Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu Value adalah - value artinya

Apa itu Value? Arti, Jenis, dan Cara Meningkatkannya

Dalam berbagai lini kehidupan, value adalah salah satu istilah yang penting. Value akan memiliki peranan penting, baik bagi diri sendiri secara moral, spiritual, sosial, bahkan terkait pekerjaan dan usaha Anda.

Oleh karena itu, tak hanya pengertian apa itu Value, dalam artikel kali ini Rumahweb juga memaparkan jenis beserta cara meningkatkan value itu sendiri. Silahkan disimak!

Arti Value

Value adalah istilah Bahasa Inggris, yang jika diterjemahkan secara harfiah dapat berarti nilai. Value sebenarnya memiliki beragam arti. Misalnya, Kamus Cambridge mengartikan value sebagai nilai dalam bentuk mata uang, angka, harga, hingga tingkat kegunaan atau kepentingan.

Selain berkaitan dengan ekonomi, value juga dapat didefinisikan sebagai nilai atau kepercayaan yang dipegang oleh seseorang dalam hidupnya. Nilai-nilai inilah yang akan menentukan seseorang dalam bersikap atau berinteraksi dengan orang lain.

Value adalah nilai yang bersifat individual. Artinya, setiap orang punya pemahaman atau interpretasi berbeda terhadap nilai yang mereka pegang. Jadi, tidak semua orang memegang value yang sama.

Sebagai contoh, beberapa orang lebih mengedepankan nilai moral, namun ada pula yang mengedepankan nilai spiritual. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada cara mereka menjalani kehidupan sehari-hari.

Dari penjelasan tadi, maka dapat disimpulkan bahwa value adalah sesuatu hal yang penting karena menjadi dasar etika untuk mengatur perilaku dalam masyarakat.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Jenis Value

Karena value adalah nilai yang beragam, maka terdapat beberapa jenis atau tipe value yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Personal Value

Personal value adalah nilai yang dapat membantu seseorang untuk lebih bahagia dan menemukan apa yang diinginkan dalam hidup. Nilai yang dianut oleh masing-masing orang tidaklah sama. Misalnya, ada yang memegang teguh kedisiplinan, ada yang fokus pada kegigihan, empati, dan lain sebagainya.

Jenis value yang satu ini dipengaruhi oleh personal experience, sehingga masing-masing orang memiliki parameter yang berbeda dalam memandang benar atau salah, baik atau buruk, dan hal lainnya. 

2. Social Value

Social value adalah nilai yang ditentukan oleh komunitas atau masyarakat di sekitar Anda. Jenis value ini memastikan semua orang di wilayah tertentu agar menganut nilai yang sama sehingga kehidupan sosial akan jauh lebih baik. Social value ini juga disebut sebagai etos.

Misalnya, tradisi rewang di mana tetangga atau masyarakat di kampung tertentu membantu mengurus berbagai keperluan suatu hajatan atau perhelatan, terutama konsumsi. Rewang ini menunjukkan nilai solidaritas antar tetangga atau kehidupan sosial masyarakat.

3. Spiritual Value

Spiritual value adalah nilai yang dipegang seseorang berdasarkan keyakinan atau agama yang dianut. Karena itulah spiritual value juga dikenal sebagai religious value. Contoh spiritual value misalnya, keimanan, ketakwaan, ketaatan, dan lain sebagainya.

4. Moral Value

Moral value adalah nilai yang dipegang seseorang untuk mencari kebahagiaan melalui sifat-sifat baik. Jenis value ini juga membawa kebaikan pada sosial masyarakat.

Beberapa contoh moral value adalah kejujuran, etika, sopan santun, dan lain-lain.

5. Constitutional Value 

Jenis atau tipe lain terkait value adalah constitutional value. Constitutional value adalah nilai yang ditentukan oleh konstitusi atau pemerintah sebuah negara. Warga negara wajib mematuhi nilai tersebut karena mencerminkan nilai dan cita-cita negara.

Contoh constitutional value yang dianut oleh Indonesia adalah Pancasila. Lima sila dasarnya menjadi landasan hidup bermasyarakat dan bernegara. 

Baca juga artikel: Apa itu Customer Value? Pengertian dan Contohnya

Cara Meningkatkan Value

Value adalah nilai yang dianut dalam menjalani kehidupan. Setiap value yang Anda pegang tentu akan berpengaruh pada kehidupan Anda sendiri, baik kini maupun nanti. Value ini diharapkan mampu membawa seseorang menjadi pribadi yang lebih baik dan tentunya membawa kebahagiaan untuk dirinya sendiri.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk selalu mencoba meningkatkan value yang ada pada diri Anda. Apa saja cara untuk meningkatkan Value? Berikut diantaranya;

1. Tentukan value yang Anda pegang

Anda bisa membuat daftar value yang selama ini dipegang. Value tersebut bisa dilihat dari momen saat Anda merasa bahagia atau merasa bangga. Pegang teguh value tersebut karena ada saatnya nilai-nilai tersebut akan diuji atau bertentangan dengan orang lain.

2. Belajar dari kesalahan

Kesalahan adalah hal yang lumrah. Tidak perlu menyalahkan diri sendiri atau sampai mempertanyakan self-worth Anda. Hal yang terpenting adalah belajar dari kesalahan tersebut dan memperbaikinya di waktu mendatang.

3. Tidak membandingkan diri dengan orang Lain

Setiap orang punya value masing-masing. Dengan begitu, pengembangan diri, sikap, perilaku, hingga proses mencapai tujuannya bisa jadi berbeda dengan Anda. Jadi, fokuslah pada diri sendiri dalam mencapai tujuan sendiri. Tidak perlu membandingkan kesuksesan Anda dengan orang lain.

4. Memahami bahwa tidak semua hal bisa dikontrol

Anda harus belajar untuk membuat diri Anda sadar bahwa tidak semua hal ini bisa dikontrol. Tidak semuanya akan berjalan sesuai keinginan atau kuasa Anda. Karena itulah, Anda lebih baik fokus pada hal-hal baik di sekitar Anda dan tak perlu stres dengan hal-hal yang tak bisa Anda kontrol.

Value adalah nilai yang menjadi dasar atau pedoman dalam Anda menjalani kehidupan. Oleh karena itu, fokuslah dengan hal-hal baik yang bisa mendatangkan kebahagiaan, terutama untuk diri Anda sendiri.

Demikian artikel tentang apa itu value dari Rumahweb, semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan value diri Anda sendiri!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.9 / 5. Vote count: 19

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb