Rumahweb Blog
Banner - Trend usaha rumahan 2021

Trend Usaha Rumahan 2021 yang Bikin Cepet Kaya!

Banyak orang berkeinginan memiliki sebuah bisnis. Terlebih sejak adanya pandemi, tidak sedikit orang yang harus memikirkan cara mendapat penghasilan tambahan. Kondisi ini memicu tren usaha rumahan menjadi marak digeluti orang dari berbagai kalangan.

Selain itu, banyak dari mereka yang menggeluti usaha rumahan ternyata dapat lebih sukses dan memiliki omset besar dibanding pekerjaan sebelumnya. Pada tahun 2021, perkembangan usaha rumahan nampaknya masih akan terus naik seiring dengan banyaknya tren yang juga terus bermunculan.

Ide Usaha Rumahan

Apakah Anda ingin mencoba memulai bisnis rumahan Anda sendiri? Berikut 10 ide usaha rumahan yang dapat Anda coba untuk menambah penghasilan:

1. Bisnis Dropship

Bisnis dropship adalah salah satu bisnis rumahan yang sangat mudah untuk dijalankan dan tidak perlu modal besar. Hal yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis ini adalah mencari tahu barang apa yang ingin dijual dan mencari kontak supplier terpercaya.

Anda juga tidak perlu menyediakan gudang, karena supplier akan mengirimkan langsung barang yang sudah dibeli ke alamat para pembeli.

Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu bisnis dropship: Apa itu Dropshipping? Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper?

2. Bisnis Katering Sehat

Apakah Anda memiliki hobi memasak? Jika iya, maka Anda bisa menjadikan hobi ini menjadi peluang usaha rumahan. Anda dapat membuka katering makanan, mulai dari camilan sampai makanan sehat. 

Kebiasaan untuk hidup sehat kini semakin banyak peminatnya, Anda dapat menjadikan tren ini sebagai peluang bisnis rumahan. Ditambah padatnya kesibukan orang, terutama pekerja, membuat mereka tidak memiliki waktu lebih untuk memasak. Tentu ini dapat menjadi “lahan basah” bagi Anda.

3. Affiliate Marketing

Dalam Affiliate Marketing, Anda bisa mendapatkan uang dari mempromosikan produk dari sebuah brand.

Bidang ini tentu dapat dijadikan ide usaha rumahan yang menjanjikan. Dengan menjadi seorang Affiliate Marketing, Anda bisa mendapatkan komisi dari setiap barang yang berhasil dijual melalui promosi yang dilakukan.

4. Preloved Barang

Peluang usaha rumahan selanjutnya adalah menjual barang-barang bekas yang mungkin sudah tidak Anda pakai ke situs jual beli barang bekas seperti Carousell, atau Anda juga dapat menjualnya melalui media sosial. 

Kategori barang preloved yang paling laku saat ini adalah baju dan aksesoris, seperti topi dan tas. Meskipun bekas, pastikan kualitasnya masih baik sehingga memiliki harga jual yang tinggi.

Bisnis ini menjadi usaha rumahan yang menjanjikan karena bisa dilakukan tanpa mengeluarkan modal apapun.

5. Jasa Social Media Management

Membuka jasa social media management menjadi ide usaha rumahan yang patut dicoba. Anda dapat menawarkan jasa ini ke perusahaan atau brand baru yang membutuhkan promosi melalui akun media sosial mereka.

Banyak pemilik bisnis yang masih belum memahami bagaimana promosi melalui media sosial. Fakta ini tentu menjadi peluang besar bagi Anda. Dengan usaha rumahan ini, cukup memiliki internet saja, dan Anda sudah bisa membuka jasa social media management sendiri.

6. Membuka Toko Online

Hampir sama dengan bisnis dropship, untuk membuka sebuah toko online di media sosial atau marketplace,  Anda perlu mencari tahu barang apa saja yang ingin dijual.

Selanjutnya, Anda dapat mulai memasarkan bisnis rumahan, misalnya makanan atau kerajinan, dengan mengunggah katalognya di marketplace.

7. Bisnis Laundry

Pilihan lain adalah dengan membuka laundry. Bisnis ini tidak memerlukan skill atau keterampilan khusus. Cukup bermodalkan mesin cuci, setrika, dan meja setrika, maka Anda sudah dapat membuka bisnis!

Peluang usaha rumahan ini cocok dicoba untuk Anda yang masih pemula dan baru ingin terjun ke dalam bisnis. Selanjutnya, Anda dapat mempromosikan usaha laundry yang dimiliki kepada tetangga atau teman-teman terdekat.

8. Fotografer Produk

Jika Anda memiliki keahlian fotografi dan memiliki selera bagus dalam memotret, menjadi fotografer produk dapat Anda jajal sebagai ide usaha rumahan yang cukup menjanjikan.

Anda dapat bekerjasama dengan brand atau perusahaan baru untuk menggunakan jasa foto produk. Sebelum memulai, Anda harus mempersiapkan sebuah mini studio untuk melakukan pemotretan produk dan menambah beberapa properti yang dibutuhkan agar hasil foto menjadi lebih menarik. 

9. Jasa Mengajar

Karena sistem pembelajaran saat ini masih menggunakan sistem daring, hal ini dapat menjadi peluang usaha rumahan yang bisa dicoba. Anda dapat memanfaatkan aplikasi video conference, seperti Zoom atau Google Meet, untuk bisa mengajar secara online.

Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup banyak, ide usaha rumahan ini sangat pas untuk dicoba sebagai usaha sampingan. 

10. Jual Beli Tanaman

Tren mengoleksi tanaman hias nampaknya belum pudar dan selalu terdapat hal baru setiap harinya. Hal ini bisa Anda lihat menjadi sebuah ide usaha rumahan yang bisa dicoba.

Hal yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu tren tanaman apa yang saat ini sedang digandrungi. Selanjutnya, Anda bisa langsung mencobanya untuk membudidayakan tanaman tersebut dan menjualnya sesuai harga jual pasar saat ini.

Peluang bisnis rumahan yang satu ini juga cukup menjanjikan, loh! Sebab Anda bisa mendapatkan omset hingga jutaan rupiah jika bisnis Anda berhasil menjangkau konsumen lebih luas.

Berikut 10 peluang usaha rumahan yang dapat Anda coba untuk digeluti. Ingat, untuk menjalankan bisnis, Anda harus menyiapkan modal yang cukup dan mengikuti perkembangan tren yang ada.

Selain itu, jangan lupa untuk promosikan bisnis yang sedang Anda jalankan ke berbagai platform media sosial agar bisa menjangkau lebih banyak pembeli. Berani mencoba?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents