Rumahweb Blog
banner blog - bidang usaha potensial di masa krisis korona

Bidang Usaha Potensial di Masa Krisis Korona

Krisis Corona yang belum kunjung usai membawa dampak yang lebih luas, tidak hanya kesehatan dan keselamatan jiwa manusia. Kebijakan penjarakan fisik (physical distancing) membuat beberapa bidang usaha mengalami penurunan omset yang drastis. Apabila krisis ini berlangsung lebih lama, tidak mustahil beberapa bidang usaha akan mengalami kebangkrutan dan gulung tikar.

Meskipun demikian, ada beberapa bidang usaha yang justru mengalami trend positif di masa krisis Corona ini. Pada artikel blog kali ini, Rumahweb Indonesia ingin berbagi informasi tentang bidang usaha potensial di masa krisis Corona.

1. Peralatan Kesehatan

Masker, hand sanitizer, dan cairan disinfektan adalah komoditas yang mengalami kenaikan permintaan dalam jumlah yang fantastis. Orang-orang memproduksi masker kain dan hand sanitizer homemade untuk memenuhi tingginya permintaan akan peralatan penunjang kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona.

2. Rempah-Rempah

Rempah-rempah mendadak menjadi primadona, karena dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh. Jahe mengalami lonjakan harga yang drastis, minuman herbal berbahan rempah laku keras.

3. Alat Perlindungan Diri (APD)

Alat Perlindungan Diri (APD) adalah komoditas yang mengalami lonjakan permintaan, khususnya untuk memenuhi kebutuhan tim medis dalam menangani pasien positif Covid-19. Menyambut tingginya permintaan APD, banyak penjahit rumahan yang banting stir memproduksi APD.

4. Kuliner Online

Seiring diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan anjuran untuk physical distancing, banyak usaha restoran yang mengalami penurunan secara drastis. Padahal, pada dasarnya kebutuhan makan masyarakat tidak mengalami penurunan.

Oleh karenanya, usaha kuliner online memiliki potensi yang cukup menjanjikan di tengah krisis Corona saat ini.

5. Telekomunikasi

Work From Home atau bekerja dari rumah (WFH) adalah strategi yang disarankan untuk menunjang kebijakan physical distancing dan mengurangi porsi kerumunan massal. Konsekuensinya, permintaan akan paket data meningkat untuk menunjang proses WFH.

Di hari-hari biasa orang cukup memakai paket data dengan kuota yang tidak terlalu besar, WFH mensyaratkan tersedianya paket data dengan kuota yang besar bahkan unlimited. Baca lebih detail tentang potensi usaha menjadi penyedia koneksi internet.

6. Jasa Titip (Jastip)

Jasa titip bisa menjadi alternatif solusi untuk mengaplikasikan physical distancing secara konsisten. Dengan jasa titip, jumlah orang yang harus keluar dan berkumpul di pusat perbelanjaan menjadi berkurang, sedangkan kebutuhan pokok tetap bisa terpenuhi.

Penutup

Para ilmuwan dan pemerintah dari semua negara di dunia sedang berjuang untuk menghadapi krisis Corona. Sampai saat ini belum ada perhitungan yang mampu mengukur secara pasti, kapan krisis ini akan berlalu dan kehidupan kembali normal seperti sediakala.

Sementara itu, dengan segala keterbatasan yang ada, kita harus terus bertahan dan berjuang untuk melangsungkan kehidupan. Semoga artikel blog kali ini bisa memberikan Anda sedikit pandangan mengenai bidang usaha yang potensial di masa krisis Corona. Semoga Anda semua selalu sehat dan semoga krisis ini lekas berlalu.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi