Rumahweb Blog
Ukuran Thumbnail YouTube

Ukuran Thumbnail YouTube dan Tips Agar Menarik Perhatian

Salah satu elemen yang menarik perhatian orang untuk menonton vlog atau video di YouTube adalah thumbnail-nya. Sebenarnya, membuat thumbnail ini tidaklah sulit. Namun, tetap ada hal yang perlu diperhatikan, salah satunya ukuran thumbnail YouTube.

Bagi Anda yang baru menjajal dunia YouTube sebagai kreator, berikut Rumahweb rangkum penjelasan tentang pengertian thumbnail YouTube, ukuran thumbnail YouTube yang pas, dan juga tips membuat thumbnail yang menarik. Mari disimak!

Apa itu Thumbnail YouTube?

Thumbnail YouTube merupakan ringkasan dari video atau vlog yang diunggah di platform tersebut. Thumbnail ini biasanya berbentuk gambar yang dipasang di bagian awal video. Jadi, ketika pengunjung melihat-lihat video di YouTube, thumbnail lah yang muncul sebagai “cover” dari konten, sekaligus yang pertama kali dilihat oleh penonton.

Sama seperti ketika Anda membaca majalah, hal pertama yang Anda lihat tentulah sampulnya. Melalui sampul tersebut Anda bisa mendapatkan gambaran tentang  apa saja isi dari majalah tersebut.

Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi kreator untuk membuat konten mereka diklik dan ditonton banyak orang. Bisa dibilang kalau thumbnail YouTube ini menjadi penentu apakah penonton akan mengklik konten Anda atau tidak. Jadi kesempatan ini jangan sampai terlewatkan.

Sebenarnya, pihak YouTube sudah mempermudah kreator untuk membuat thumbnail. Terdapat dua cara dalam membuat thumbnail YouTube, yaitu otomatis dan manual.

Thumbnail otomatis akan langsung dihasilkan oleh YouTube ketika Anda telah selesai mengunggah video. YouTube akan memberi tiga pilihan thumbnail yang diambil dari video yang diunggah. Anda tinggal memilih salah satu dari pilihan tersebut.

Selain thumbnail otomatis, Anda juga bisa membuat thumbnail YouTube custom, alias dibuat sendiri. Hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran thumbnail yang Anda buat harus sesuai, atau pas. Lantas, berapa ukuran thumbnail YouTube yang pas?

Kunjungi channel Youtube RumahwebTV untuk Tips dan Trik Seputar Website

Ukuran Thumbnail YouTube yang Pas

Ukuran thumbnail YouTube memang cenderung kecil. Jadi, bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri, ukuran thumbnail YouTube harus diperhatikan sejak awal pembuatan.

Sudah ada standar ukuran thumbnail YouTube yang telah ditentukan. Berdasarkan YouTube Studio App Help Center, ukuran thumbnail YouTube yang direkomendasikan serta penjelasan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Resolusi atau ukuran thumbnail YouTube yang dibuat sebesar 1280×720 (dengan lebar minimal 640 piksel).
  • Thumbnail diunggah dalam format gambar, seperti JPG, GIF, atau PNG.
  • Batas ukuran thumbnail tidak lebih dari 2 MB.
  • Gunakan rasio lebar tinggi 16:9, karena rasio ini paling sering digunakan dalam pemutar dan pratinjau YouTube.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui batas thumbnail kustom yang dapat diunggah. Batasan tersebut berbeda-beda, tergantung negara, wilayah, atau riwayat channel. 

Tak lupa, kebijakan thumbnail juga perlu Anda perhatikan, seperti menghindari thumbnail yang memuat konten nudity, ujaran kebencian, kekerasan, berbahaya atau konten merugikan lainnya.

Tips Membuat Thumbnail YouTube

Setelah mengetahui ukuran thumbnail YouTube beserta ketentuan lain yang mengikutinya, kini Rumahweb akan memberikan tips untuk membuat thumbnail yang menarik!

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fungsi thumbnail YouTube adalah untuk menarik penonton agar mengklik dan menyaksikan vlog atau video Anda.

Sebagai first impression, thumbnail tidak hanya menjadi penentu apakah video akan ditonton atau tidak, tapi juga bisa memengaruhi penonton untuk berinteraksi lebih lanjut dengan channel Anda, misalnya memberi like video, komentar, hingga subscribe. Jadi, menggunakan thumbnail yang menarik adalah sebuah keharusan!

Beberapa hal yang bisa membuat thumbnail YouTube Anda jauh menarik di antaranya:

1. Menyesuaikan Ukuran Thumbnail YouTube Sesuai Ketentuan

Rasio yang paling ideal untuk ukuran thumbnail YouTube adalah 16:9. YouTube merekomendasikan thumbnail memiliki ukuran 1280×720, piksel dengan lebar minimal 640 piksel.

Hal ini penting, karena akan memengaruhi kualitas gambar thumbnail. Jika terlalu kecil, maka thumbnail akan terlihat blur. Atau jika rasionya tidak sesuai, maka bisa jadi thumbnail yang Anda buat akan terpotong

2. Pilih Gambar yang Menarik

Setelah mengetahui ukuran thumbnail YouTube yang sesuai rekomendasi, selanjutnya Anda perlu memilih gambar untuk thumbnail. Gambar ini bisa diambil dari potongan video atau highlight konten tersebut.

Masukkan gambar dengan kualitas yang tinggi, agar gambar tidak pecah atau blur, sehingga lebih nyaman dilihat oleh penonton.

3. Usahakan untuk Menambahkan Judul

Biasanya, penonton akan lebih dahulu melihat thumbnail daripada judul. Oleh karena itu, Anda bisa menyisipkan judul pada thumbnail agar langsung dibaca penonton. Selain itu, menambahkan teks akan membuat thumbnail Anda lebih menarik.

Tak hanya judul, Anda juga bisa menambahkan teks berisi hal menarik apa yang ada di video. Pilihlah kalimat yang membuat penasaran sehingga penonton tertarik untuk mengklik dan menonton video tersebut.

Baca juga artikel : Cara Menambah Viewers YouTube Dengan Cepat

4. Pilih Latar Thumbnail yang Cerah

Selain memperhatikan ukuran thumbnail YouTube, elemen yang ada di dalamnya juga dapat menjadi penentu apakah thumbnail YouTube dinilai menarik atau tidak.

Salah satu tips agar thumbnail terlihat lebih menarik adalah dengan menggunakan warna latar yang cerah, dan pastikan teks dalam thumbnail dapat terbaca dengan jelas.

5. Konsisten dengan Jenis Font

Penggunaan jenis font yang konsisten dilakukan untuk membuat penonton terbiasa dengan karakter channel Anda. Misalnya, ketika Anda menggunakan fontForte”, maka gunakan jenis font tersebut di semua video. Jadi, ketika penonton melihat jenis font tersebut, mereka langsung ingat dengan channel Anda.

Dengan demikian, jenis font tidak hanya berfungsi sebagai pemanis saja, namun font ini juga bisa menjadi ciri khas channel YouTube Anda, bukan?

6. Hindari Clickbait

Clickbait adalah pemilihan judul yang sensasional dan sangat menarik, dengan tujuan agar penonton mengklik video atau link yang ditampilkan. Namun, istilah ini sering digunakan ketika ada ketidaksesuaian antara judul dan isi.

Clickbait patut dihindari agar penonton tidak merasa tertipu saat menonton unggahan video. Hal ini bisa merusak reputasi dan kepercayaan penonton terhadap channel Anda.

Pilihlah foto dan elemen lain dalam thumbnail YouTube yang memang menggambarkan isi video. Jangan mengedepankan tujuan mendapat jumlah penonton yang banyak, hingga an mengabaikan kepercayaan penonton.

Demikianlah penjelasan seputar pengertian, ukuran thumbnail YouTube, hingga tips membuat thumbnail. Semoga tips di atas bisa membantu Anda untuk membuat thumbnail yang menarik, yang dapat meningkatkan jumlah view konten Anda. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing