Rumahweb Blog
banner blog - Mengetahui Perbedaan SEO dan CRO

Mengetahui Perbedaan SEO dan CRO

Memiliki traffic website yang tinggi tentu menjadi keinginan bagi para pemilik website. Namun dalam dunia bisnis, tingginya traffic website tidak serta merta akan menjamin produk Anda laris terjual. Belum banyak yang tahu bahwa selain SEO, CRO juga dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan dari tingginya traffic website. Dengan demikian, Anda harus terlebih dahulu mengetahui perbedaan SEO dan CRO agar website semakin optimal untuk pemasaran produk Anda.

Perbedaan SEO dan CRO

Secara sederhana, SEO (Search Engine Optimization) adalah praktik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic ke website Anda melalui pencarian organik. Sedangkan CRO (Conversion Rate Optimization) adalah praktik menaikkan tingkat konversi dalam setiap iklan atau aktivitas pemasaran lainnya yang memiliki tujuan untuk membuat seseorang mengambil tindakan.

Dengan kata lain, jika SEO menarik pengunjung ke website Anda, maka CRO akan mengubah pengunjung tersebut menjadi pelanggan.

Untuk menunjang perkembangan bisnis online Anda, SEO dan CRO harus dijalankan secara beriringan. Agar keduanya dapat terakomodir, Anda dapat menggunakan keyword yang lebih spesifik pada setiap artikel yang diunggah ke website.

Misalnya, ketika Anda menjual produk sepatu. Jika keyword yang dimasukkan hanya “sepatu lari”, maka besar kemungkinan audiens yang mengakses situs Anda hanya melakukan window shopping atau hanya melihat-lihat tanpa  membeli.

Berbeda jika Anda juga menambahkan keyword “sepatu lari pria” atau “sepatu lari pria warna putih.” Biasanya, audiens yang mencari dengan kata kunci lebih spesifik adalah audiens yang sudah siap untuk membeli. Dengan demikian, kemungkinan Anda mendapatkan konsumen akan lebih tinggi.

SEO dan CRO adalah dua elemen yang penting untuk website Anda. Dengan melakukan optimasi keduanya, Anda akan dapat meningkatkan traffic website, sekaligus menaikkan penjualan. Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam melakukan optimasi, Rumahweb Indonesia menyediakan tools optimasi SEO yang sangat kami rekomendasikan. Anda bisa mendaftar trial layanan Ranking Coach secara gratis, untuk mendapatkan pengalaman optimasi search engine yang efektif. 

Demikian artikel tentang mengetahui perbedaan SEO dan CRO, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda