Rumahweb Blog
banner blog - Cara Membuat Email Baru

Panduan Lengkap Cara Membuat Email Baru di Android hingga cPanel

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat email baru. Perangkat yang bisa dipakai untuk membuat email baru pun beragam, bisa melalui PC maupun smartphone. Berikut ini adalah beberapa cara membuat email baru di berbagai platform.

Cara Membuat Email di HP Android

Kini membuat sudah semakin praktis dan bisa dilakukan di mana saja melalui perangkat mobile. Salah satu penyedia layanan email gratis paling populer, Gmail, memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengaturan akun email dengan domain sendiri lewat smartphone Android.

Sebelum memulai pengaturan email di perangkat Android, tentu saja Anda sudah harus memiliki email dengan domain sendiri. Jika belum memiliki email dengan nama domain sendiri, Anda bisa membuatnya melalui cPanel, yang panduannya bisa Anda baca di poin ke-3 artikel ini.

Namun, jika Anda sudah memiliki email dengan nama domain sendiri, dan tentu saja perangkat Android, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Di perangkat Android, buka Settings > Add Account. Pilih Other pada daftar aplikasi email untuk menambahkan akun yang baru
Cara Membuat Email di HP Android - image 1
  1. Masukkan alamat email Anda, lalu klik Next
Cara Membuat Email di HP Android - image 2
  1. Pilih tipe incoming server yang Anda gunakan
Cara Membuat Email di HP Android - image 3
  1. Masukkan password email Anda
Cara Membuat Email di HP Android - image 4
  1. Lakukan pengecekan ulang untuk incoming server setting, untuk poin-poin berikut ini:

Username: Alamat email Anda

Password: Password akun email Anda

Server: Biasanya menggunakan domainanda.com atau mail.domainanda.com 

Port: Contoh di bawah menggunakan port 993. Namun, hal ini tergantung dari layanan hosting yang Anda gunakan. Untuk port default POP3 dan IMAP adalah 110 POP3

Cara Membuat Email di HP Android - image 5
  1. Setelah detail terisi lengkap, klik Next
  2. Saat mengisi detail outcoming server, detail pada outgoing server direkomendasikan untuk diisi persis sama dengan detail yang diisikan pada incoming server. Untuk Port, isi 587, dan untuk Security type silakan pilih SSL/TLS (Accept all certificates)
buat Email di HP Android - image 6
  1. Klik Next, dan akun email Anda sudah berhasil terpasang di perangkat Android

Cara Membuat Email Baru di Gmail

Sebagai salah satu penyedia layanan email gratis yang memiliki pengguna terbanyak, Gmail menawarkan banyak sekali keuntungan. Salah satu yang pertama dan utama, adalah kemudahan dalam membuat email baru. Simak langkah-langkah berikut ini untuk membuat email baru di Gmail:

  1. Buka halaman Gmail melalui browser Anda
  2. Klik Buat Akun pada bagian kanan atas layar
buat email di gmail image 1
  1. Lengkapi form yang harus diisi, yang meliputi Nama Depan, Nama Belakang, dan nama alamat email yang Anda kehendaki. Perlu diingat, bahwa nama alamat email hanya bisa terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan titik
buat email di gmail image 2
  1. Setelah Google mengkonfirmasi bahwa nama alamat email yang Anda buat belum dimiliki oleh orang lain, masukkan kata sandi atau password yang Anda inginkan. Isikan konfirmasi password, kemudian klik Berikutnya
  2. Masukkan nomor telepon untuk verifikasi. Satu nomor telepon hanya bisa digunakan untuk pengaturan satu alamat email saja
  3. Setelah melakukan verifikasi dengan nomor telepon, silakan mengisi tanggal lahir Anda. Setelah itu pilih jenis kelamin Anda, lalu klik Berikutnya
  4. Saat dihadapkan dengan halaman Privasi dan Persyaratan, silakan scroll ke bawah, kemudian klik Saya Setuju
  5. Akun Gmail baru Anda pun siap untuk digunakan

Cara Membuat Email di Titan

Membuat email di Titan bisa Anda lakukan setelah melakukan setting DNS (MX dan SPF) ke Titan. Pembuatan akun email bisa Anda lakukan melalui halaman manage Titan, yang bisa Anda akses melalui Clientzone Rumahweb. Untuk mengetahui langkah-langkah membuat email di Titan, silakan baca di artikel ini.

Cara Membuat Email di Alimail

Untuk membuat alamat email di Alimail, Anda perlu terlebih dahulu mengarahkan record DNS. Pembuatan akun email bisa dilakukan melalui panel administrator Alibaba Mail yang bisa diakses melalui mail.namadomain. Untuk mengetahui lebih lengkap  langkah-langkah membuat email di Alimail, silakan baca di artikel ini.

Cara Membuat Email di cPanel

Akun email dengan nama domain Anda sendiri adalah fasilitas standard yang akan Anda dapatkan jika berlangganan layanan web hosting di Rumahweb. Untuk mengetahui cara lengkap mengelola akun email, termasuk membuat, menghapus, dan mengedit akun email melalui cPanel, silakan baca artikel ini.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana