Rumahweb Blog
banner artikel - tips jualan online di tengah krisis corona

Tips Jualan Online di Tengah Krisis Korona

Pandemi virus Corona sedang melanda seluruh dunia. Untuk menanggulangi meluasnya penyebaran wabah, negara-negara di dunia menerapkan kebijakan isolasi, termasuk Indonesia. Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti dari mana virus ini berasal, akan tetapi dampaknya semakin meluas hingga mempengaruhi sektor ekonomi.

Berbagai bidang usaha mendadak lesu dengan meluasnya krisis Corona. Dari maskapai penerbangan, biro perjalanan, ojek online hingga warung makan, semuanya mengalami penurunan omset cukup signifikan.

Meskipun begitu, tidak semua bidang usaha terdampak secara signifikan oleh krisis Corona, jual beli online salah satu di antaranya. Pada artikel blog kali ini, Rumahweb Indonesia ingin berbagi tips jualan online di tengah krisis Corona.

1. Mematok Harga Yang Wajar

Di tengah musibah seperti saat ini, alangkah bijaksana apabila kita tidak memanfaatkan situasi dengan menjual komoditas di atas harga normal, karena tingginya permintaan. Dengan mematok harga secara wajar, Anda sudah berkontribusi untuk membantu orang-orang melewati krisis ini.

2. Customer Service Yang Baik

Ada kemungkinan, Anda akan kedatangan arus pembeli yang lebih banyak, karena orang-orang sedang mengurangi kontak publik. Pastikan Anda bersedia memberikan customer service online yang sigap untuk mengakomodasi lonjakan pembeli melalui kanal online.

Kalau memungkinkan, Anda bisa merekrut karyawan untuk secara remote, membantu Anda memberikan customer service yang cepat dan informatif.

3. Jaminan Keamanan

Di tengah-tengah wabah yang sedang memuncak, orang-orang cenderung panik dan paranoid. Ada baiknya Anda memberikan jaminan, bahwa produk yang Anda jual bebas dari kemungkinan kontaminasi virus.

Anda bisa memberikan semacam garansi, bahwa proses pengemasan barang dan seterusnya, dilakukan secara higienis dan mengindahkan prosedur yang aman dari potensi transmisi virus. Misal : Berikan informasi, bahwa selama proses pengemasan, Anda mengenakan masker dan kondisi tangan yang higienis.

4. Facebook Ads

Saat ini adalah momentum yang tepat untuk Anda mencoba memakai Facebook Ads, karena orang-orang sedang menjalani proses physical distancing, sehingga media sosial akan mengalami peningkatan traffic yang cukup signifikan.

5. Donasi

Apabila memungkinkan, sisihkan sebagian keuntungan penjualan online Anda untuk donasi. Donasi bisa Anda salurkan secara langsung dengan, misalnya, membeli dan membagikan secara gratis masker atau hand sanitizer.

Penutup

Kita semua berdoa dan berharap semoga wabah Corona segera berlalu, sehingga roda perekonomian dan kehidupan manusia bisa pulih seperti sedia kala. Sementara itu, sebagai manusia kita harus tetap menjalani kehidupan dan berusaha semaksimal mungkin, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Semoga tips jualan online dari Rumahweb kali ini, bisa memberikan Anda inspirasi untuk bisa terus menjalani kehidupan secara produktif, di tengah merebaknya wabah virus Corona.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi