Rumahweb Blog
banner - Rekomendasi Web Browser Terbaik di Tahun 2024

Rekomendasi Web Browser Terbaik di Tahun 2024

Memilih web browser terbaik tentu penting dilakukan. Hal ini mengingat, serangan, seperti virus, phishing, dan malware semakin menggurita. Lalu, apa saja web browser terbaik yang bisa Anda pilih? 

Berikut Rumahweb Indonesia telah merangkum panduan memilih web browser terbaik di tahun 2024. Jadi, Anda dapat berselancar di internet dengan tenang tanpa mengalami gangguan keamanan. Simak selengkapnya!

Bagaimana Mengidentifikasi Web Browser yang Aman?

Setiap pengguna internet pasti mendambakan keamanan dan keleluasaan pribadi ketika menjelajah internet menggunakan browser. Untuk itu, Anda mutlak harus menggunakan web browser terbaik. Dengan web browser yang tepat, Anda bisa mendapat berbagai peringatan dini demi mencegah potensi terjadinya hal-hal buruk. 

Contoh web browser terbaik dari segi keamanan misalnya, saat Anda tak sengaja mengakses website yang tidak aman, dengan web browser yang aman, Anda akan mendapat blokir akses.

Contoh lainnya, ketika ada website yang memanfaatkan kerentanan sistem keamanan. Browser terbaik akan menginformasikan jaringan yang digunakan tidak terenkripsi. Bahkan, ada web browser yang langsung melakukan block pada website tersebut.

Anda tentu saja akan senang jika menemukan konten secara cuma-cuma alias gratis. Namun, tahukah Anda bahwa selalu ada harga yang harus dibayar bagi segala sesuatu?

Ketika menikmati konten gratis, sebenarnya Anda “membayar” dengan data aktivitas pengguna—tak jarang data pribadi. Jadi, pihak pengiklan dapat menayangkan iklan yang sesuai dengan target pasar.

Hal ini senada dengan ungkapan Daniel Hövermann dalam film dokumenter The Social Dilemma: “If you’re not paying for the product, then you are the product.”

Karena itulah, penting sekali menggunakan web browser terbaik yang dapat memberikan rasa aman terhadap pengguna. Dengan web browser yang tepat, privasi Anda dapat terjaga dari pihak-pihak pengiklan yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA: Apa itu Web Browser? Pengertian dan Contohnya

Web Browser Terbaik 2024

Apakah Anda penasaran, web browser terbaik 2024 yang direkomendasikan oleh banyak orang? Berikut kami rangkum daftarnya!

1. Google Chrome

Google Chrome adalah salah satu browser yang berkomitmen menyajikan browser yang aman. Hal ini terbukti dengan konsistensinya dalam merilis update keamanan secara berkala. Karena itu, tak mengherankan apabila hampir dua pertiga pengguna Internet di dunia memakai Chrome. 

Meskipun menjadi salah satu web browser terbaik, Chrome tetap memiliki kelemahan pada sisi privasi.

Google memperoleh 90% penghasilannya dari iklan. Itu berarti Chrome tetap melakukan pelacakan aktivitas online penggunanya agar iklan yang dipasang dapat sesuai dengan minat pengguna. 

Jadi jangan heran jika Google tahu berbagai aktivitas Anda, mulai dari barang yang Anda beli, sampai domisili tempat tinggal, atau lokasi real time.

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Aspek lain, seperti email dan kata sandi tetap terenkripsi dengan baik! Singkatnya, Anda hanya tidak memiliki “kendali” terhadap penggunaan dan potensi penyebaran identitas Anda.

Kelemahan lain dari web browser ii adalah Anda tidak dapat menggali cara kerjanya. Hal ini karena Chrome bukanlah web browser berbasis open source.

2. Mozilla Firefox 

Mozilla Firefox adalah salah satu web browser yang menawarkan keamanan privasi dengan cukup baik. Terlebih, Firefox juga berbasis open source, jadi siapa saja dapat menggali cara kerjanya.

Hal ini juga menandakan bahwa pengiklan tidak bisa menyembunyikan sesuatu, misalnya dengan melacak perangkat lunak. Perilaku pengguna ketika browsing bukanlah bagian dari sebuah pengiklanan. 

Jejak digital yang ditinggalkan Mozilla Firefox juga kecil dan tidak terikat dengan software (seperti Adobe Flash Player) yang membebani situs.

3. Apple Safari 

Safari adalah opsi browser terbaik bagi pengguna gadget Apple. Safari membangun reputasinya dengan rutin merilis update keamanan. Selain itu, Safari juga mempunya fitur anti-malware yang sangat bagus.

Sayangnya, Safari tidak lagi mendukung OS Windows. Tercatat, bulan Mei 2012 merupakan versi Safari terakhir yang dirilis pada OS Windows, yaitu versi 5.1.7. Setelah itu, sudah tidak ada lagi pembaharuan keamanan.

4. Opera 

Berbeda dengan Safari yang hanya bisa ditemui pada pengguna Apple, Opera dapat digunakan di hampir semua OS, seperti Windows dan Mac. Meski jarang dibicarakan, nyatanya Opera Opera mempunyai keunggulan luar biasa dalam hal kecepatan. 

Anda juga dapat menggunakan fitur tambahan yang dapat melindungi privasi Anda. Caranya, dengan mengaktifkan adblock bawaan dari Opera. Jadi, tanpa memasang ekstensi apapun, Anda dapat dengan mudah mengatur kapan dan pada situs mana saja adblock alias pemblokir iklan bekerja.

Tak hanya fitur adblock. Anda juga akan mendapatkan fitur Virtual Private Network (VPN) gratis! Hal ini karena Opera merupakan browser yang sudah terintegrasi dengan VPN gratis yang tak terbatas.

5. Vivaldi 

Browser terbaik satu ini mungkin masih asing di telinga. Namun, Vivaldi dapat menjadi opsi terbaik bagi Anda yang mengutamakan keamanan data.

Setiap kali merilis versi terbaru, Vivaldi selalu memberikan beberapa update keamanan. Selain itu, Vivaldi juga dikenal memiliki banyak fitur menarik, seperti screenshot tampilan web secara langsung dari browser, pengelolaan tab berjajar, hingga menampilkan huruf kanji secara vertikal.

Tampilan browsing history Vivaldi juga menarik, dan memudahkan Anda untuk menulis catatan/notes. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengubah layout browser secara keseluruhan sesuai keinginan.

6. Microsoft Edge (Sebelumnya: Internet Explorer)

Edge, atau yang sebelumnya dikenal dengan Internet Explorer, adalah browser terbaik besutan Microsoft.

Sebagai catatan, sejak 12 Januari 2016 Microsoft mengumumkan hanya akan mendukung browser versi terbarunya saja. Update keamanan hanya akan diterima oleh IE11. Jadi, bagi Anda yang masih memakai versi lama IE, jangan lupa untuk mengupdatenya!

Lalu, apakah Internet Explorer atau IE sama dengan Edge? Singkatnya, Microsoft sudah menarik diri dari merek IE, karena fokus mengerjakan browser default Windows 10, yakni Edge.

Browser garapan barunya ini menawarkan teknologi virtualisasi, yang bisa membuat pengguna merasa lebih aman. Hal ini karena tautan lebih dahulu diperiksa, sebelum kode pemrograman mengakses komputer user.

Microsoft juga meningkatkan berbagai celah keamanan yang masih kurang di IE. Misalnya, keberadaan Certificate Reputation System yang dapat memblokir situs web berbahaya dan mendeteksi sertifikat keamanan palsu. 

BACA JUGA: Cara Download UC Browser APK dan Proses Installnya

Bagaimana Menjelajah dengan Aman di Internet?

Setelah menelaah berbagai rekomendasi browser terbaik, tentu Anda sepakat bahwa masing-masing browser memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Meskipun telah menggunakan web browser terbaik versi Anda, tetap saja, Anda perlu memperhatikan keamanan data.

Berikut beberapa tips browsing cerdas yang bisa Anda ikuti:

  1. Install antivirus pada perangkat Anda.
  2. Pastikan Anda menggunakan browser versi terbaru.
  3. Izinkan pembaruan keamanan secara otomatis.
  4. Cari tahu masalah keamanan terbaru serta cara memerangi virus.
  5. Waspadalah ketika membuka lampiran email atau meneruskan informasi.
  6. Unduh dan pasang beberapa rekomendasi add-on ini untuk menjaga privasi serta menambah lapisan keamanan:
    • LastPass: membuat hard-to-crack password lalu menyimpannya secara terenkripsi dengan satu kata kunci.
    • HTTPS: Mengenkripsi secara otomatis berbagai situs web yang dikunjungi.
    • Ad-blockers: Menghindari iklan muncul di website yang dikunjungi. 

Keamanan dan Privasi Adalah Tanggung Jawab Setiap Orang

Dari berbagai rekomendasi web browser di atas, Anda dapat menyesuaikan lagi dengan kebutuhan. Misalnya, jika Anda mengutamakan keamanan data atau privasi. Opera atau Mozilla Firefox dapat menjadi opsi yang tepat. 

Satu hal yang perlu diingat adalah keamanan dan privasi merupakan tanggung jawab masing-masing individu. Bahkan, browser terbaik pun tidak dapat menjamin data Anda aman. Jadi, pastikan Anda selalu berhati-hati dalam berselancar di internet.

BACA JUGA: Privasi Data : Realitas atau Mitos?

Peran Rumahweb dalam Menjaga Keamanan

Selama 22 tahun melayani pelanggan, Rumahweb selalu berkomitmen aktif terhadap keamanan internet. Upaya ini kami lakukan dengan mengedepankan berbagai SOP demi keamanan data kami dan pelanggan.

Sebagai bukti komitmen terhadap keamanan data, kini Rumahweb juga telah mendapatkan sertifikat ISO 27001:2022 mengenai Sistem Keamanan Manajemen Informasi (SMKI). Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi akan keamanan data Anda!

Itulah artikel dari Rumahweb mengenai rekomendasi web browser terbaik di tahun 2024. Pastikan Anda selalu menggunakan browser versi terbaru dan jangan lupa, percayakan web hosting Anda kepada Rumahweb! Semoga artikel ini membantu Anda!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.

banner Pop Up - Hosting 99K