Rumahweb Blog
banner blog - Apa itu Landing Page adalah

Landing Page: Pengertian, Contoh dan Cara Membuatnya

Salah satu keuntungan dari membawa bisnis Anda online, adalah adanya banyak pilihan cara yang bisa ditempuh untuk mengembangkannya. Beberapa cara yang paling umum dilakukan, di antaranya adalah dengan membuat landing page, akun media sosial, dan memasang iklan di Google Ads.

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi informasi tentang pengertian landing page serta bagaimana cara membuatnya. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Landing Page?

Secara umum, landing page adalah halaman website yang dibuat secara khusus untuk pemasaran dan bertujuan mempersuasi pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan.

Melalui landing page, Anda dapat mengarahkan pengunjung website ke profil e-commerce atau kontak lain untuk melakukan pemesanan produk. Contohnya, seperti berikut:

contoh landing page adalah seperti pada gambar ini

Pada contoh tersebut, terdapat CTA yang jelas, yaitu “Ikuti Skin Test”. Tujuannya adalah mengajak pengunjung untuk mengisi survei kondisi kulit wajah. Pengunjung kemudian akan diarahkan untuk mendaftar menggunakan email dan memesan produk sesuai dengan hasil survei yang sudah diisi sebelumnya.

Tujuan membuat Landing Page

Untuk dapat memanfaatkan landing page secara maksimal, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan dan terapkan. Berikut adalah beberapa strategi optimasi landing page yang bisa Anda ikuti:

1. Memiliki Tujuan yang Jelas

Berbeda dengan homepage yang dapat menawarkan berbagai kategori, landing page adalah sebuah halaman yang lebih berfokus pada satu kategori saja. Dengan itu, diharapkan pengunjung dapat mengetahui secara langsung produk apa yang ditawarkan dan mengapa mereka harus membeli produk tersebut.

Beberapa konten yang dapat dicantumkan pada landing page adalah sebagai berikut:

  • Headline yang jelas
  • Call-To-Action (CTA)
  • Gambar yang relevan dengan kualitas tinggi

2. Konten Social Proof

Konten ini dapat meningkatkan kredibilitas bisnis dan dapat menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh pengunjung sebelum melakukan pemesanan.

Beberapa konten social proof yang dapat ditambahkan antara lain:

  • Review
  • Testimoni
  • Rekomendasi Pelanggan Lama
  • Penghargaan
  • Media Mention (as featured in)
  • Endorse atau rekomendasi dari influencer dan selebritas

Konten ini dapat digunakan sebagai headline, sub-headline, copy CTA, atau sebagai support content pada bagian bawah website.

3. Optimalisasi untuk tampilan mobile

Saat ini, ponsel merupakan gawai paling esensial yang hampir dimiliki oleh semua orang, yang digunakan sehari-hari untuk mengakses media sosial dan melakukan browsing. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan optimalisasi pada tampilan mobile landing page Anda.

Hal ini bertujuan agar website bisa tampil maksimal tak hanya ketika diakses oleh pengunjung melalui PC, melainkan lewat ponsel juga.

Contoh Landing Page template

Bagi pengguna hosting murah di Rumahweb, Kami menyediakan berbagai theme dan plugin builder yang bisa Anda gunakan untuk membuat landing page secara gampang. Kami menyediakan theme Divi, GeneratePress, StudioPress hingga Elementor PRO gratis untuk penggunakan layanan hosting Rumahweb.

Berikut beberapa contoh Landing page yang bisa Anda gunakan, dengan theme/plugin premium yang telah kami sediakan untuk Anda, Gratis.

1. Divi

Salah satu theme WordPress yang sering digunakan untuk membuat landing page adalah Divi theme. Selain karena memiliki banyak layout, Divi juga sangat mudah digunakan untuk membuat tampilan website kelas dunia. Tersedia desain dengan foto dan grafik asli, yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Contoh Landing page Divi bisa Anda lihat pada halaman berikut: Divi Layout Packs

2. GeneratePress

GeneratePress adalah salah satu WordPress theme yang memiliki fokus pada kecepatan dan fungsionalitas. Selain sangat mudah untuk digunakan, GeneratePress juga memiliki design yang lengkap dan menarik.

Contoh layout GeneratePress bisa Anda lihat pada halaman berikut: Site Library

3. Elementor PRO

Plugin Elementor menjadi salah satu plugin yang paling banyak di install oleh pengguna WordPress di seluruh dunia. Tercatat lebih dari 5 juta website aktif yang menggunakan plugin ini. Selain karena mudah digunakan, template elementor juga sangat banyak. Terlebih bagi Anda yang menggunakan lisensi Elementor PRO.

Ada ratusan template yang siap digunakan untuk membuat landing page sesuai dengan kebutuhan Anda. Contoh template yang tersedia bisa Anda lihat pada link berikut: Elementor Library

4. StudioPress

StudioPress merupakah salah satu theme yang memiliki fitur cukup lengkap untuk membuat tampilan website kelas dunia. Selain memiliki puluhan template yang siap digunakan, StudioPress juga melengkapi editing buildernya melalui fitur Block.

Dengan fitur Custom Block ini, Anda akan semakin mudah melakukan editing layout sesuai dengan kebutuhan. Contoh layout pada StudioPress bisa Anda lihat melalui link berikut: Theme StudioPress

Cara membuat landing page di WordPress

Ada banyak cara membuat landing page untuk tampilan website. Berikut kami sampaikan beberapa cara membuat landing page pada CMS WordPress serta SitePro yang tersedia di Rumahweb.

1. Cara membuat landing page dengan Divi themes

Setelah Anda berhasil menginstall WordPress dan theme Divi, selanjutnya Anda bisa membuat landing page melalui fitur premade layout yang telah tersedia. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan, untuk menggunakan premade layout pada Divi.

  • Login ke wp-admin WordPress
  • Klik menu Pages > Add new
  • Tekan tombol ‘Use Visual Builder’
  • Setelah itu akan muncul popup “Load From Library”. Pada pop up ini Anda dapat melihat seluruh pre-made layouts yang ada di dalam Divi.
  • Tinggal pilih premade layout yang ingin Anda gunakan.

Detail informasi tentang cara penggunaan premade layout pada Divi, bisa Anda pelajari melalui artikel berikut: Cara Menggunakan Premade Layouts di Theme Divi

2. Cara membuat landing page dengan Elementor

Setelah mengaktifkan plugin Elementor di WordPress, Anda sudah bisa membuat page atau post dengan plugin elementor tersebut untuk membuat landing page. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat landing page dengan elementor.

  • Login ke Dashboard WordPress Anda
  • Klik menu Pages > Add new
  • Ubah setting page attribute pada sidebar, lalu pilih ‘Elementor Canvas’.
  • Setelah itu silahkan klik menu ‘Edit with Elementor’
  • Pada halaman edit Elementor, silahkan tekan tombol “folder”. Nantinya, akan muncul thumbnail design atau template landing page yang telah disediakan oleh Elementor.
  • Pilih salah satu layout landing page yang Anda sukai, lalu klik ‘gets started’.
  • Bagi Anda yang belum memiliki akun Elementor, silahkan lakukan registrasi untuk menghubungkan akun Anda dengan elementor. Namun jika sudah, setelah klik tombol get started akan langsung ditampilkan contoh layout yang dipilih.
  • Selanjutnya, Anda tinggal mengganti design dengan gambar atau text yang Anda inginkan.
  • Langkah terakhir, jangan lupa klik tombol publish untuk mempublikasikan landing page yang Anda buat.

Cara membuat landing page dengan elementor kami bahas lebih lengkap pada artikel berikut: Cara Membuat Landing Page Dengan Elementor di WordPress

3. Cara membuat landing page dengan Brizy

Brizy adalah salah satu plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat landing page secara gratis. Fitur Brizy cukup lengkap untuk membuat landing page yang profesional. Selain itu, semua template yang tersedia sudah mobile friendly.

Untuk membuat landing page di WordPress dengan Brizy, bisa Anda pelajari melalui artikel: Membuat Landing Page Menggunakan Site Builder Brizy

4. Cara membuat landing page dengan SiteOrigin

SiteOrigin adalah salah satu plugin website builder berbasis CMS WordPress, yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif pembuatan landing page. Sedikit berbeda dengan plugin lainnya, SiteOrigin Page Builder menggunakan basis kolom dan widget untuk membuat landing page. Kelebihan dari basis kolom dan widget ini, akan menghasilkan landing page yang responsif serta lebih akurat ketika diakses dengan berbagai device.

Panduan membuat landing page dengan SiteOrigin ini bisa Anda baca melalui artikel berikut: Membuat Landing Pages Menggunakan Page Builder by SiteOrigin Pada WordPress

Demikian artikel kami tentang apa itu Landing page. Kami berharap dengan tampilan website yang keren dan menarik, website Anda akan semakin banyak dikunjungi dan usaha Anda semakin berkembang.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 8

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Agnes Sony Tianinda