Rumahweb Blog
Bugs WordPress 5.5 dan Cara Mengatasinya

Bugs WordPress 5.5 dan Cara Mengatasinya

WordPress versi 5.5 telah resmi dirilis pada tanggal 11 Agustus 2020 lalu. Versi ini hadir dengan beberapa perbaikan bugs dari versi sebelumnya, serta menghadirkan fitur baru yang cukup impresif pada block editor.

Beberapa poin perubahan yang signifikan, antara lain:
1. Block Editor : Penambahan fitur baru seperti block and patterns
2. Edit Image Inline : Proses editing ukuran, memilih gambar, replace hingga editing text pada gambar bisa dilakukan langsung dari panel editor
3. Tampilan Preview konten : Tersedia tiga pilihan preview yaitu Dekstop, Mobile dan Tablet.
4. Fitur pembaruan otomatis pada plugin

 

Bugs WordPress 5.5

Hadirnya beberapa fitur baru di atas membuat proses editing melalui WordPress akan semakin mudah dan cepat. Namun sayangnya, ditemukan bugs yang cukup fatal pada versi ini yaitu tidak mendukung script jQuery Migrate. Hal ini menyebabkan kerusakan yang cukup serius pada tampilan interaktif di website serta fitur block menjadi tidak berjalan dengan baik.

Seperti kita ketahui bersama, jQuery Migrate berfungsi untuk memberikan dukungan interaktif pada website. Sehingga, ketika WordPress tidak lagi mendukung library JavaScript ini, theme dan plugin yang membutuhkannya tidak dapat berjalan atau menampilkan hasil yang semestinya.

Pada kasus yang lain, ada beberapa website bahkan tidak bisa melakukan editing artikel atau posting pada website-nya, sehingga memerlukan plugin tambahan yaitu Classic Editor.

 

Solusi Mengatasinya

WordPress langsung merespons bugs tersebut dengan merilis versi terbaru mereka yaitu 5.5.1. Pada versi ini, WordPress telah memperbaiki dukungan library JavaScript jQuery Migrate serta memastikan beberapa fitur baru dari versi 5.5 dapat berjalan dengan baik.

Karena itu, kami sarankan kepada Anda yang masih menggunakan WordPress 5.5 untuk segera melakukan pembaruan ke versi 5.5.1. Upgrade ini bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui Dashboard atau cPanel. Untuk upgrade melalui Dashboard, Anda bisa mengikuti panduan berikut :

  • Login ke dashboard melalui namadomain/wp-admin
  • Klik menu Dashboard > Update
  • Lalu Klik tombol “Update Now” pada kolom “informational update WordPress.”

Sedangkan, jika Anda ingin melakukan update secara manual dari cPanel, Anda bisa mempelajarinya melalui link berikut: Cara Upgrade WordPress manual

Selain dengan melakukan pembaruan versi, sebenarnya ada cara lain untuk mengatasi bugs tersebut, yaitu dengan melakukan instalasi Plugin Enable jQuery Migrate Helper. Namun, cara ini kurang kami rekomendasikan, karena WordPress telah merilis versi penyempurnaannya.

Demikian artikel tentang Bugs pada WordPress versi 5.5, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Luthfi Hanif