, PicsArt juga dapat digunakan untuk mendesain undangan. Cukup tambahkan teks, foto, dan informasi lain seputar acara yang akan dilangsungkan menggunakan fitur yang telah disediakan. Setelah selesai, file dapat diunduh dan siap dibagikan ke tamu-tamu undangan.

4. Undangan Card Maker

Undangan Card Maker - membuat undangan digital

Membuat undangan digital juga bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Undangan Card Maker. Seperti aplikasi lainnya, aplikasi ini juga menawarkan banyak pilihan template.

Anda dapat memilih template yang akan digunakan sebagai langkah awal dan selanjutnya melakukan kustomisasi, seperti penambahan teks, penyesuaian font, dan pemilihan warna background jika diperlukan. 

Setelah semuanya selesai dan sudah sesuai dengan keinginan, Anda dapat menyimpan hasil desain, dan undangan digital sudah siap untuk disebarkan.

5. Video Invitation Maker

Video Invitation Maker

Apakah Anda ingin mengetahui cara membuat undangan digital yang unik? Video Invitation Maker adalah aplikasi yang dapat membantu Anda membuat undangan digital dalam bentuk video. 

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang bisa membuat undangan Anda lebih menarik, diantaranya adalah efek video yang beragam, berbagai ukuran undangan, pilihan background HD, dan banyak fitur menarik lainnya.

Pengguna aplikasi ini pun sudah cukup banyak. Dengan total lebih dari 1 juta pengguna, aplikasi ini mendapatkan rating 4.9. Banyaknya ulasan tentang kemudahan penggunaannya, membuktikan kalau aplikasi ini patut untuk dicoba.

Cara Membuat Undangan Digital

Melalui artikel ini kami akan membahas cara buat undangan digital menggunakan Canva. Sebelum masuk ke step pertama, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi Canva dan sudah login/signup.

Berikut cara membuat undangan digital menggunakan Canva:

  1. Buka aplikasi Canva.
  2. Ada dua jenis kategori undangan, yaitu Invitation (Portrait) dan Invitation (Square). Pada panduan ini, kami akan mencoba membuat undangan menggunakan kategori Invitation (Portrait).
Canva 1 - Cara Membuat Undangan Digital
  1. Ada dua pilihan desain, pertama, Anda dapat memilih desain kosong jika ingin berkreasi dari awal, atau memilih dari template yang sudah ada. Pada panduan ini, kami akan menggunakan template yang sudah ada. Klik pada template yang diinginkan.
Canva 2 - Cara Membuat Undangan Digital
  1. Anda dapat mulai mengedit template sesuai kebutuhan. Jika ingin mengubah nama, klik bagian nama dan edit sesuai dengan nama calon pengantin.
pilih template

Anda juga dapat menggunakan fitur untuk edit teks, seperti: 

  • Font untuk mengubah jenis font yang digunakan.
  • Font size untuk mengubah ukuran teks.
  • Color untuk mengubah warna teks.
  • Format untuk menyesuaikan letak teks, jenis teks, dan penomoran teks.
  1. Anda juga bisa menambahkan foto, elemen atau audio dengan klik tombol Add seperti berikut.
edit template
hasil template undangan
  1. Setelah selesai mengedit, Klik tombol Download di bagian kanan atas.
hasil jadi undangan
  1. Selesai. Sampai disini cara buat undangan digital telah selesai dan undangan siap dibagikan ke seluruh tamu.

Bagi Anda yang mengalami kendala dalam mendesain undangan digital dan ingin dibantu dalam proses pembuatannya, Anda bisa menggunakan acaranya.id. Acaranya.id menyediakan paket undangan pernikahan online dan digital, dengan harga yang murah mulai dari Rp69.000.

Kesimpulan

Tren undangan digital saat ini mampu menggeser peran undangan cetak karena pembuatannya instan, praktis, dan ekonomis. Bukan hanya itu, undangan digital juga dianggap lebih menarik karena dapat menggunakan gambar, video dan audio yang sesuai dengan acara yang akan dilangsungkan.

Cara membuat undangan digital pun cukup mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Canva, atau menggunakan jasa pembuatan website yang lebih praktis. Apakah Anda tertarik mencoba undangan digital?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Febiola Winasty

Saya Febiola, salah satu OrangRumah yang suka belajar hal-hal baru seperti membaca dan menulis. Menyukai K-Pop dan bisa menggunakan bahasa Korea :)

banner Pop Up - Hosting 99K
banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb