Rumahweb Blog
Banner - Tutorial WordPress Mengenal Fitur dan Cara Membuat Posting

Tutorial WordPress: Mengenal Fitur dan Cara Membuat Posting

WordPress memberi kemudahan dalam membuat website tanpa kemampuan programming. Cukup dengan beberapa klik serta drag and drop, Anda sudah dapat membuat website. Selain itu, tutorial WordPress jika banyak tersebar di internet. Jadi, tidak ada alasan untuk  tidak memiliki website karena tidak bisa membuatnya. 

Apa itu WordPress?

WordPress menjadi salah satu pilihan terbaik dalam membuat website, baik untuk pemula, maupun yang sudah profesional. Berbagai jenis website bisa dibuat dengan mudah menggunakan WordPress. Mulai dari website company profile, website sekolah, rumah sakit, bahkan toko online sekalipun.

Lalu, apa itu WordPress? WordPress adalah salah satu CMS (Content Management System) yang dapat digunakan untuk membuat website dengan mudah, tanpa perlu memahami bahasa pemrograman.

Selain menyediakan berbagai pilihan template profesional, WordPress juga mudah dioptimasi agar bisa bersaing dan merajai pencarian di Google.

Hingga saat ini, sekitar 40% website yang ada di seluruh dunia dibuat menggunakan WordPress. Hal ini menunjukkan bahwa WordPress masih menjadi pilihan membuat website dengan mudah. 

Tutorial cara Install WordPress

Langkah pertama untuk membuat website adalah memiliki domain dan hosting. Singkatnya, domain akan menjadi alamat website Anda di internet, sedangkan  hosting digunakan untuk menyimpan file websitenya. Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu domain dan apa itu hosting.

Setelah mengetahui apa itu domain dan hosting, pastikan Anda sudah memiliki keduanya. Jika belum, Rumahweb menyediakan promo hosting murah terbaik yang dapat digunakan. 

Setelah layanan aktif, selanjutnya Anda dapat melakukan instalasi WordPress di control panel hosting. Berikut ini panduan instalasi WordPress yang dapat Anda ikuti:

Jika Anda ingin membuat website WordPress di lokal komputer/localhost terlebih dahulu, maka Anda dapat melakukan instalasi WordPress di localhost.

Setelah website selesai dibuat di localhost, Anda dapat mengonlinekan websitenya dengan mengupload ke hosting. Ikuti panduan cara upload WordPress dari localhost ke hosting berikut untuk melakukannya.

Mengenal Fitur WordPress

Mudah kan cara instalasinya? Sampai tahap ini, website sudah bisa digunakan dengan tampilan default dari WordPress. Selanjutnya Anda dapat mengisi konten dan melakukan optimasi.

Supaya lebih maksimal, pastikan Anda sudah memahami cara penggunaan fitur WordPress berikut ini. 

1. Dashboard

Di bagian dashboard, Anda akan menemukan informasi umum website. Seperti informasi pembaharuan WordPress, themes, plugins, jumlah unggahan yang telah dibuat, serta jumlah komentar yang didapatkan.

2. Posts

Post merupakan fitur yang dapat digunakan untuk membuat artikel WordPress. Di bagian ini ada beberapa menu, seperti:

  • All Post : Melihat kumpulan artikel. 
  • Add New : Membuat artikel baru. 
  • Categories : Mengelola kategori.
  • Tags : Tag mirip dengan kategori, tetapi dibuat lebih bebas. Tags bermanfaat untuk SEO website

3. Media

Fitur ini merupakan kumpulan Gallery berupa gambar, video, atau audio. Selanjutnya, seluruh media yang sudah diupload dapat dipantau melalui fitur ini.

4. Pages

Fitur ini dapat digunakan untuk membuat halaman website. Anda dapat membuat halaman sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, membuat halaman home, kontak, tentang saya, dan masih banyak lagi.

5. Comments

Fitur comments dapat digunakan untuk mengelola komentar yang masuk ke website.

6. Appearances

Appearances adalah fitur yang digunakan untuk mengelola template WordPress. Melalui fitur ini, Anda dapat melakukan instalasi template baru, edit template, serta mengatur tampilan template website.

7. Plugins

Plugin merupakan fitur unggulan yang membuat WordPress menjadi salah satu CMS populer. Melalui fitur ini, Anda dapat menginstal plugin pendukung WordPress.

Ada berbagai pilihan plugin gratis dan berbayar yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, untuk optimasi, ataupun digunakan untuk mendapatkan fitur website lain yang Anda butuhkan.

8. User

User adalah fitur WordPress yang digunakan untuk mengelola website. Anda dapat membuat user baru, menghapus, atau mengubah hak aksesnya.

9. Tools

Tools merupakan fitur lanjutan dari WordPress. Melalui fitur ini, Anda dapat melakukan import dan export konten website

10. Settings

Pada fitur Setting, Anda dapat melakukan pengaturan title, tagline, URL website, timezone, format waktu, bahasa, dan user role.

Itulah berbagai fitur WordPress yang dapat Anda manfaatkan. Dengan memahami fitur dan menu yang ditawarkan oleh WordPress, Anda akan lebih mudah dalam membuat website.

Tutorial Membuat Postingan di WordPress

Setelah memahami fitur-fitur WordPress, selanjutnya Anda dapat mulai membuat unggahan di WordPress. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Login ke halaman WordPress Admin website Anda melalui URL namadomain/wp-admin.
  2. Klik menu Posts > Add New.

Selanjutnya Anda sudah dapat membuat artikel melalui halaman tersebut. Jangan lupa melakukan setting permalink, category, dan tags, supaya website lebih mudah ditemukan. Ikuti panduan kami tentang cara membuat postingan di WordPress berikut untuk informasi lebih lanjut. 

Tutorial Mendesain Tampilan Website di WordPress

Pada bagian ini kami akan menjelaskan cara membuat halaman statis di WordPress, khususnya untuk tampilan Homepage. Berikut panduan memilih  halaman (page) yang sudah dibuat sebelumnya sebagai halaman utama website.

  1. Login ke halaman Admin website Anda melalui URL namadomain/wp-admin.
  2. Klik menu Setting > Reading.
  3. Pada bagian Your Home Page Display > pilih opsi A Static Page. Selanjutnya, pilih halaman yang ingin dijadikan sebagai halaman statis website.
  4. Klik Save untuk menyimpan pengaturannya. 

Jika Anda belum sempat membuat halaman website, Anda juga dapat membuatnya terlebih dahulu.

Video Tutorial Pembuatan Website di WordPress

Jika Anda masih bingung melakukan pengaturan WordPress, simak video panduan pembuatan website di WordPress berikut ini:

Penutup

Demikianlah tutorial WordPress mengenal fitur dan cara membuat posting di WordPress. Semoga dengan membaca dan mengikuti panduan dari kami, dapat memudahkan Anda dalam membuat website!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Anggit Puguh