Rumahweb Blog
gambar artikel - Apa itu Topologi Star adalah

Apa itu Topologi Star? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Jika Anda ingin mengaplikasikan topologi jaringan pada beberapa tempat, seperti sekolah, perkantoran, warnet, instansi pemerintah, dan beberapa tempat lainnya, topologi star adalah jawaban yang tepat.

Adanya hubungan antara unsur dasar penyusun, seperti link, node, dan station merupakan gambaran dari topologi jaringan. Ada enam kategori utama dalam topologi jaringan, yaitu ring, mesh, linier, bus, tree, dan yang akan dibahas pada artikel ini, star.

Bagi Anda yang ingin mengembangkan jaringan dengan model star, ada baiknya mengetahui lebih dalam tentang pengertian, ciri-ciri, cara kerja, kelebihan, kekurangan, hingga contoh gambar topologi star berikut:

Pengertian Topologi Star

Topologi star adalah topologi yang menghubungkan beberapa komputer dengan menggunakan pusat server, berupa hub atau switch. Nama topologi star digunakan karena model jaringannya menyerupai bintang, di mana perangkat komputer terletak bercabang, dengan server di tengah sebagai pusat.

Pusat server, berupa hub atau switch, berfungsi sebagai pengontrol dan pengatur untuk pengiriman data dari semua komputer yang terhubung dalam jaringan. Sederhananya, proses pengiriman data dilakukan melalui pusat server terlebih dahulu.

Selanjutnya, data akan dikirimkan ke komputer sesuai tujuannya, bahkan bisa juga ke seluruh komputer client.

Dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa topologi star adalah model jaringan yang sering dipakai oleh perusahaan dengan alur data terpusat. Dengan topologi ini, semua data akan difilter terlebih dulu oleh server pusat, baik data yang dikirim maupun diterima, baru kemudian akan diteruskan ke node tujuan.

BACA JUGA: Apa itu Topologi Tree? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Ciri-ciri Topologi Star

Banyaknya jumlah kategori utama dalam topologi jaringan, tentu akan menyulitkan Anda untuk mengenali satu sama lain. Namun sebenarnya, Anda dapat dengan mudah membedakannya selama bisa memahami karakteristiknya.

Ciri-ciri topologi star adalah sebagai berikut:

  1. Setiap client akan terhubung dengan pusat server. Pengiriman data akan mengalir dari client ke server, kemudian kembali lagi.
  2. Mudah untuk memindahkan perangkat-perangkat lain serta mendeteksi kesalahannya.
  3. Topologi star adalah topologi yang mudah dikembangkan, karena setiap node mempunyai kabel yang mengarah ke pusat node.
  4. Kabel yang pendek dapat digunakan, karena cukup untuk menangani lalu lintas pada jaringan.
  5. Jaringan tidak akan terpengaruh jika ada gangguan pada salah satu node.
  6. Jenis kabel yang dipakai adalah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan konektor RJ-45
  7. Karena hanya menjalankan satu trafik, topologi star adalah pengguna kabel lower. Sebuah kabel yang biasa digunakan pada kabel UTP.

Kelebihan Topologi Star

Masing-masing topologi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan jaringan Anda. Topologi star adalah topologi yang mempunyai beberapa kelebihan bila diterapkan dalam sebuah jaringan, baik jaringan berskala kecil maupun besar. 

1. Mudah Perawatannya 

Topologi star adalah salah satu model jaringan yang bisa dirawat dengan mudah. Dibutuhkan perawatan rutin pada setiap jaringan komputer untuk memeriksa apakah setiap komponen masih bisa bekerja dengan baik atau tidak. 

Anda perlu menganalisa perangkat tersebut, apakah masih berjalan sebagaimana mestinya atau tidak. Pemeriksaan akan berlangsung sederhana, karena topologi star adalah model jaringan yang hanya terdiri atas hub atau switch serta beberapa komputer client.

Jika ada satu komputer client rusak, Anda tak perlu khawatir karena lalu lintas jaringan akan tetap terjaga.

2. Kecepatan Transfer Data yang Cukup Besar

Kelebihan lain dari topologi star adalah kecepatan transfer data yang cukup besar dalam jaringan komputer besar. Pengiriman data menjadi lebih efisien karena setiap client terhubung dengan pusat server, sehingga mempunyai kecepatan transfer data yang sama.

3. Mudah Dilakukan Pengembangan

Instalasi topologi star adalah tindakan menghubungkan dari perangkat ke hub. Anda hanya perlu menghubungkan komputer ke server apabila ingin melakukan pengembangan dengan menambah komputer client lagi.

Proses deteksi kesalahan dalam jaringan akan semakin mudah, karena data akan dikelola secara terpusat.

BACA JUGA: Apa itu Topologi Ring? Pengertian, Fungsi, hingga Contohnya

Kekurangan Topologi Star

Semua kelebihan di atas bukan berarti menggambarkan bahwa sistem topologi star adalah model jaringan tanpa cela. Adanya kekurangan justru penting, sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memakai topologi star. Berikut ini beberapa kekurangan topologi star.

1. Biaya Relatif Besar

Sebuah kelebihan menyenangkan bisa menggunakan model jaringan yang mudah dikembangkan. Namun, harga yang harus dibayar dari kemudahan menggunakan sistem topologi star adalah adanya kebutuhan kabel yang cukup banyak.

Bagaimana tidak, setiap client membutuhkan kabel. Semakin banyak client tentu berdampak pada meningkatnya kebutuhan kabel. Otomatis biaya yang harus dikeluarkan juga semakin besar.

2. Jumlah Perangkat Memengaruhi Kecepatan Transfer Data

Jumlah perangkat yang sedikit membuat lalu lintas pengiriman data semakin cepat. Sebaliknya, seiring bertambahnya jumlah perangkat, berdampak pula pada penurunan kecepatan transfer data.

Semakin banyak perangkat membuat lalu lintas bertambah tinggi dan kualitas jaringan menurun.

3. Hub dan Switch Butuh Perhatian Tinggi

Sebagai pusat server, hub atau switch perlu diberi perhatian tinggi. Jika salah satu client rusak memang tak memberi dampak pada komputer lain, namun kerusakan pada hub atau switch merupakan kiamat kecil yang dapat meluluhlantakkan seluruh koneksi jaringan.

Contoh Gambar Topologi Star dan Cara Kerjanya

Topologi star adalah model jaringan yang juga kerap disebut sebagai topologi bintang. Setelah Anda memahami pengertian, karakteristik, hingga kelebihan dan kekurangannya, pada bagian ini Rumahweb menggunakan gambar topologi star untuk menjelaskan cara kerjanya secara sederhana:

Gambar topologi star adalah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa topologi star adalah model jaringan yang mengandalkan hub atau switch sebagai pusat server. Berikut ini merupakan cara kerja dari topologi bintang:

  1. Setelah hub atau switch terpasang, satu per satu kabel dipasang ke dalam port hub yang akan dipakai sebagai pusatnya.
  2. Sesudah kabel terpasang, sambungkan kabel tersebut ke masing-masing komputer client.
  3. Setiap client harus terhubung ke hub, sehingga setiap client harus memiliki setidaknya satu kabel. Karena dengan menghubungkan kabel dari hub ke seluruh komputer client, membuat setiap client akan mendapatkan data atau informasi yang sama sebagaimana yang dimiliki oleh server. 
  4. Meskipun kualitas transfer data dapat menurun, tetapi Anda masih bisa meningkatkannya dengan jenis topologi star hybrid. Tipe kabel yang dipakai dalam topologi star hybrid lebih beragam, untuk membuat kualitas transfer paket data lebih kuat.

BACA JUGA: Apa itu Topologi Mesh? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa jika Anda ingin memasang model jaringan pada beberapa tempat seperti sekolah, perkantoran, warnet, instansi pemerintah, dan beberapa tempat lainnya, topologi star adalah jawabannya!

Topologi star adalah model jaringan dimana setiap client akan menerima data yang sama seperti yang dimiliki oleh komputer server. Disebut topologi bintang karena bentuknya demikian, yakni dengan pusat server (hub atau switch) berada di tengah-tengahnya.

Topologi ini juga memiliki beberapa kelebihan berupa kemudahan perawatan, kecepatan transfer data, dan pengembangan yang mudah dilakukan.

Meskipun demikian, pada saat yang sama, ada juga beberapa kekurangan, seperti potensi membengkaknya biaya kabel, kurangnya kecepatan transfer data bila perangkat semakin banyak, serta hub dan switch yang perlu diberi perhatian tinggi.

Sebagai informasi, Rumahweb tidak hanya menyajikan artikel tentang jaringan internet saja. Namun, juga memiliki layanan penjualan domain dan hosting untuk keperluan website! Onlinekan bisnis Anda sekarang, dengan domain murah dan hosting unlimited dengan harga terbaik dari Rumahweb Indonesia!

Demikian artikel Rumahweb tentang pengertian, karakteristik, kelebihan, dan kekurangan serta gambar topologi star. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 1 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.