Rumahweb Blog
banner artikel - Kabel Straight Pengertian, Urutan, dan Cara Membuatnya

Kabel Straight: Pengertian, Urutan, dan Cara Membuatnya

Jika pada artikel sebelumnya Rumahweb mengulas tentang crossover cable atau kabel cross, maka pada artikel ini, kami akan membahas tentang kabel straight, yakni salah satu kabel Unshield Twisted Pair (UTP) yang juga bisa Anda temukan pada jaringan LAN.

LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer dengan cakupan terbatas yang dapat menyambungkan komputer dalam wilayah kecil, seperti sekolah, universitas, tempat tinggal, gedung kantor, dan sebagainya.

Pada kabel straight, ada dua standar pemasangan yang bisa diterapkan, yakni standar TIA/EIA 568A dan TIA/EIA-568B. Dalam kehidupan sehari-hari, kabel straight dipakai untuk menghubungkan antar-perangkat berbeda, seperti switch dengan router dan komputer dengan switch.

Jika kabel cross memiliki fungsi dan urutan tersendiri agar suatu jaringan dapat terbentuk serta terhubung ke perangkat jaringan lainnya, maka kabel straight merupakan kabel lurus yang memiliki urutan pemasangan berbeda. 

Ingin tahu lebih detail tentang pengertian kabel straight, urutan kabel straight, dan cara membuatnya? Simak penjelasan Rumahweb sampai selesai, ya!

Pengertian Kabel Straight

Tujuan penggunaan kabel straight dan kabel cross pada dasarnya sama saja. Hanya orientasi penggunaannya yang berbeda.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Kabel straight memiliki susunan ujung yang harus sama persis satu sama lain, karena mempunyai fungsi untuk menghubungkan antar-perangkat berbeda, seperti komputer dengan switch, komputer dengan LAN pada modem kabel atau DSL, router dengan LAN pada modem cable/DSL, switch ke router dan hub ke router.

Kabel straight merupakan standar baku dari tipe konfigurasi warna kabel UTP. Meskipun terdapat dua standar pemasangan yang biasanya digunakan, yakni TIA/EIA-568A dan TIA/EIA-568B, tetapi dalam praktik pembuatan jaringan LAN sehari-hari TIA/EIA-568B merupakan standar pemasangan yang paling sering digunakan.

Urutan Kabel Straight

Sebagaimana kabel cross, kabel straight juga disusun oleh jenis-jenis kabel yang memiliki warna-warna tertentu. Kabel straight memiliki urutan ujung yang satu sama lain harus sama persis, karena mempunyai fungsi menghubungkan antar perangkat yang berbeda. Berikut Rumahweb paparkan urutan warna kabel straight untuk jaringan LAN:

Urutan kabel straight tipe TIA/EIA-568A

  1. Putih hijau
  2. Hijau
  3. Putih oranye
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Oranye
  7. Putih coklat
  8. Coklat

Urutan kabel straight tipe TIA/EIA-568B:

  1. Putih oranye
  2. Oranye
  3. Putih hijau
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Hijau
  7. Putih coklat
  8. Coklat

Demikianlah susunan kabel straight berdasarkan tipenya, di mana warna ujung konektor satu dan ujung konektor lainnya memiliki warna yang sama.

Cara Membuat Kabel Straight

Setiap jenis kabel LAN memiliki urutan warna kabel berbeda. Meskipun kabel LAN terdiri dari berbagai warna, tetapi pemasangannya harus urut, agar kabel LAN berfungsi. Karena jenis dan urutan warna kabel LAN yang berbeda tentu akan menghasilkan fungsi yang berbeda pula.

Anda harus memilih urutan kabel yang sama antara ujung kabel satu dengan ujung kabel yang lain jika ingin membuat kabel straight. Pada susunan kabel straight tipe TIA/EIA-568A dan urutan kabel straight tipe TIA/EIA-568B Anda harus menyamakan urutan antar ujungnya terlebih dahulu.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan susunan kabel straight tipe TIA/EIA-568A pada ujung kabelnya, maka ujung kabel yang lain juga harus menggunakan standar urutan kabel straight tipe TIA/EIA-568A.

Demikian pula bila Anda menggunakan standar susunan kabel straight tipe TIA/EIA-568B pada ujung kabel satunya, maka ujung kabel yang lain juga harus menggunakan standar urutan kabel straight tipe TIA/EIA-568B.

Anda dapat menggunakan bagan urutan di bawah ini untuk memudahkan pembuatan:

Membuat kabel Straight versi TIA/EIA-568A

Urutan kabel Straight versi TIA/EIA-568A

Ujung Kabel 1 Ujung Kabel 2

  • Pin 1 → Putih Hijau → Putih Hijau
  • Pin 2 → Hijau → Hijau
  • Pin 3 → Putih Oranye → Putih Oranye
  • Pin 4 → Biru → Biru
  • Pin 5 → Putih Biru → Putih Biru
  • Pin 6 → Oranye → Oranye
  • Pin 7 → Putih Coklat → Putih Coklat
  • Pin 8 → Coklat → Coklat

Membuat kabel Straight versi TIA/EIA-568B

Urutan kabel Straight versi TIA/EIA-568B

Ujung Kabel 1 ↔ Ujung Kabel 2

  • Pin 1 → Putih Oranye → Putih Oranye
  • Pin 2 → Oranye → Oranye
  • Pin 3 → Putih Hijau → Putih Hijau
  • Pin 4 → Biru → Biru
  • Pin 5 → Putih Biru → Putih Biru
  • Pin 6 → Hijau → Hijau
  • Pin 7 → Putih Coklat → Putih Coklat
  • Pin 8 → Coklat → Coklat

Demikianlah panduan penting yang sudah Rumahweb rangkum terkait pengertian kabel straight, urutan kabel straight, serta cara membuat kabel straight. Semoga membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.6 / 5. Vote count: 11

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.