Rumahweb Blog
banner blog - Cara Membuat Meta Description yang Baik dan Benar

Cara Membuat Meta Description yang Baik dan Benar

Meta description adalah sebuah HTML tag, yang tujuan keberadaannya sederhana: membuat orang yang melakukan pencarian dengan keyword tertentu di Google untuk mengklik ke link Anda. Dengan kata lain, meta description ada untuk menghasilkan click-through dari search engine.

Menurut search engine, meta description tidak memiliki manfaat secara langsung bagi SEO, karena mereka tidak menggunakannya dalam algoritma untuk menentukan ranking sebuah website. Namun, ada manfaat tidak langsungnya: Google memakai click-through-rate (CTR) untuk menentukan apakah sebuah website layak untuk memperoleh ranking yang tinggi.

Semakin banyak orang yang mengklik link website Anda di hasil pencarian Google, maka otomatis Google akan menaikkan ranking website Anda. Inilah kenapa mengoptimalisasi meta description dianggap penting.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat meta description yang baik dan benar.

1. Usahakan tidak lebih dari 155 karakter

Secara teori, tidak ada jumlah karakter pasti yang dianggap paling benar. Pada akhirnya, semua tergantung pada pesan yang hendak Anda sampaikan melalui meta description. Manfaatkan ruang yang ada untuk menyampaikan pesan semaksimal mungkin, tapi di saat yang bersamaan tetap usahakan untuk membuatnya sesingkat dan seringkas mungkin.

Jika Anda coba mengecek hasil pencarian di Google, kemungkinan besar yang akan Anda lihat adalah potongan kalimat sepanjang 120 hingga 156 karakter, seperti contoh di bawah ini.

image 1 - Cara Membuat Meta Description yang Baik dan Benar

Sayangnya, kita tidak bisa sepenuhnya mengontrol apa yang Google tampilkan dalam hasil pencarian. Terkadang, Google memutuskan untuk menampilkan meta description, tapi kadang mereka mencomot beberapa kalimat dari copy di website Anda. Yang jelas, usahakan untuk menulis keduanya sepadat mungkin. Dengan demikian, jika Google memutuskan untuk menampilkan meta description yang telah Anda tulis, paling tidak kalimatnya tidak akan terpotong.

2. Gunakan kalimat aktif yang memotivasi user untuk melakukan action

Jika Anda berniat menjadikan meta description sebagai “undangan” untuk mengunjungi situs Anda, pikirkanlah kira-kira apa yang bisa memotivasi user untuk mengunjungi page Anda. Pastikan bahwa description yang Anda tulis tidak membosankan, pesannya tidak jelas, atau susah dimengerti. Orang perlu tahu secara jelas apa yang akan mereka temui di website Anda hanya dengan membaca description.

Di bawah ini adalah contoh description yang ditulis dengan baik. Kalimatnya aktif, memotivasi, dan pesannya tidak berbelit-belit. Anda langsung tahu apa yang akan Anda lihat ketika mengklik link tersebut.

image 2 - Cara Membuat Meta Description yang Baik dan Benar

3. Sertakan call-to-action

Meta description bertujuan untuk menjual. Hanya saja, “produk” yang dijual adalah link yang menuju ke situs Anda. Kalimat-kalimat ajakan seperti Beli sekarang, Pesan sekarang, dan sebagainya juga bisa jadi pilihan untuk disertakan dalam meta description.

image 3 - Cara Membuat Meta Description yang Baik dan Benar

4. Gunakan focus keyword Anda

Jika keyword pencarian cocok atau sama dengan sebagian dari teks yang ada di meta description, Google bisa jadi akan meng-highlight hasil pencarian situs Anda. Hal ini pun akan membuat link situs Anda menjadi semakin mengundang untuk diklik. Bahkan, terkadang Google juga akan meng-highlight kata yang sinonim.

Pada contoh di bawah ini, baik Academy Awards dan Oscars di-highlight, karena keduanya memiliki makna yang dianggap sama. Jika hasil pencarian situs Anda di-highlight seperti itu, akan membuat link Anda lebih menonjol.

image 4 - Cara Membuat Meta Description yang Baik dan Benar

5. Jika memungkinkan, tuliskan spesifikasi produk

Jika Anda, misalnya, menjual produk-produk yang diperuntukkan bagi para tech-savvy, ada baiknya untuk memfokuskan meta description yang Anda tulis pada spesifikasi yang bersifat teknis. Contohnya, Anda bisa mencantumkan detail-detail seperti pabrikan, SKU, harga, dan sebagainya.

Jika seseorang sudah berniat mencari produk yang Anda jual secara spesifik, maka Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk meyakinkan mereka untuk klik. Cukup dengan menuliskan informasi yang lengkap, jika memang produk itu yang mereka cari, maka kemungkinan besar pasti akan diklik.

6. Pastikan meta description yang ditulis sesuai dengan konten situs Anda

Ini yang paling penting. Google akan tahu kalau Anda menulis meta description yang tidak sesuai dengan konten situs Anda, untuk menipu user agar mengklik link yang muncul di hasil pencarian. Bahkan Google bisa menjatuhkan penalti pada situs Anda jika Anda melakukan hal ini. 

Di samping itu, description yang misleading atau menipu akan meningkatkan bounce rate situs Anda. Hal ini juga akan menurunkan kepercayaan orang terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Enam hal di atas adalah karakteristik dari meta description yang baik dan efektif. Jadikan keenamnya sebagai panduan untuk menulis meta description agar berimbas positif pada SEO situs yang Anda jalankan.

Selain meta description, masih ada meta keyword, meta title hingga permalink yang bisa anda optimasi untuk mendapatkan SEO On Page yang baik. Anda bisa menggunakan tools seo terbaik dari Rumahweb secara gratis, untuk belajar optimasi website dengan layanan RankingCoach.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Catra Wardhana