Rumahweb Blog
banner artikel - Apa Itu VGA Definisi, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Apa Itu VGA? Definisi, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Apa itu VGA? Singkatnya, VGA adalah komponen hardware pada komputer yang menandai bagus atau tidaknya, juga detail atau tidaknya, grafik dan visual yang akan ditampilkan dalam monitor komputer.

VGA adalah salah satu dari sekian komponen perangkat keras yang terdapat pada komputer. Ada beragam jenis dan spesifikasi VGA yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. 

Jika Anda ingin menyimak lebih lanjut tentang apa itu VGA, fungsi, dan jenis-jenisnya, berikut Rumahweb telah mengulas secara lengkap pada artikel di bawah ini!

Apa itu VGA?

VGA adalah kepanjangan dari Video Graphic Array, yakni tipe umum pada koneksi yang berperan dalam perangkat video dan gambar, misalnya monitor atau proyektor. Lazimnya, VGA berbentuk port, kabel, serta konektor yang dipakai untuk menghubungkan monitor ke kartu video. 

Kabel VGA mempunyai 15 pin konektor, yang terdiri atas 5 pin di atas, 5 di tengah, serta 5 di paling bawah yang akan dipasangkan di port VGA pada desktop.

BACA JUGA: Apa itu ROM? Definisi, Fungsi, dan Perbedaannya dengan RAM

Perbedaan antara GPU dan VGA

Setelah mengetahui apa itu VGA, Anda juga perlu memahami tentang GPU. VGA dan GPU adalah dua istilah yang kerap dianggap sama, padahal keduanya berbeda. Beberapa perbedaan antara GPU dan VGA adalah sebagai berikut:

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

GPU (Graphic Processing Unit)

Secara singkatan, GPU adalah kepanjangan dari Graphic Processing Unit, yakni sebuah chip yang kerap juga disebut sebagai chip VGA atau kartu grafis. GPU berfungsi untuk mengolah data dn mengubahnya menjadi tampilan grafis.

Beberapa jenis GPU antara lain seperti NVIDIA Maxwell, AMD Fiji, NVIDIA Kepler, dan masih banyak lagi.

VGA (Video Graphic Array)

Jika GPU adalah unit berbentuk chip, VGA adalah perantara yang menghubungkan antara kartu grafis dengan layar monitor. 

Bentuk dari VGA adalah kabel berwarna merah dan biru dan umumnya digunakan pada versi lama komputer atau monitor. Walau kerap disebut sebagai kartu grafis, tetapi sekali lagi, pada dasarnya VGA adalah jenis kabel.

GPU dan VGA Berbeda

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa GPU dan VGA adalah dua hal berbeda. Secara fungsi, VGA adalah kartu grafisnya, sedangkan GPU merupakan komponen pada VGA.

Baik GPU maupun VGA adalah komponen yang sama-sama penting untuk menampilkan grafis pada PC. GPU selalu diperbaharui setiap tahunnya, baik dari sisi performa maupun efisiensi daya.

BACA JUGA: Apa itu Hardware? Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Fungsi VGA

Seperti yang telah disebutkan di atas, fungsi VGA adalah menampilkan gambar pada display monitor. Jadi, dapat dikatakan bahwa VGA merupakan komponen penting pada komputer spesifikasi lama.

Namun, kabel VGA sudah tidak menjadi komponen penting pada komputer versi baru, karena VGA sudah terdapat pada motherboard (VGA card onboard).

Jika Anda menggunakan VGA yang terdapat di motherboard, sebaiknya Anda memilih motherboard yang mendukung beberapa prosesor, agar monitor dapat menampilkan beberapa tampilan yang tidak mendukung.

Adapun beberapa fungsi lain dari VGA adalah sebagai berikut:

  • Mengirim dan menerjemahkan output dari komputer ke monitor.
  • Mengubah sinyal digital di komputer untuk menampilkan tampilan grafis pada layar monitor.
  • Sebagai tempat penyimpanan data dari harddisk.
  • Untuk memberikan data yang akan diproses ke prosesor.
  • Untuk bermain game, drawing, atau menggambar desain grafis.
  • Menggambar dengan kualitas terbaik.
  • Memproses data grafis untuk ditampilkan pada monitor komputer.

VGA card berkapasitas besar akan membuat fungsi-fungsi di atas berjalan lebih optimal. Apabila Anda seorang gamer, maka memiliki VGA card dengan spesifikasi tinggi dan berkapasitas besar merupakan suatu keharusan. Agar memperoleh pengalaman bermain yang sempurna tanpa adanya kendala.

Jenis-jenis VGA

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda dapat memilih VGA card sesuai kebutuhan. Beberapa jenis VGA adalah sebagai berikut:

Berdasarkan Memori

VGA card kerap dibedakan berdasarkan jenis memorinya, yang lebih umum dikenal sebagai VRAM, SGRAM, Rambus, Dynamic RAM, sampai EDO RAM. Berikut ulasan dari keempat jenis VGA tersebut:

1. VRAM

Jika Anda seorang desainer grafis, besar kemungkinan Anda menggunakan jenis VRAM, karena membutuhkan spesifikasi komputer kelas atas.

Contoh dari VRAM di antaranya, Diamond Stealth 3000 3D, Diamon Fire GL, Diamond Stealth 64, dan sebagainya.

2. SGRAM

SGRAM umumnya dipakai untuk graphic card berspesifikasi tinggi. Biasanya, SGRAM digunakan untuk 3D accelerator. Beberapa contoh SGRAM adalah VGA Matrox MGA Millenium, Diamond Stealth II S220, Matrox Mystique 3D, dan lain-lain.

3. Rambus

Apakah Anda pecinta video game? Rambus adalah memori yang umumnya dipakai pada device video game, seperti Nintendo dan Sega. Rambus adalah jenis VGA yang tergolong masih jarang dipakai.

4. Dynamic RAM

Dynamic RAM adalah VGA yang cocok digunakan untuk komputer dengan spesifikasi entry level, yang tidak memerlukan kecepatan tinggi atau dengan warna yang banyak.

5. EDO RAM

Untuk speed 60MHz 60/40ns biasanya menggunakan EDO RAM. Beberapa VGA yang memakai EDO RAM adalah WinFast S280/S600 3D, ATi Mach 64, dan Diamond Stealth 2000 3D.

Berdasarkan Fisik

Berdasarkan fisiknya, VGA dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni VGA Add On dan VGA on-Board.

VGA Add on letaknya terpisah dengan motherboard, sementara VGA on Board adalah jeni VGA yang paling umum dipakai pada laptop maupun komputer. Biasanya, VGA on Board berbentuk chip dan disambungkan ke dalam motherboard. Jenis VGA ini kemudian akan bekerja seperti memori yang terdapat di dalam RAM.

BACA JUGA: Apa Itu PC (Personal Computer) serta Komponennya

Cara Memilih VGA Laptop

Spesifikasi VGA adalah cerminan tampilan grafis pada layar monitor, sehingga penting bagi Anda untuk selektif dalam memilih VGA laptop. Lantas, bagaimana cara memeriksa VGA pada laptop? Simak beberapa tips dari Rumahweb di bawah!

1. Periksa Stiker pada Laptop

Memeriksa stiker pada laptop adalah cara paling mudah yang dapat Anda lakukan, karena biasanya terdapat penjelasan tentang spesifikasi laptop pada stiker tersebut.

Beberapa informasi spesifikasi yang umumnya tertulis pada stiker antara lain seperti sistem operasi, dimensi layar, harddisk, RAM, processor, serta informasi lain—termasuk VGA.

2. Lewat BIOS

BIOS adalah kepanjangan dari Basic Input Output System, yakni salah satu memori di komputer yang bersifat read-only. Anda dapat memeriksa spesifikasi VGA dan informasi-informasi lain melalui BIOS. 

3. Periksa Device Manager

Anda juga dapat melihat spesifikasi VGA laptop atau hardware pada device manager dengan mudah. Cukup tekan tombol Windows + R lalu ketik devmgmt.msc tekan ENTER.

4. Menggunakan DirectX Diagnostic Tool

Windows memiliki software bernama DirectX Diagnostic Tool yang biasanya sudah terpasang pada laptop maupun PC. Anda dapat mengecek VGA menggunakan tool ini dengan menekan Windows + R, lalu ketik dxdiag dan tekan ENTER.

Dengan software DirectX Diagnostic Tool ini, Anda dapat melihat jenis VGA serta versi driver yang dipakai pada laptop atau komputer.

5. Menggunakan Software CPU-Z

Cara terakhir yang dapat Anda tempuh untuk melakukan pengecekan adalah dengan menggunakan software sederhana bernama CPU-Z. Anda akan disajikan informasi perangkat keras secara detail, seperti Chipset, Processor, BIOS, Motherboard, VGA dan juga RAM.

Kesimpulan

Apa itu VGA? Video Graphic Array atau VGA adalah tipe umum pada koneksi yang cukup berperan dalam perangkat video dan gambar, misalnya monitor atau proyektor.

GPU dan VGA adalah dua hal berbeda. Secara fungsi, VGA adalah kartu grafis, sedangkan GPU merupakan komponen pada VGA. 

Berdasarkan daya penyimpanannya, VGA dapat dibagi menjadi VRAM, SGRAM, Rambus, Dynamic RAM, sampai EDO RAM. Berdasarkan fisiknya, VGA dapat dibagi menjadi dua, yakni VGA Add On dan VGA on-Board.

Dapat disimpulkan bahwa VGA adalah komponen hardware yang penting untuk menampilkan grafik dan visual pada suatu perangkat komputer. Demikian artikel kami tentang apa itu VGA, fungsi, dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.