Rumahweb Blog
10 Plugin Membership WordPress Terbaik

10 Plugin Membership WordPress Terbaik

Sebagai CMS, WordPress populer dan banyak digemari karena kemampuannya yang mumpuni dalam menawarkan solusi untuk segala macam kebutuhan dalam membangun website. Secara native, WordPress memungkinkan untuk mengklasifikasikan user dengan tingkat kontrol yang berbeda. Hal ini tak hanya jadi solusi yang bagus bagi situs membership, tapi juga bagi siapa saja yang tertarik untuk memonetisasi setiap konten yang dibuat.

Jika Anda sedang merencanakan hal itu untuk website yang tengah Anda kelola, berikut ini kami berikan 10 rekomendasi plugin membership WordPress terbaik yang bisa dipilih. Plugin-plugin ini dipilih tak hanya karena memiliki fitur yang lengkap, tapi juga punya sifat yang unik karena bisa menjadi solusi untuk situasi-situasi yang tidak biasa.

1. MemberPress

Plugin MemberPress - 10 Plugin Membership WordPress Terbaik

MemberPress merupakan plugin membership populer yang sudah sangat well-supported, di mana di dalamnya sudah termasuk semua fitur standar yang Anda harapkan, plus beberapa fitur tambahan yang berguna.

Anda bisa membuat unlimited membership level dengan banyak pilihan periode uji coba dan cara pembayaran. Anda bahkan bisa mengkategorisasikan tingkat membership yang berbeda ke dalam “Membership Groups.”

Konten bisa dibatasi aksesnya dengan berbagai cara. Anda bisa membatasi seluruh kategori atau membuat child pages, atau Anda bisa membatasi bagian-bagian dari post-post tertentu saja. Anda pun bisa membatasi akses ke file-file individu untuk membantu Anda mengatur lalu lintas download.

MemberPress akan memberikan Anda berbagai jenis laporan, sehingga bisa mengetahui bagaimana performa situs membership Anda.

2. Restrict Content Pro

Restrict Content Pro - 10 Plugin Membership WordPress Terbaik

Restrict Content Pro merupakan salah satu nama paling besar jika berbicara soal plugin membership. Plugin ini memungkinkan Anda untuk membuat unlimited subscription levels. Anda bisa memilih antara Free, Trial, dan Premium Subscription, yang artinya menawarkan Anda sebagai pengelola fleksibilitas pengaturan yang baik.

Anda pun bisa fleksibel mengatur masalah pricing. Untuk membership berbayar, Anda dapat memilih untuk membebankan biaya tertentu untuk jangka waktu tertentu, serta pilihan untuk membebankan biaya tertentu untuk satu kali pembayaran saja. Kombinasi ini memungkinkan terjadinya beberapa struktur harga yang menarik. Misalnya, Anda dapat mengenakan biaya Rp 50.000 per bulan dengan biaya pendaftaran Rp 100.000 yang dibayarkan sekali saja di muka.

Jika pengguna ingin beralih ke paket lainnya, mereka dapat dengan mudah meningkatkan atau menurunkan level berlangganan, dengan jumlah yang sudah dibayarkan diprorata ke paket baru yang dipilih. Tidak banyak plugin membership lain yang menawarkan fungsi ini.

3. Paid Membership Pro

Paid Membership Pro - 10 Plugin Membership WordPress Terbaik

Paid Membership Pro adalah plugin membership powerful, yang ideal untuk Anda yang ingin membuat website berlangganan dengan fitur yang kaya. Satu aspek yang menonjol dari plugin ini, ialah adanya dedicated WordPress theme mereka sendiri. Mengingat kebanyakan plugin membership tidak memiliki theme dengan tampilan yang bagus.

Paid Membership Pro memiliki fleksibilitas pengaturan level dan cara pembayaran yang hampir sama dengan dua plugin sebelumnya. Satu hal berguna yang dimiliki oleh Paid Membership Pro, adalah bahwa plugin ini bisa menampilkan kutipan dari konten berbayar untuk bisa dilihat oleh pengunjung non-member. Anda pun bisa memilih untuk menampilkan ads ke member level tertentu, dan menyembunyikannya untuk member level lainnya. Jadi, Anda bisa menampilkan ads hanya untuk pengunjung yang free membership, dan menyembunyikannya untuk para member premium.

4. Paid Member Subscription

Paid Member Subscription - 10 Plugin Membership WordPress Terbaik

Paid Member Subscription merupakan plugin membership WordPress yang ringan tapi tetap fleksibel, yang hadir dalam versi gratis sekaligus dua versi premium yang memiliki banyak fitur ekstra.

Versi gratisnya akan memberikan Anda akses ke banyak fungsionalitas, yang bisa menjadi pilihan jika bujet Anda terbatas. Tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, Anda sudah bisa melakukan:

  • Membuat berbagai level keanggotaan
  • Membebankan biaya untuk level keanggotaan yang berbeda-beda, kendati versi gratis hanya memungkinkan Anda untuk menerapkan one-time payment
  • Membatasi akses konten berdasarkan level keanggotaan user
  • Membuat front-end member registration dan login form

Dengan fitur-fitur ini saja, Anda sebenarnya sudah bisa membuat website membership sederhana yang berfungsi dengan baik.

5. MemberMouse

MemberMouse-WordPress-Membership-Plugins-BW

MemberMouse merupakan salah satu plugin membership dengan fitur yang paling kaya. Fitur yang paling menonjol dari MemberMouse, adalah bahwa plugin ini memungkinkan Anda untuk membuat membership levels dan bundles. Membuat membership levels adalah kemampuan yang sudah wajar dimiliki oleh banyak plugin membership lainnya, namun bundles akan memungkinkan Anda menjual suatu post (atau sekumpulan post) secara satuan, dan tidak bersifat paket bulanan.

6. iThemes Exchange Member

iThemes-Exchange-Membership-Add-On-WordPress-Membership-Plugins-BW

Tidak seperti 5 plugin membership sebelumnya, iThemes Exchange Membership bukan lah plugin yang berdiri sendiri. Alih-alih, ini merupakan add-on dari plugin Exchange eCommerce milik iThemes.

iThemes Exchange Membership memungkinkan Anda untuk mengatur membership levels yang unlimited. Seperti Restrict Content Pro, jika user ingin berganti level langganan, biaya yang dibayarkan juga akan dipindahkan secara otomatis. Yang menarik, Anda bisa membuat hirarki keanggotaan, sehingga anggota level tertentu bisa menjadi bawahan dari level keanggotaan yang berbeda. Untuk pembatasan akses konten, Anda bisa mengaturnya berdasarkan post ataupun halaman, maupun kategori dan tag.

7. Magic Members

Magic-Members-WordPress-Membership-Plugins-BW

Magic Members memiliki tampilan yang jadul, hampir seperti website yang dibuat di dekade 90an. Namun, dibalik interface-nya yang kuno, plugin ini memiliki banyak fitur yang berguna.

Seperti biasa, Anda bisa membuat unlimited membership levels dengan pilihan trial dan pricing yang beragam. Anda pun bisa mengelola para member secara mudah melalui satu dashboard yang sangat fungsional.

Selain kemampuan pengaturan pembatasan akses konten yang fleksibel dan pilihan pay per post, Magic Members memiliki satu fitur yang penting: download manager. Dengan adanya download manager, maka Anda bisa mencegah user tidak bertanggung jawab mengunduh file dari website Anda. Magic Members bahkan memiliki fitur yang bisa mencegah satu akun digunakan oleh banyak orang.

8. s2Member

s2Member merupakan plugin membership WordPress gratis yang populer. Untuk ukuran plugin gratis, s2Member terbilang menawarkan fitur yang cukup banyak. Selain fitur standar soal level keanggotaan dan paket harga yang berbeda-beda, untuk urusan pembatasan konten, plugin ini mampu sudah mampu membatasi BuddyPress, fragmen URL tertentu, serta potongan spesifik tertentu yang ada di dalam sebuah post yang utuh. Bahkan Anda bisa membatasi streaming media dan download file.

Anda pun akan mendapatkan tools berguna seperti template email, custom login halaman Selamat Datang, IP restrictions, dan brute-force protection.

9. WooCommerce Membership

WooCommerce Membership juga bukan lah plugin yang berdiri sendiri, ia dibangun di atas WooCommerce. Karena keterkaitannya dengan WooCommerce, menggunakan plugin ini akan memberikan Anda beberapa opsi menarik terkait pengaturan keanggotaan. Anda bisa menjual membership sebagai satu produk tersendiri, atau menjadikannya sebagai paket jika pembeli membeli produk lain. Misalnya, Anda bisa menjadikan siapa saja yang membeli buku yang Anda jual sebagai member, sehingga mereka bisa mengakses konten-konten berbayar lainnya.

10. WP-Member

Meskipun tersedia yang versi gratis, untuk bisa menggunakan fitur-fitur yang Anda inginkan di WP-Members, Anda perlu untuk membeli versi berbayarnya. Tapi jangan khawatir, harga yang dibanderol masih terbilang sangat terjangkau.

Secara default, cara kerja WP-Members justru berkebalikan dengan plugin-plugin lainnya. Alih-alih membatasi akses konten-konten tertentu, WP-Members akan membatasi semua konten Anda. Anda lah yang harus mengatur konten mana yang bisa diakses oleh semua orang.

WP-Members memudahkan Anda untuk menambahkan custom registration dan login forms secara spesifik ke situs membership saja. Anda bisa memanfaatkan tools ini untuk membuat URL khusus untuk halaman registrasi.

Demikian 10 Plugin membership WordPress terbaik dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana