Rumahweb Blog
banner blog - 4 Ide Bisnis Online yang Bisa Dijalankan dari Rumah

4 Ide Bisnis Online yang Bisa Dijalankan dari Rumah

Dalam situasi krisis, insting bertahan hidup membuat manusia cenderung bisa lebih berpikir kreatif. Pandemi COVID-19 membuktikan bahwa banyak jenis pekerjaan yang sebenarnya bisa dikerjakan dari rumah. Menyadari hal ini, kenapa tidak mencoba untuk memulai bisnis Anda sendiri dari rumah?

Tentu saja, bisnis berbasis rumahan sudah ada sejak lama. Namun, dengan semakin gencar digalakkannya adaptasi kebiasaan baru, bisnis rumahan diproyeksikan akan semakin banyak jenisnya, menjamah ranah yang sebelumnya tidak umum dianggap sebagai “bisnis rumahan.” Hal ini diprediksi akan terjadi, dengan pertimbangan faktor-faktor seperti:

  • Praktik social distancing atau penjarakan sosial akan menjadi norma sehari-hari
  • Lebih banyak orang akan berbelanja secara online
  • Lebih banyak orang mencari aktivitas hiburan secara online

Maka, jika dari dulu Anda bermimpi untuk memiliki bisnis rumahan sendiri, inilah waktu yang tepat untuk mewujudkannya. Langkah terpenting yang harus dilakukan pertama adalah menemukan ide bisnis online yang cocok dengan kemampuan dan kelebihan diri yang Anda miliki, sehingga bisa dieksekusi dengan sukses.

Jika masih mencari-cari inspirasi, berikut adalah 4 ide bisnis online yang bisa Anda jalankan dari rumah.

1. Technical Support secara Remote

Banyak bisnis berskala kecil yang tidak mampu mempekerjakan staf IT tetap. Padahal untuk bisnis online, IT adalah salah satu departemen yang memerlukan maintenance. Otomatis, mereka pun akan memerlukan SDM tambahan untuk melakukannya. Jika Anda adalah seorang tech geek dan punya pengalaman bekerja di bidang perkomputeran dan IT, ini bisa jadi peluang bisnis rumahan Anda.

Di samping memiliki internet service yang stabil dan high-speed, pengalaman, pengetahuan, dan skill networking merupakan hal-hal yang wajib dimiliki jika ingin membuka bisnis technical support dari rumah.

Untuk merintis bisnis ini, mulailah dengan menghubungi orang-orang terdekat Anda yang memiliki bisnis online, dan menawarkan jasa yang sesuai dengan kebutuhan IT bisnis mereka.

2. Bakery

Seperti yang sudah banyak ditemukan di media sosial akhir-akhir ini, jika Anda punya bakat dalam hal tata boga utamanya membuat kue, bisnis bakery bisa cukup menguntungkan. Sama halnya dengan bisnis online lainnya, Anda pun perlu mendaftarkan domain dan membuat website yang menarik untuk memasarkan bakery Anda, lengkap dengan shopping cart dan display produk yang menggugah selera.

Buatlah produk bakery yang paling menonjolkan keahlian Anda, dan kalau bisa unik dan belum banyak dijual di pasaran. Setelah mencari nama yang catchy dan mudah diingat untuk bisnis Anda, jangan lupa upload produk jualan Anda beserta deskripsi, harga, kontak, dan informasi pengiriman. Dalam bisnis bakery rumahan, konsistensi dan kreativitas memegang peran yang amat penting.

3. Jasa Menulis dan Menyunting Tulisan

Seiring dengan semakin banyaknya pengelola website yang membutuhkan pasokan konten-konten unik dan berguna untuk menarik pengikut online, semakin banyak pula permintaan untuk pekerjaan penulis freelance. Kunci untuk sukses sebagai penulis freelance adalah dengan menemukan klien yang tepat, di mana Anda bisa bekerja dalam project-project yang sesuai dengan skill menulis Anda. Harapannya, dengan klien yang cocok, Anda akan memiliki hubungan kerja yang konstan dan panjang.

Kebanyakan pemilik website lebih memilih untuk menyewa penulis yang memiliki spesialisasi dalam bidang atau tema tertentu, ketimbang penulis generalist. Maka, alangkah baiknya sejak awal Anda sudah menentukan mau fokus di bidang apa: bisnis, gaya hidup, olahraga, hiburan,atau mungkin teknologi.

Produk aktivitas menulis bisa dalam bentuk yang beragam, mulai dari artikel, materi marketing, hingga naskah untuk video. Jika Anda cukup ahli dalam hal tata bahasa, bukan tidak mungkin klien akan membayar Anda lebih untuk sebagai penyunting atau editor freelance.

Beri nama jasa menulis yang Anda jalankan ini sama persis dengan nama domain website yang Anda buat untuk mempromosikannya, agar menciptakan impact yang maksimal. 

4. Web Designing

Dengan semakin banyaknya bisnis konvensional yang go online, kesempatan kerja untuk web dan grafis desainer tentu akan tambah banyak. Selain memiliki skill dasar dalam mendesain, paham akan berbagai gaya estetik juga diperlukan agar mampu membuat desain web yang tak hanya menarik tapi juga fungsional untuk klien yang beragam. Merintis bisnis web design membutuhkan investasi yang harus disisihkan di muka, terutama untuk membeli software desain.

Anda pun perlu membuat business plan yang rinci, dengan tak lupa mencantumkan jenis jasa, target market, dan financial goals. Sangat penting untuk memiliki website untuk menunjukkan portofolio Anda agar bisa dilihat oleh calon klien.

Sebagai web designer, Anda pun perlu membangun jaringan yang kuat dengan penyedia-penyedia jasa lain yang terkait. Beberapa pekerjaan terkait yang wajib Anda jalin hubungan baiknya antara lain web writer, graphic designer, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang berhubungan dalam pengembangan sebuah website.

Tunggu apa lagi?

Kendati ada banyak ide-ide bisnis online lainnya yang bisa dijalankan dari rumah, empat yang kami sebutkan di atas adalah ide yang realistis, mudah untuk merintisnya, dan hanya memerlukan investasi dengan jumlah yang relatif kecil. Manfaatkanlah masa-masa adaptasi kebiasaan baru ini untuk membangun bisnis online Anda yang selama ini telah Anda impikan!

Berikan Komentar

Catra Wardhana