Rumahweb Blog
4-Langkah-Membuat-Website-Anda-Lebih-Aman

4 Langkah Mudah Membuat Website Anda Lebih Aman

Website dapat difungsikan untuk blog pribadi, portal berita, company profile perusahaan atau komunitas, hingga toko online. Anda tidak perlu memahami bahasa pemrograman untuk dapat membuat website. Terdapat berbagai macam pilihan CMS, website builder dan plugin yang dapat memudahkan pembuatan dan pengelolaan website.

Dalam menarik pengunjung, atau konsumen baru, biasanya pemilik website akan berusaha untuk membuat website yang user-friendly dan cepat diakses. Namun, ada satu poin lagi yang sering terlewat untuk diperhatikan juga, yaitu keamanan website.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh GoDaddy kepada lebih dari 1.000 pemilik bisnis kecil atau UMKM, hampir separuhnya mengaku pernah mengalami kerugian finansial yang diakibatkan oleh peretasan.

Hasil riset tersebut membuktikan bahwa di samping menjamin data yang dimasukkan oleh pengunjung ke website Anda, keamanan website juga mengurangi potensi kerugian finansial yang mengintai. Berikut empat cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat website lebih aman :

1. Memilih Password yang Kuat

Tidak banyak orang yang menggunakan kombinasi huruf, angka, karakter, dan kapital sebagai password. Padahal, membuat password yang tidak mudah ditebak dapat menurunkan risiko peretasan.

Selain memilih kombinasi yang tidak mudah ditebak, hindari juga menggunakan satu password untuk beberapa akun sekaligus. Hal ini karena jika salah satu akun berhasil diretas, akan sangat mudah bagi pelaku untuk meretas akun Anda yang lainnya. 

2. Melakukan Security Check

Berinvestasi pada layanan keamanan adalah langkah yang tepat untuk menurunkan risiko website Anda diretas. Lakukan monitoring dan pengecekan website secara rutin untuk menghindari bahaya peretasan maupun malware.

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan, misalnya seperti Netsparker, Burp Suite, dan Vega.

3, Meng-update Informasi tentang Cybersecurity

Seiring dengan perkembangan teknologi, dunia cybersecurity juga terus mengalami perubahan dan perkembangan. Oleh karena itu, pastikan Anda tetap up-to-date dengan informasi terbaru mengenai cybersecurity dan cyberthreat.

Anda dapat membaca atau berlangganan blog mengenai cybersecurity seperti Sucuri Security atau Krebs on Security. Dengan memperbarui pengetahuan mengenai cybersecurity, Anda akan lebih waspada akan tren cyberthreat terbaru dan bagaimana cara menghindarinya.

4. Menginstal SSL untuk Website

Secure Socket Layer, atau SSL, berfungsi mengamankan informasi di website dengan membangun koneksi yang terenkripsi dari browser pengunjung ke web server.

Sertifikat SSL akan mengenkripsi data yang dimasukkan pengunjung ke server Anda, misalnya informasi alamat atau pembayaran yang dituliskan konsumen ketika melakukan pemesanan melalui website.

Selain mengamankan informasi dari pengunjung atau konsumen, SSL dapat mempengaruhi peringkat website di Google. Hal ini karena Google akan secara otomatis menandai website tanpa SSL sebagai “not secure”. Hal ini dapat berakibat website lebih sulit ditemukan di pencarian Google.

Memiliki SSL adalah salah satu langkah mudah yang dapat meningkatkan keamanan website, menambah kepercayaan konsumen, sekaligus mempengaruhi peringkat website di pencarian Google. Informasi layanan SSL murah bisa Anda dapatkan di Rumahweb.

Layanan hosting di Rumahweb sudah dilengkapi dengan fitur SSL gratis yang dapat langsung aktif. Selain itu, Rumahweb juga sudah menyediakan berbagai fasilitas keamanan seperti Web Application Firewall yang dapat mendeteksi, menangkal, dan melaporkan serangan hacker.

Demikian 4 langkah mudah membuat website Anda lebih aman dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana