Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu TLS adalah

Apa itu TLS? Pengertian hingga Perbedaannya dengan SSL

TLS adalah protokol yang digunakan untuk mengamankan komunikasi jaringan. Kabarnya, TLS lebih secure dari SSL. Apakah benar? Mari ketahui lebih lanjut tentang apa itu TLS, pengertian, hingga perbedaannya dengan SSL berikut!

TLS dan SSL sama sama berperan mengamankan komunikasi antara pengguna ke server agar terenkripsi sehingga lebih aman. Namun keduanya tetap memiliki perbedaan masing-masing. 

Sederhananya, SSL disebut sebagai senior, atau pendahulu dari komunikasi yang aman, dan TLS lahir sebagai penerusnya, untuk melakukan perbaikan pada celah keamanan yang ada pada SSL. Makin penasaran? Simak penjelasan selengkapnya tentang apa itu TLS berikut ini!

Apa itu TLS

TLS adalah singkatan dari Transport Layer Security, yaitu suatu protokol keamanan yang digunakan untuk mengamankan komunikasi di jaringan. TLS melakukan pengamanan komunikasi data yang dikirimkan melalui jaringan dengan cara melakukan enkripsi end to end serta autentikasi, sehingga informasi sensitif yang dikirimkan melalui jaringan bisa terlindungi dengan baik. 

Jadi, informasi penting dan rahasia, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, wajib diamankan. TLS adalah protokol yang berperan untuk melakukan pengamanan informasi ini.

BACA JUGA : Kelebihan SSL berbayar dibandingkan dengan SSL Gratis

Promo Hosting Murah Rumahweb

Fungsi TLS

Jika disimpulkan, fungsi TLS adalah untuk mengamankan komunikasi antara pengguna dengan server di jaringan internet. Untuk melakukan tugas yang penting ini, TLS memiliki beberapa fungsi lain, antara lain:

  1. Enkripsi Data

Data yang ditransmisikan di jaringan internet akan dienkripsi terlebih dahulu oleh TLS. Enkripsi data yang dilakukan membuat proses pertukaran data lebih aman karena tidak bisa dibaca oleh pihak yang tidak berwenang. 

  1. Autentikasi

TLS juga berfungsi memastikan pengguna dapat terhubung dengan server yang benar, serta memastikan bahwa server tersebut memiliki sertifikat yang valid. 

  1. Integritas Data

Fungsi selanjutnya dari TLS adalah memastikan data yang ditransmisikan adalah data yang asli, yang tidak di dimanipulasi saat proses transmisi. 

  1. Kerahasiaan

TLS juga menjaga kerahasiaan data yang ditransmisikan, sehingga hanya pihak yang berwenang saja yang dapat melihat dan mengakses datanya. 

Itulah 4 fungsi TLS untuk memastikan data yang dikirimkan melalui jaringan internet dapat diterima dengan baik, tanpa dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Cara Kerja TLS

Setelah mengetahui apa itu TLS dan fungsinya, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang cara kerja TLS. Singkatnya, TLS melakukan pengamanan data dengan cara mengenkripsi dengan teknik enkripsi simetris dan asimetris. Berikut penjelasan mengenai cara kerja TLS: 

1. Handshake

Sebelum proses pertukaran data antara pengguna dengan server terjadi, hal pertama yang dilakukan pengguna adalah melakukan proses handshake pada server yang dilindungi TLS.

Setelah itu, server akan memberikan sertifikat kepada pengguna, untuk memastikan pengguna dapat terhubung dengan server yang benar.

Selanjutnya, dari sisi pengguna akan memastikan bahwa sertifikat yang dikirimkan adalah sertifikat yang valid, dan sertifikat tersebut diterbitkan oleh  otoritas sertifikat yang terpercaya.  

2. Enkripsi Simetris

Setelah proses handshake dilakukan, server akan melakukan generate kunci enkripsi simetris, yang akan disampaikan ke pengguna. Kunci ini digunakan untuk mengenkripsi data yang ditransmisikan antara pengguna dengan server.  

3. Enkripsi Asimetris

Enkripsi asimetris digunakan TLS untuk mengenkripsi kunci simetris yang digunakan dalam proses enkripsi data. Kunci asimetris menggunakan pasangan antara private key dengan public key di mana pasangan kunci harus valid.

Public key digunakan untuk enkripsi data, sedangkan private key digunakan untuk dekripsi data dari data yang dienkripsi. 

4. Enkripsi Data

Bila kunci simetris dan asimetris telah disepakati bersama antara pengguna dan server, data yang ditransmisikan akan dipecah menjadi beberapa paket, yang kemudian akan dienkripsi secara terpisah. 

5. Dekripsi Data

Setelah data diterima di server tujuan, kunci enkripsi simetris akan berperan untuk melakukan dekripsi data, sehingga hasil akhirnya data kembali ke bentuk aslinya. 

Dari proses cara kerja yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa TLS memberikan keamanan dan perlindungan pada data dan informasi sensitif yang ditransmisikan melalui internet. 

DAPATKAN – SSL Gratis untuk Semua Pelanggan Hosting di Rumahweb

Perbedaan TLS dan SSL

TLS dan SSL memiliki peran yang sama, yaitu mengamankan pertukaran data antara pengguna dengan server. Meskipun memiliki peran yang sama, keduanya juga memiliki perbedaan. Apa saja?

1. Keamanan

TLS memiliki algoritma yang lebih kuat dibandingkan algoritma yang digunakan SSL. SSL memiliki beberapa kerentanan, terutama pada versi SSL lama, yakni pada versi SSLv3.

2. Kinerja

Kinerja TLS disebut lebih baik daripada SSL. TLS dapat mengoptimalkan proses kompresi data dan juga proses enkripsi, sehingga beban server menjadi lebih ringan. 

3. Nama

TLS adalah pengembangan dari SSL, namun menggunakan versi yang berbeda. Sebagai contoh versi yang digunakan oleh TLS adalah versi TLSv1.0, TLSv1.1, TLSv1.2, dan TLSv1.3. Sedangkan versi yang digunakan oleh SSL, menggunakan versi SSLv2, SSLv3, dan TLSv1.0. 

4. Kompatibilitas

Berbicara tentang kompatibilitas, keduanya tidak selalu kompatibel satu sama lain. Beberapa perangkat mungkin hanya kompatibel dengan versi SSL atau TLS tertentu. 

5. Penggunaan

TLS disebut lebih banyak digunakan dari pada SSL. 

Untuk memudahkan Anda dalam memahami perbedaan TLS dan SSL, silahkan simak tabel perbandingan berikut ini.

FiturTLSSSL
Versi TerakhirTLS 1.3SSL 3.0
Port587465
KeamananLebih aman dan kuatLebih rentan terhadap
serangan
KriptografiMenggunakan algoritma
kriptografi modern (AES,
SHA-256, dll.)
Menggunakan algoritma
kriptografi kuno (DES, RC4,
dll.)
PenyandianMenggunakan teknik
penyandian yang lebih
efisien (block cipher)
Menggunakan teknik
penyandian yang kurang
efisien (stream cipher)
SertifikatMenggunakan format
sertifikat X.509
Menggunakan format
sertifikat X.509
KinerjaLebih cepat dan efisienLebih lambat dan
membutuhkan lebih
banyak sumber daya
Dukungan ProtokolDukungan untuk versi
protokol yang lebih baru
(TLS 1.2, 1.3)
Dukungan terbatas untuk
versi protokol yang lebih
baru (SSL 2.0, 3.0)
Keamanan KoneksiMenggunakan mekanisme
pertukaran kunci yang lebih
aman (Diffie-Hellman, ECDHE)
Menggunakan mekanisme
pertukaran kunci yang
kurang aman (RSA)
KetersediaanLebih banyak dukungan dan
diadopsi secara luas di
industri
Dukungan semakin
berkurang dan
dianggap usang
KompatibilitasKompatibel dengan SSL
melalui mode Kompatibilitas
Kompatibel dengan TLS
melalui mode kompatibilitas

TLS disebut lebih aman dibandingkan dengan SSL. Meskipun masih ada cukup banyak aplikasi yang menggunakan SSL, namun disarankan untuk segera beralih ke TLS versi terbaru, dengan konfigurasi yang tepat supaya lebih aman dan efektif. 

Kesimpulan

Jadi TLS adalah protokol keamanan yang bertugas mengamankan komunikasi  jaringan antara klien dan server. Walau TLS dan SSL sama-sama berperan dalam memberikan keamanan saat terjadi komunikasi di jaringan, namun TLS disebut lebih aman dibandingkan SSL. 

Menariknya, meskipun kini TLS lebih banyak digunakan, masih banyak orang yang yang menyebut SSL karena lebih familiar dibandingkan TLS. Jika Anda melakukan pemesanan SSL di Rumahweb, Anda juga sudah mendapatkan produk TLS, sehingga website menjadi lebih aman. Anda dapat mengecek setup SSL/TLS melalui tautan berikut

Jika saat ini Anda sedang mencari layanan hosting terbaik dengan jaminan keamanan, layanan hosting Rumahweb dapat menjadi pilihan yang tepat.

Di Rumahweb, Anda bisa mendapatkan fasilitas klinik website gratis, untuk mengobati website yang “sakit”, lambat, dan rentan dari serangan keamanan. “Dokter” kami akan membantu Anda melakukan analisis penyebab penyakit dan memberikan resep yang tepat.

Kami juga dapat membantu mengupdate CMS, membersihkan malware, dan biaya pengobatannya pun gratis! Demikian artikel kami tentang apa itu TLS, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Anggit Puguh

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb