Rumahweb Blog
Banner Artikel - YouTube Desktop Dashboard - Pengertian, Cara Login dan Fiturnya

YouTube Desktop Dashboard: Pengertian, Cara Login dan Fiturnya

YouTube Desktop Dashboard adalah salah satu fitur untuk memudahkan Anda melihat performa channel pada akun YouTube. Anda bisa mengetahui siapa saja yang menyukai dan melihat postingan Anda tanpa mengeceknya secara manual. YouTube desktop ini mudah cara  login-nya.

Menggunakan YouTube Desktop juga lebih praktis karena fitur ini dilengkapi dengan berbagai fungsi yang akan memudahkan pemilik akun mengetahui data-data berdasarkan metrik yang jelas.

Untuk mengetahui secara lengkap pengertian YouTube Desktop Dashboard, Anda bisa langsung melanjutkan membaca artikel berikut. 

Apa itu YouTube Desktop Dashboard?

YouTube Desktop Dashboard adalah sebuah tool yang mampu meningkatkan performa akun YouTube. Cakupan YouTube Desktop Dashboard lebih luas dibanding YouTube Analytics. 

Anda tidak hanya dapat melihat statistik konten saja, tetapi juga perkembangan terkini dari akun YouTube Anda. Bagi Anda yang ingin berkarir sebagai YouTuber, tools ini sangatlah cocok dimiliki karena lebih praktis. 

Menggunakan YouTube Desktop juga merupakan salah satu sarana strategi marketing bagi Anda yang ingin melakukan riset mengenai topik ter-update yang sedang terjadi di Youtube. 

YouTube Desktop Dashboard bisa dibilang penting dimiliki oleh Creator YouTube. Adapun beberapa manfaat dari YouTube Studio Desktop, di antaranya;

  • Memudahkan user dalam mengevaluasi perkembangan channel YouTube.
  • Lebih mudah mengetahui performa channel melalui metrik yang tepat sasaran, salah satunya, Anda bisa melihat durasi pengunjung yang melihat konten Anda.
  • Memudahkan user dalam membuat konten yang paling disuka oleh audiens.
  • Memberi inspirasi dalam membuat konten-konten yang menarik. 

Dengan beberapa manfaat tersebut, tentu Anda yang tertarik menjadi YouTuber maupun ingin mengembangkan bisnis melalui YouTube bisa dengan mudah mengoptimalkannya. 

Baca Juga: 8 Aplikasi Download Video YouTube Terbaik

Cara login ke YouTube Desktop pun sangat mudah, jadi mengapa Anda tidak mencobanya?

Cara Login ke YouTube Desktop

Anda baru bisa menggunakan YouTube desktop dengan cara login terlebih dulu.

1. Login ke Akun YouTube 

Pastikan Anda sudah login ke akun Gmail pribadi Anda. 

youtube desktop login

2. Masuk ke YouTube Studio

Selanjutnya, Anda bisa langsung masuk ke YouTube Studio. Menu ini terletak di bagian profile YouTube Anda, tepatnya di pojok kanan atas. 

youtube desktop login

Baca Juga: 5 Aplikasi Download Lagu Gratis dari Berbagai Platform

3. Klik Menu Dashboard

youtube desktop login

Langkah selanjutnya tinggal meng-klik menu dashboard pada Youtube Studio. Anda sudah bisa langsung mengakses YouTube Desktop Dashboard dan melihat performa channel Anda. 

Itulah cara login ke YouTube desktop. Anda bisa memulai YouTube Desktop Dashboard sedari sekarang. 

Fitur pada YouTube Desktop Dashboard

Semakin Anda paham seputar YouTube desktop, tentu Anda penasaran dengan fitur-fiturnya. Berikut beberapa fitur pada YouTube Desktop Dashboard yang wajib Anda ketahui;

1. Analytic Channel

Analytic Channel akan menunjukkan performa channel dalam sebulan terakhir. Fitur ini meliputi jumlah subscriber, views, serta video yang paling banyak ditonton, hingga berapa lama waktu yang digunakan untuk mengunjungi channel Anda.

2. Panel Berita

Dengan adanya fitur ini, maka YouTube akan mengirimkan berbagai kabar atau berita paling update  seputar konten yang sedang populer atau trending

3. Performa Terkini

Pada bagian ini, Anda bisa dengan mudah memantau ringkasan pada performa video terbaru seperti jumlah view, melihat ranking, hingga average view duration

4. Komentar Terkini

Fitur komentar terkini akan menunjukkan beberapa komentar paling baru dari pengunjung yang belum Anda balas, sehingga tidak ada satu pun komentar yang terlewat. 

5. Postingan Terkini

Fitur akan menunjukkan interaksi di postingan Youtube Community. Namun, postingan terkini ini hanya akan muncul kalau Anda pernah menggunakan tab pada Community tersebut. 

6. Masalah Umum (Known Issues)

Sosial media pasti selalu ada kendala. Anda tidak perlu khawatir, karena YouTube Desktop Dashboard memiliki fitur Masalah Umum (Known Issues), di mana Anda akan mendapatkan pemberitahuan jika ada gangguan pada YouTube. 

YouTube Dashboard juga merupakan tools yang sangat membantu pemilik bisnis dalam memanfaatkan konten video. Jika Anda yang tertarik untuk menggunakan ingin mengaktifkan YouTube Desktop, maka Anda juga mencoba bisa login terlebih dulu.

Satu hal yang perlu diingat adalah YouTube Desktop Dashboard hanyalah sebuah tool untuk membantu memantau performa channel YouTube Anda saja. Jadi, Anda juga harus tetap berusaha melakukan berbagai strategi promosi agar channel YouTube semakin populer.

Salah satu cara promosi bisnis yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan website. Bagi Anda yang ingin kami bantu buatkan website bisnis, percayakan kepada Rumahweb yang bisa membantu Anda untuk membuat website sampai jadi dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah penjelasan singkat seputar YouTube Desktop Dashboard, cara login dan fiturnya. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Ananta Fitriyani Prihatiningrum