Rumahweb Blog
banner blog - Tutorial Cara Download WordPress Terbaru

Tutorial Cara Download WordPress Terbaru

Jika Anda ingin membuat website namun kebetulan tidak atau belum menguasai bahasa pemrograman, Anda bisa mengambil jalan pintas dengan menggunakan CMS atau Content Management System. CMS merupakan software yang digunakan untuk membuat atau mengedit website dengan lebih mudah. Tersedia berbagai jenis CMS yang dapat digunakan, misalnya WordPress, Joomla, dan lain sebagainya.

Di antara banyaknya pilihan CMS, WordPress masih jadi yang paling populer dan banyak digunakan. Faktanya, WordPress digunakan sebanyak 65.1% dari semua situs web yang menggunakan Content Management System, serta 42,2% total website di seluruh dunia yang dibuat menggunakan CMS ini. Menariknya, WordPress memiliki sifat open-source yang berarti aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan bebas dimodifikasi.

WordPress dikenal sering melakukan update software setiap tahunnya. Pada bulan Maret 2021, WordPress berencana kembali merilis versi software terbaru mereka, yaitu WordPress 5.7. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan sistem keamanan, memperbaiki bug, menambahkan fitur baru, atau meningkatkan fitur yang sudah ada agar tetap up-to-date. Oleh karena itu, pastikan Anda untuk selalu menggunakan WordPress versi terbaru.

Cara Download WordPress Terbaru

Lalu bagaimana cara mendownload dan menginstall WordPress? Bagi Anda yang memiliki layanan hosting di Rumahweb, WordPress dapat diinstall secara langsung melalui Softaculous, fitur auto-installer yang disediakan oleh Rumahweb, dengan panduan pada artikel berikut.

Jika tidak, Anda pun bisa download WordPress terbaru secara manual dengan langkah berikut :

1. Akses wordpress.org

image 1 - Tutorial Cara Download WordPress Terbaru

2. Klik tombol ‘Get WordPress’ seperti pada gambar berikut.

image 2 - Tutorial Cara Download WordPress Terbaru

3. Scroll halaman ke bawah hingga menemukan tombol ‘Download WordPress…’ seperti yang tertera pada kotak berwarna merah. Pada halaman ini, Anda dapat mendownload file instalasi WordPress versi terbaru yang sudah resmi dirilis. Saat ini tersedia WordPress versi 5.6.1.

image 3 - Tutorial Cara Download WordPress Terbaru

4. Akan muncul pop-up seperti pada gambar berikut, dan file instalasi WordPress akan terdownload secara otomatis pada perangkat yang digunakan.

Setelah file instalasi WordPress selesai di-download, selanjutnya Anda dapat melakukan instalasi secara manual pada hosting Anda melalui control panel yang digunakan. Berikut artikel panduan cara instalasi WordPress melalui cPanel, Plesk Panel, dan localhost.

Anda juga dapat membaca berbagai artikel panduan penggunaan WordPress lainnya melalui link berikut. Tersedia juga video tutorial pembuatan website menggunakan WordPress yang dapat Anda simak di akun YouTube Rumahweb.

Demikian cara download WordPress terbaru dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda