Rumahweb Blog
opengraph - 6 Fitur Website E-Commerce yang Wajib Dimiliki

6 Fitur Website E-Commerce yang Wajib Dimiliki

Tampilan website e-commerce yang user-friendly dapat memudahkan pengunjung ketika berselancar di website Anda. Mulai dari membaca konten blog, mencari produk yang ingin dibeli, mengisi form, dan lainnya.

Dalam membuat website, pertimbangkan juga fitur yang biasanya akan paling berguna bagi pengunjung. Terlebih bagi Anda yang memiliki website e-commerce, harus dipikirkan baik-baik unsur dan fitur apa saja yang hendak ditampilkan, agar memberikan user experience yang maksimal. Berikut adalah enam fitur yang wajib dimiliki oleh website e-commerce.

1. Desain menarik dan mobile-friendly

Visual adalah segalanya. Desain website yang menarik dapat memengaruhi jumlah pengunjung. Selain meningkatkan reputasi perusahaan, desain dapat membantu pengunjung memutuskan akan membeli produk tersebut atau tidak. 

Pastikan untuk selalu mengetahui tren terbaru dari desain website agar pengunjung tertarik untuk mengunjungi website Anda. Selain itu, pastikan website kompatibel dan dapat diakses dengan baik melalui PC, laptop, tablet, dan ponsel.

2. Informasi kontak yang akurat

Anda harus mencantumkan informasi kontak yang detail dan akurat. Menurut Komarketing, sekitar 44% pengunjung akan menutup sebuah website yang tidak memiliki informasi kontak.

Pastikan pengunjung dapat menghubungi Anda dengan mudah. Beri informasi kontak di header atau footer website. Selain itu, Anda juga dapat membuat halaman khusus yang memberikan informasi kontak perusahaan dengan lebih mendetail.

3. Testimoni pelanggan

Testimoni dari pelanggan yang sebelumnya sudah pernah membeli produk atau jasa Anda, dapat memberikan pengunjung rasa kepercayaan terhadap bisnis Anda. Pengunjung cenderung akan lebih memilih brand yang sudah terbukti digunakan oleh orang lain. 

Anda dapat mencantumkan beberapa review terbaik di homepage untuk menarik perhatian pengunjung. Selain itu, Anda juga dapat membuat halaman khusus yang berisi testimoni. Sebelum mencantumkan testimoni dari pelanggan, tanyakan terlebih dahulu kepada pelanggan tersebut, apakah Anda boleh mencantumkan nama asli atau perusahaan mereka di kolom testimoni.

4. Gambar yang jelas dan berkualitas tinggi

Berdasarkan usabilla.com, 90% informasi yang ditangkap oleh seseorang biasanya berasal dari visual. Oleh karena itu, Anda dapat menarik perhatian pengunjung baru dengan menggunakan gambar berkualitas tinggi di website.

Bagi Anda yang menjual suatu produk, pengunjung pasti ingin melihat foto asli dari produk yang dijual. Hal ini cukup penting, mengingat mereka tidak dapat melihat atau mencoba produk secara langsung.

Pertimbangkan untuk menyewa fotografer profesional untuk mengambil gambar produk, dan desainer profesional untuk mengedit gambar tersebut sebelum mengunggahnya ke website. Pastikan juga gambar cukup besar agar pengunjung dapat melihat produk tersebut dengan lebih detail

5. Konten blog

Selain bermanfaat bagi SEO, konten blog memiliki berbagai keuntungan bagi suatu bisnis, di antaranya:

  • Konten bermanfaat yang dapat dibagikan pada audiens melalui media sosial
  • Ranking SEO yang tinggi untuk beberapa target keyword
  • Membangun citra perusahaan
  • Terhubung dengan pembaca atau pengunjung website.

6. Akses ke akun media sosial

Berdasarkan Marketing Insider Group, sekitar 52% social media marketers meyakini bahwa media sosial dapat memberikan dampak positif terhadap penjualan produk. Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa orang-orang lebih suka mengunjungi media sosial karena lebih praktis dan mudah diakses.

Website yang terintegrasi dengan media sosial juga dapat meningkatkan rasa kepercayaan pengunjung. Oleh karena itu, pastikan Anda telah mencantumkan akun media sosial pada website di homepage atau halaman kontak.

Dalam membuat website, fitur-fitur yang disukai oleh pengunjung website harus menjadi salah satu pertimbangan yang penting. Tidak hanya akan berpengaruh pada penjualan produk, desain website yang menarik akan membantu membangun kepercayaan konsumen pada suatu perusahaan.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Agnes Sony Tianinda