Rumahweb Blog
banner blog - Website Tidak Bisa Diakses, Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya

Website Tidak Bisa Diakses : Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya

Secara de facto, website telah menjadi salah satu sarana branding paling penting dari sebuah produk di era digital saat ini. Website menjadi representasi dari sebuah produk : Sebaik apapun kualitas produk yang Anda miliki, orang akan cenderung memandang sebelah mata, apabila belum Anda buatkan website.

Selayaknya produk buatan manusia pada umumnya, acapkali terjadi masalah pada website yang menyebabkan tidak bisa diakses. Sebagai pemilik website, Anda mungkin panik. Terutama sekali ketika orang atau jasa pembuatan website yang Anda gunakan, susah atau bahkan tidak bisa dihubungi. Apa yang bisa dan harus Anda lakukan?

Pada prinsipnya, kendala akses pada website bisa terjadi karena beberapa faktor. Secara garis besar kendala akses pada website disebabkan oleh 4 faktor, yaitu :

1. Masalah Koneksi

Masalah koneksi adalah faktor paling umum dan paling banyak terjadi. Indikasi utamanya adalah Anda tidak bisa mengakses website dengan pesan error This site can’t be reached. Ketika Anda menjumpai error tersebut, cobalah akses kembali website memakai koneksi internet yang berbeda (contoh : dari koneksi seluler di Android).

Kalau akses dari koneksi yang berbeda sukses, berarti ada masalah dengan koneksi sebelumnya. Segera hubungi layanan hosting yang Anda pergunakan untuk melakukan analisa dan memberikan solusi. Kasus yang paling sering terjadi adalah IP koneksi internet Anda terblokir di firewall server karena beberapa hal. Selain itu, bisa juga sedang terjadi masalah interkoneksi dari ISP (provider layanan internet) yang Anda pakai dengan server hosting website milik Anda.

2. Masalah Domain

This site can’t be reached tidak hanya disebabkan oleh masalah koneksi internet. Pesan error tersebut bisa juga disebabkan karena domain Anda bermasalah. Selain pesan this site can’t be reached, indikasi lain yang menandakan ada masalah pada domain antara lain pesan this domain name expired dan tampilan halaman mercusuar.

Secara spesifik, masalah pada domain meliputi :

– Konfigurasi DNS yang belum benar

– Domain suspended

– Masa aktif domain expired

Masalah pada domain bisa Anda selesaikan dengan menghubungi layanan penyedia domain, untuk dilakukan pengecekan dan diberikan solusi selengkapnya. Untuk problem solving pada masalah domain memerlukan waktu propagasi sekitar 1-24 jam atau bahkan lebih, untuk kasus perpanjangan masa aktif domain yang sudah terlanjur expired.

3. Masalah Skrip Website

Internal server error 500 adalah pesan error paling umum yang menandakan sedang terjadi masalah pada skrip website milik Anda. Apabila Anda tidak tahu mengenai masalah tersebut, segeralah hubungi technical support dari layanan hosting yang Anda pergunakan. Mereka akan membantu menganalisa penyebab error, menjelaskannya kepada Anda, membantu semaksimal mungkin supaya website Anda bisa tampil kembali.

Selain pesan internal server error, ada beberapa gejala-gejala lain yang mengindikasikan terjadi masalah pada skrip website :

– Redirect loop

– Auto redirect ke website lain

– Website has been hacked

4. Masalah Hosting

Masalah terakhir yang paling sering terjadi pada website adalah masalah pada hosting. Tidak perlu panik jika website Anda tiba-tiba menampilkan tulisan This Account Has Been Suspended. Pesan error tersebut umumnya menandakan masa aktif layanan hosting anda sudah expired, sehingga perlu dilakukan perpanjangan.

Selain munculnya pesan this account has been suspended, gejala lain yang mengindikasikan ada kemungkinan masalah pada hosting adalah :

– Error 503

– The connection has timed out

– Loading website yang lebih lama dari biasanya

Apabila sedang terjadi masalah di server hosting, biasanya akan ada pengumuman resmi dari pihak penyedia layanan hosting, yang menginformasikan status, penyebab kendala, dan estimasi penanganan sampai pulih kembali.

5. Internet Positif

Internet positif adalah sebuah filter konten yang dibuat oleh Pemerintah Indonesia melalui Kominfo (Kementrian Komunikasi dan Informatika). Filter ini dibuat untuk memblokir konten-konten negatif supaya tidak bisa diakses melalui koneksi internet dalam negeri Indonesia. Apabila website Anda tidak bisa diakses dan menampilkan halaman Internet Posifit, berarti ada konten di dalam website Anda yang mengandung unsur-unsur pornografi, perjudian dan hal-hal lain yang melanggar hukum Indonesia.

SOLUSI

Apabila Anda menjumpai kendala pada website, solusi paling praktis adalah menghubungi layanan penyedia domain dan atau hosting. Secara umum, layanan penyedia domain dan hosting akan dengan senang hati membatu masalah yang Anda hadapi, sejauh masalah-masalah itu masih di dalam koridor dan kewenangan penyedia domain dan hosting untuk menangani.

Yang perlu Anda pahami bahwa kendala akses pada website bisa terjadi karena beberapa faktor, yang tidak semuanya disebabkan karena adanya kendala pada layanan domain dan hosting yang Anda pergunakan. Ada beberapa masalah yang memang di luar kemampuan dan wewenang penyedia domain dan hosting, contohnya seperti blokir Internet Positif.

Demikian artikel tentang kenapa website tidak bisa diakses, dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Tim Technical Support Rumahweb Indonesia akan selalu siap untuk mendampingi dan membantu Anda, untuk menangani kendala-kendala pada website yang Anda miliki.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi