Rumahweb Blog
og - Tips Memilih Tema WordPress yang Ramah SEO

Tips Memilih Tema WordPress yang Ramah SEO

Memilih tema WordPress adalah proses yang cukup sulit. Tema merupakan komponen yang akan dilihat pertama kali oleh pelanggan saat berkunjung ke website Anda. Tema yang menarik akan memberikan kesan yang bagus, akan melahirkan cinta pada pandangan pertama. Sebaliknya, tema yang kurang menarik akan membuat pelanggan enggan berlama-lama berada di website Anda.  

tema yang digunakan harus sesuai kebutuhan saat ini, seperti desain yang menarik, ramah SEO, dan juga user friendly. Sebagai contoh, jika Anda mempunyai bisnis pakaian, namun tema website Anda terlalu banyak teks daripada gambar dan cenderung menggunakan warna yang gelap atau hitam.

Desain seperti ini, jika diterapkan untuk bisnis pakaian bisa membuat pelanggan Anda merasa kurang puas dan tidak tertarik dengan tampilan di dalam website Anda. Namun, di tengah sibuknya memilih tema dan menyesuaikan desain, satu hal yang biasanya terlewatkan adalah aspek SEO.

Sebagai pemilik website WordPress, Anda harus memastikan tema Anda SEO friendly. Hal ini tidak hanya membantu website Anda mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin telusur, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Dalam artikel ini, Rumahweb akan membahas WordPress, SEO, serta pentingnya tema WordPress yang ramah SEO untuk website WordPress Anda. Hal pertama yang akan dibahas adalah tentang bagaimana website WordPress membantu Anda dalam meningkatkan SEO.

WordPress adalah platform yang memiliki sejumlah fitur built-in yang membantu meningkatkan SEO website Anda. Beberapa dari fitur ini adalah struktur URL yang membantu dalam meningkatkan peringkat mesin pencari Anda bersamaan dengan kategori, tag, plugin, dll.

Selain itu, WordPress merilis pembaruan rutin untuk memperbaiki bug di dalam kode yang membuat website Anda lebih aman, cepat dan lebih efisien.

5 Hal Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Memilih Tema WordPress

Setelah membahas beberapa fitur WordPress, sekarang mari beralih ke tampilan website. WordPress memiliki tema default, serta tema customized. Ide sebuah tema adalah menyajikan suatu website kepada pengunjung dengan cara yang membuatnya menarik, selain itu juga harus mencerminkan hati dan jiwa dari bisnis Anda.

Ada sejumlah tema WordPress yang ramah SEO. Tapi bagaimana Anda mengetahui mana yang terbaik diantara tema tersebut ?

Lihat 5 hal utama yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih tema WordPress yang optimal bagi SEO

  1. Desain responsif dan Mobile-first

Saat ini sebagian besar pengguna internet mengakses website tidak hanya melalui komputer desktop ataupun laptop, tetapi juga melalui ponsel dan tablet. Hal inilah yang membuat website yang responsif sangat diperlukan. Jika website Anda belum responsif, kemungkinan nantinya akan banyak pelanggan Anda yang pergi karena merasa kurang nyaman.

Pemilihan tema memainkan peran penting di sini. Pastikan memilih tema WordPress yang kompatibel dengan perangkat seluler, sehingga dengan perangkat apapun yang digunakan oleh pengunjung saat menjelajahi website Anda, mereka tidak merasa kesulitan.

  1. Kompatibel dengan Berbagai Browser

Selain responsif dan mobile-friendly, tema yang Anda pilih harus kompatibel dengan berbagai browser. Kompatibilitas lintas-browser penting karena pengguna tidak hanya melihat website Anda di satu janis browser saja, tetapi juga menggunakan banyak pilihan browser lain yang berbeda, dan setiap browser menafsirkan kode dengan cara yang berbeda.

Jika browser tertentu tidak mendukung website Anda, meskipun tema Anda responsif, bisa jadi tema Anda tidak ditampilkan dengan benar. tema WordPress yang ramah SEO harus kompatibel dengan browser populer seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan Safari.

  1. Kompatibel Dengan Berbagai Plugin SEO

Plugin adalah bagian yang tak terpisahkan dari website WordPress. Akan jadi masalah jika tema yang Anda pilih tidak sesuai dengan plugin-plugin yang ada di WordPress. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan bahwa tema yang Anda pasang tidak hanya SEO friendly tetapi juga kompatibel dengan plugin yang Anda miliki atau butuhkan. Jika tema itu benar-benar dioptimalkan oleh SEO, maka tentunya tidak akan berlawanan dengan plugin SEO WordPress.

  1. Cari Tema Yang Ringan

Jika tema Anda terlalu komplek dan memiliki banyak elemen, hal ini yang akan membuat website Anda dimuat dengan waktu yang lebih lama. Proses pemuatan yang lama secara otomatis memperlambat kecepatan website, yang mengakibatkan tidak munculnya beberapa atau seluruh elemen di dalam website.

Sebagian besar tema WordPress yang ramah SEO cenderung tidak terlalu besar. Namun ada baiknya Anda cek terlebih dahulu apakah tema yang Anda pilih berat atau ringan sebelum Anda memasangnya. Aspek penting lainnya yang mempengaruhi kecepatan akses tema adalah jenis hosting yang Anda pilih. Karena meskipun Anda memiliki tema dan plugin yang optimal, tidak akan berguna jika layanan hosting Anda lambat.

Kami merekomendasikan WordPress Hosting Rumahweb sebagai opsi terbaik untuk menghosting website berbasis WordPress milik Anda. WordPress Hosting digabungkan dengan tema WordPress yang optimal untuk SEO pasti akan meningkatkan kecepatan loading website Anda.

  1. Terdapat Schema.org Markup

Tema yang menggunakan scheme.org markup cenderung meningkatkan kualitas website dari sudut pandang SEO. Dengan ini, mesin pencari lebih mampu memahami konten website dengan klasifikasi yang lebih baik di dalam daftar mereka. Salah satu efek positifnya adalah meningkatkan jumlah pengunjung di website Anda melalui hasil mesin telusur.

Sebagai penutup, pastikan Anda memilih tema yang tepat untuk website WordPress Anda karena akan membantu Anda menyajikan website yang baik. Semoga artikel tips memilih tema WordPress yang ramah SEO ini membantu Anda mengetahui hal-hal yang harus dicari mengenai tema yang ramah SEO.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi