Rumahweb Blog
banner blog - 5 Plugin WordPress untuk Berjualan

5 Plugin WordPress untuk Berjualan

WordPress adalah salah satu CMS yang paling banyak digunakan karena pengoperasiannya yang mudah. Anda dapat memanfaatkan website untuk blog pribadi, company profile,  maupun online shop dengan menginstall plugin dan theme yang sesuai.

WordPress memiliki banyak pilihan plugin sesuai dengan fungsinya masing-masing. Bagi Anda yang baru memulai usaha secara online, berikut 5 rekomendasi plugin WordPress yang dapat digunakan untuk ecommerce:

1. WooCommerce

woocommerce - 5 Plugin WordPress untuk Berjualan

WooCommerce adalah plugin yang paling banyak digunakan untuk membuat toko online. Plugin ini telah menyediakan berbagai fitur yang berguna, seperti metode pembayaran yang bervariasi, laporan penjualan, fitur kupon, dan sebagainya.

WooCommerce dapat digunakan secara gratis, namun terdapat biaya tambahan untuk beberapa tema dan ekstensinya.

2. WP Easy Cart

WP Easy Cart - 5 Plugin WordPress untuk Berjualan

Jika Anda merasa dipusingkan dengan berbagai add-on tambahan yang harus dibeli untuk menggunakan fitur-fitur lain di WooCommerce, maka plugin ini dapat menjadi alternatif lainnya.

Anda dapat menggunakan WP Easy Cart secara gratis, atau membayar biaya berlangganan secara premium dengan harga $99/tahun.

3. Easy Digital Downloads

Easy Digital Downloads - 5 Plugin WordPress untuk Berjualan

Easy Digital Downloads (EDD) adalah plugin yang dapat mendukung penjualan produk digital, misalnya ebook. EDD memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti shopping cart, customer management, kode diskon, dan laporan mendetail.

Anda dapat menambahkan berbagai extension untuk menunjang fungsinya, seperti opsi metode pembayaran, lisensi software, dan sebagainya.

Plugin ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Namun untuk menggunakan seluruh fitur dan ekstensi tambahan, Anda dapat membayar biaya berlangganan mulai dari $99/bulan.

4. Gumroad

Jika Anda adalah artis atau content creator yang ingin menjual produk fisik dan digital, maka Anda dapat menggunakan Gumroad

Tidak hanya membuat website ecommerce, Anda dapat menggunakan Gumroad untuk mengelola membership, newsletter, kerja sama, bahkan fundraising untuk peluncuran produk baru.

Gumroad dapat digunakan secara gratis, atau Anda dapat berlangganan dengan biaya $10/bulan untuk menikmati fasilitas tambahan yang ditawarkan oleh Gumroad.

5. Jobber

Jobber bisa dibilang sebagai all-in-one plugin. Anda dapat mengelola semuanya dengan plugin ini. Mulai dari membuat website, mengelola pembayaran, hingga mengatur jadwal staff.

Plugin Jobber dapat digunakan dengan biaya berlangganan mulai dari $29/bulan untuk 1 user. Namun jika Anda masih belum yakin, Jobber memberi kesempatan free trial selama 14 hari.

WordPress dikenal dengan banyaknya pilihan plugin yang disediakan, baik gratis maupun berbayar. Pastikan Anda sudah memahami seluruh fitur dan fasilitas yang ditawarkan sebelum memilih untuk membayar biaya berlangganan.

Jika Anda baru mulai membuat website, Anda dapat memesan WordPress Hosting melalui Rumahweb Indonesia yang menggunakan Plesk Panel dengan interface yang intuitive dan mudah dipahami. Layanan WordPress Hosting dapat dipesan dengan harga mulai dari Rp25.000/bulan untuk 1 cloudlet.

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda