Rumahweb Blog
banner - Cara Membuat Podcast di Spotify yang Harus Anda Tahu

Cara Membuat Podcast di Spotify yang Harus Anda Tahu

Spotify merupakan salah satu platform untuk mendengarkan podcast yang paling populer saat ini. Dilansir dari data yang dihimpun Statista, Spotify merupakan aplikasi yang paling banyak banyak digunakan untuk mendengarkan podcast di tahun 2020. Jika Anda adalah podcaster pemula, maka Anda wajib mengetahui cara membuat podcast di Spotify.

Dengan membuat podcast di Spotify, Anda berkesempatan untuk menjangkau lebih banyak pendengar bila dibandingkan dengan platform lainnya. Untuk itu, pelajarilah beberapa cara membuat podcast di Spotify berikut ini yang wajib Anda tahu!

Ketentuan File Podcast Spotify

Sebelum mengetahui cara meng-upload podcast Anda di Spotify, pastikan terlebih dahulu bahwa file audio podcast yang Anda buat sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh platform ini.

Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sebuah file podcast bisa disetujui dan dianggap layak untuk tayang di Spotify.

  • Kualitas audio yang di-upload harus ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 Part 3 (MP3) dengan bitrate antara 96 sampai 320 kbps
  • Ukuran maksimal file per episode adalah 200 MB, dengan durasi 83 menit jika memiliki kualitas 329 kbps, dan 200 menit jika kualitasnya 128 kbps
  • Artwork podcast wajib berbentuk segi empat dengan rasio ukuran 1:1, dalam format PNG atau JPEG
  • Jika menggunakan special character seperti “&” atau lainnya, wajib di-encode terlebih dahulu
  • Maksimal panjang judul podcast (atau teks lainnya yang akan dibaca oleh pendengar) adalah 20 karakter
  • RSS podcast wajib memiliki nama, artwork, dan paling tidak satu episode.

Selanjutnya, anda dapat mempelajari cara membuat podcast di spotify seperti langkap berikut.

Cara Upload Podcast ke Spotify

1. Buat Akun Spotify

Setelah memenuhi semua persyaratan file podcast yang ditetapkan, kini saatnya Anda untuk membuat akun podcast di Spotify melalui Spotify for Podcaster.

Klik login di pojok kanan atas halaman untuk masuk. Secara otomatis, Spotify akan menampilkan pilihan login dengan Google, Facebook, atau dengan mengisikan alamat email, username, nomor telepon, dan lainnya.

Jika sudah dilengkapi, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

2. Setujui Terms and Conditions

Sebenarnya, cara upload dan membuat podcast di Spotify terbilang cukup mudah. Hanya saja, pastikan Anda sudah membaca terlebih dahulu secara seksama berbagai regulasi yang ada sebelum memulai.

Setelah Anda berhasil login, akan muncul tampilan seperti ini:

Cara Membuat Podcast di Spotify - podcast agrement

Setelah klik Get Started, Anda harus terlebih dahulu membaca dan menyetujui terms and conditions yang dipaparkan. Jika sudah membaca dan paham, Anda bisa langsung klik kotak di samping pernyataan “I have read and agree to the terms and conditions.”

Setelah itu, klik tombol Continue.

3. Masukkan Link RSS Feed

Setelah melalui halaman terms and conditions, selanjutnya Anda akan menjumpai halaman berikut ini:

Cara Membuat Podcast di Spotify - masukkan link rss feed

Di tahap ini, Anda diminta untuk memasukkan link RSS untuk podcast yang nantinya akan Anda tampilkan di Spotify, dengan cara mengetiknya secara manual di kolom yang sudah disediakan. Link ini bisa didapatkan dari podcast hosting service yang Anda gunakan.

Podcast RSS feed adalah URL yang digunakan oleh Spotify untuk mendistribusikan informasi terbaru. Tanpa adanya RSS feed, update terkait episode podcast terbaru yang Anda unggah harus dilakukan secara manual.

Setelah tahap ini selesai, silakan klik Next.

4. Verifikasi

Tahap selanjutnya, Spotify akan melakukan verifikasi kepemilikan akun, untuk memastikan bahwa Anda merupakan pemilik dari podcast yang akan di-upload. Caranya, dengan mengirimkan kode unik ke email yang sudah didaftarkan di tahap awal. Cek kotak masuk email Anda, lalu masukkan kode unik seperti contoh di bawah ini:

verifikasi email - membuat podcast di spotify

5. Mengisi Detail Informasi Podcast

mengisi Detail Informasi Podcast

Setelah tahap verifikasi selesai dilakukan, kini saatnya untuk melengkapi detail tentang podcast Anda. Informasi-informasi yang akan diminta oleh Spotify antara lain tentang di negara mana podcast dibuat, bahasa yang digunakan, provider hosting yang digunakan, serta kategori podcast (utama dan tambahan, maksimal tiga subkategori).

Isi informasi ini dengan teliti, dan pastikan jangan ada informasi yang salah.

Jika sudah lengkap, silakan klik Submit, dan Anda akan melihat halaman seperti di bawah ini:

langkah terakhir daftar podcast spofity

Setelah ini, Anda hanya tinggal menunggu beberapa hari sementara Spotify melakukan review terhadap podcast yang Anda daftarkan, sebelum menampilkannya ke calon pendengar.

Tertarik untuk mulai membuat akun podcast Anda sendiri? Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa cara membuat podcast di Spotify ternyata tidaklah susah. Namun, bagi Anda yang masih awam, silakan baca juga artikel tentang Cara Membuat Podcast untuk Pemula di sini.

Demikian artikel cara membuat podcast di Spotify dari Rumahweb, selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Catra Wardhana