Rumahweb Blog
Banner - Apa itu VMware adalah

Apa itu VMware : Pengertian, Fungsi hingga Aplikasinya

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia IT, VMware adalah salah satu istilah yang mungkin sudah familier. VMware adalah salah satu perangkat lunak atau software yang biasa digunakan untuk virtualisasi sistem.

Bagi penggemar IT, mencoba berbagai sistem operasi yang berbeda adalah hal yang menantang. Namun, berganti-ganti sistem operasi dengan menginstall ulang perangkat tentu sangat merepotkan. Karena itu, VMware dapat menjadi solusi yang tepat bagi Anda.

Dengan VMware, Anda dapat membuat virtual machine dengan sistem operasi yang berbeda-beda dalam satu perangkat yang sama. Sistem operasi yang diinstall di virtual machine diisolasi satu sama lain agar tidak mengganggu sistem operasi utama perangkat Anda.

Pada artikel ini, Rumahweb Indonesia akan membahas lengkap tentang apa itu VMware, mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara kerjanya. Simak selengkapnya!

Apa itu VMware 

VMware adalah perusahaan yang mengembangkan teknologi virtualisasi perangkat lunak. Dengan VMware, Anda dapat menjalankan beberapa mesin virtual pada satu perangkat komputer/laptop.

Walaupun berada dalam satu komputer yang sama, setiap virtualisasi ini tidak akan saling mengganggu. Hal ini karena masing-masing virtualisasi menggunakan sistem operasi dan aplikasi secara terpisah atau terisolasi. 

BACA JUGA : VirtualBox: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Instalasinya

Promo Hosting Murah Rumahweb

Fungsi VMware

VMware memiliki berbagai fungsi yang mendukung teknologi virtualisasi mereka. Berikut ini beberapa fungsi utama dari VMware:

Virtualisasi Server

Virtualisasi server memungkinkan sebuah server fisik untuk menjalankan beberapa mesin virtual sekaligus. Jadi, sumber daya hardware server dapat digunakan dengan maksimal.

Setiap mesin virtual pada server fisik akan saling terisolasi, sehingga tidak mengganggu kinerja satu sama lain.

Pengelolaan Sumber Daya

VMware juga dapat digunakan untuk mengoptimalisasi sumber daya, seperti CPU, memory, dan penyimpanan. Anda juga dapat menggunakan VMware vSphere untuk lingkungan data center. 

Backup

VMware memiliki fitur snapshot backup yang dapat digunakan untuk me-restore virtual machine jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan. 

Pengelolaan Jaringan

Fitur lain yang disediakan oleh VMware adalah pengelolaan jaringan, di mana Anda dapat mengelola jaringan secara virtual, termasuk konfigurasi dan pemantauannya. 

Pengembangan dan Pengujian Aplikasi

Dengan VMware, developer dapat mengembangkan dan menguji aplikasi secara terisolasi di mesin virtual dengan mudah. Mereka pun tak perlu menyiapkan server fisik tersendiri. 

Kelebihan dan Kekurangan VMware

Setelah mengetahui apa itu VMware beserta fungsinya, apakah Anda mulai tertarik menggunakan VMware? Sebelum memutuskannya, pahami dahulu berbagai kelebihan dan kekurangan VMware berikut.

Kelebihan VMware

Ada beberapa kelebihan VMware yang membuatnya semakin menarik untuk dicoba. Apa saja?

1. Hemat Biaya Pengadaan Perangkat

VMware adalah software virtualisasi yang membuat sebuah komputer dapat menggunakan beberapa sistem operasi sekaligus.

Dengan demikian, kebutuhan pengadaan perangkat dapat diminimalisasi. Anda cukup menginstal VMware pada satu perangkat komputer, kemudian menginstal OS yang dibutuhkan pada virtual machine yang akan digunakan. 

Berkurangnya kebutuhan perangkat ini tentu secara otomatis menekan biaya yang perlu dikeluarkan untuk pengadaan.

2. Skalabilitas Tinggi

VMware memiliki skalabilitas yang tinggi. Dengan menggunakan VMware, Anda bisa dengan bebas mengatur kebutuhan sumber daya. Jadi Anda bisa menaikkan atau menguranginya sesuai kebutuhan. Satu hal yang perlu diingat bahwa pengaturan ini dapat dilakukan selama kebutuhan sumber daya masih dipenuhi oleh perangkat fisik yang Anda gunakan. 

3. Keamanan yang Baik

VMware menyediakan fitur keamanan yang cukup baik, dengan cara mengisolasi masing-masing virtual machine yang Anda gunakan. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi akan ancaman keamanan jika ada salah satu virtual machine yang mengalami tindak kejahatan siber.

4. Efisiensi Operasional Meningkat

VMware dapat digunakan untuk virtualisasi server dan jaringan. Hal ini yang membuat suatu perusahaan dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk meningkatkan efisiensi operasional. 

BACA JUGA : Apa itu Dedicated Server dan Perbedaannya dengan VPS

Kekurangan VMware

Meski memiliki banyak kelebihan, VMware juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum menggunakannya. Beberapa kekurangan VMware adalah sebagai berikut:

1. Berlisensi

VMware bukanlah aplikasi berbasis open source yang bisa digunakan secara gratis. Anda harus membayar biaya lisensi dengan harga yang cukup fantastis untuk bisa menikmati berbagai manfaatnya. 

Karena itu, jika Anda ingin menggunakan VMware pastikan bahwa biaya lisensinya masuk ke dalam rencana budgeting Anda. 

2. Kompleksitas

Konfigurasi VMware di lingkungan data center yang besar mungkin akan sedikit rumit untuk dilakukan. Diperlukan  pemahaman yang mendalam untuk dapat melakukan konfigurasi ini.

3. Pengelolaan Sumber Daya Sendiri

Dengan VMware, Anda memiliki kebebasan untuk mengatur batasan resource alias sumber daya virtualisasinya. Namun hal ini juga berarti Anda bertanggung jawab atas segala pengelolaan virtualisasi sumber daya.

Hal ini mencakup sumber daya hardware, CPU, memory, serta penyimpanan. Pengelolaan sumber daya ini akan mempengaruhi kinerja sistem fisik secara langsung.

4. Pentingnya Kemampuan Administratif

Pengelolaan infrastruktur virtual memerlukan keahlian khusus untuk menggunakan, mengelola, dam mengoptimalkan VMware. Berbagai kemampuan ini dibutuhkan agar tidak ada penurunan kinerja, risiko keamanan, atau ketidakstabilan lingkungan virtual.

Oleh sebab itu, Anda perlu memiliki pengelola sistem dengan kemampuan administratif yang baik  untuk mencapai dan mempertahankan lingkungan virtual yang efisien, aman, dan andal.

Cara Kerja VMware

VMware bekerja dengan cara membuat layer bernama hypervisor pada virtual machine di dalam hardware fisik. Jadi, Anda dapat menggunakan storage, CPU, RAM, DVD Rom, dan berbagai komponen yang ada di perangkat keras secara terisolasi.

Layer hypervisor akan mengalokasikan resource (CPU, RAM, dan lainnya) secara virtual sesuai kebutuhan sistem yang Anda tentukan.

Ketika sistem operasi sudah terinstall di virtual machine, sistem operasi tersebut akan berjalan di sistem operasi utama. Hal ini yang memungkinkan dalam satu perangkat hardware dapat menggunakan beberapa virtual machine

Aplikasi VMware 

VMware memiliki berbagai produk virtualisasi yang dapat digunakan untuk kepentingan perusahaan maupun individu. Beberapa produk utama dari VMware antara lain:

1. VMware vSphere

VMware vSphere adalah teknologi virtualisasi yang digunakan di datacenter. Aplikasi VMware vSphere digunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan sumber daya fisik, seperti CPU, memory, dan juga penyimpanan disk

2. VMware Workstation dan VMware Fusion

VMware Workstation dan Fusion merupakan teknologi virtualisasi yang cocok digunakan oleh individu untuk membuat mesin virtual pada perangkat komputer mereka. 

Aplikasi VMware Workstation dapat digunakan untuk pengguna OS Windows serta Linux, sedangkan VMware Fusion untuk pengguna MacOS. 

3. VMware ESXi

VMware ESXi adalah sistem virtualisasi hiperfisor yang diinstall langsung pada server fisik. Jadi, virtualisasi ini bekerja pada level infrastruktur.

4. VMware Horizon

VMware Horizon adalah virtualisasi desktop jarak jauh yang memungkinkan perusahaan untuk memberi akses virtual pada pengguna dari berbagai perangkat. Jadi, pengguna bisa mendapatkan akses menuju desktop atau aplikasi. 

Itulah beberapa aplikasi VMware dan kegunaannya. Anda dapat memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan.  

Kesimpulan

VMware adalah software virtualisasi yang membuat sebuah server fisik dapat menjalankan beberapa virtual machine yang terisolasi. Dengan teknologi ini, masing-masing virtual machine tidak saling mengganggu saat dijalankan. Teknologi virtualisasi ini dapat membantu menghemat biaya pengadaan perangkat serta meningkatkan efisiensi. 

Teknologi virtualisasi ini juga diterapkan di layanan hosting dan server, termasuk pada layanan VPS KVM Rumahweb. Rumahweb Indonesia menawarkan produk VPS dengan menggunakan teknologi virtualisasi KVM. Anda dapat memilih sumber daya dan sistem operasi yang beragam dengan dengan harga yang tetap terjangkau.

Itulah penjelasan dari Rumahweb Indonesia tentang apa itu VMware hingga cara kerjanya. VMware adalah salah satu perangkat lunak yang dapat Anda coba untuk membuat virtual machine pada komputer atau server. Tertarik mencobanya?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Anggit Puguh