Rumahweb Blog

Tips Dan Trik Meningkatkan SEO Website WordPress

Jika Anda memilih WordPress sebagai platform SEO, ini artinya Anda telah membuat langkah yang tepat untuk memasarkan website Anda. Kenapa? Karena WordPress memiliki beberapa fitur built-in yang cocok untuk meningkatkan kemampuan SEO, sehingga bagi Anda yang tidak memiliki latar belakang teknis pun dapat mengimplementasikannya dengan cukup mudah. Di artikel kali ini, Rumahweb akan membahas beberapa tips SEO untuk WordPress, yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya, bahwa dengan fitur tersebut dapat membantu meningkatkan peringkat website Anda di Google.

1. Atur Struktur URL Anda

URL yang mudah dipahami ditambah keyword yang tepat akan lebih bernilai dibandingkan bila URL itu berisi informasi tanggal atau jumlah unggahan di halaman Anda.

Anda dapat mengatur struktur URL di menu Setting > Permalink

2. Kategori dan Tag

WordPress memungkinkan Anda untuk mengklasifikasikan konten dengan menempatkannya di dalam kategori dan menetapkan tag ke setiap unggahan. Cara ini membantu pembaca menemukan konten yang ingin mereka baca dengan mudah dan cepat, dan juga membantu mesin pencari menentukan struktur dan konten website Anda.

3. Judul/Heading

Heading tag yang tepat sangat penting bagi mesin pencari untuk mengetahui tentang apa saja isi halaman Web Anda. WordPress memungkinkan Anda dengan mudah menambahkan judul dan subjudul yang tepat ke konten Anda dari menu editor.

4. Komentar

Komentar yang diunggah di website Anda menjadi indikasi website Anda adalah website yang menarik. Namun, jika ada banyak spam komentar pada Website Anda, maka hal ini dapat membuat web tidak baik dimata mesin pencari. Anda dapat menggunakan plugin WordPress yang populer untuk mencegah spam, seperti Akismet Anti-Spam, atau Google Recaptcha.

5. Plugin

Sejauh ini plugin SEO yang paling baik untuk WordPress adalah Yoast. Yoast telah digunakan oleh lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia dan banyak memiliki review bintang 5. Percayakan soal SEO pada plugin ini. Hal ini karena Yoast menawarkan berbagai fungsi yang berguna untuk mengoptimalkan website Anda di mesin pencari, seperti:

  • Optimasi kata kunci
  • Mengatur canonical tags untuk menghindari duplikasi konten
  • Saran untuk tautan internal ke bagian lain website Anda
  • XML sitemaps
  • Integrasi dengan Google Search Console yang memungkinkan Anda melihat bagaimana kinerja website Anda dan memperbaiki crawl error

6. Gambar

Gambar yang berukuran besar dapat memperlambat website Anda. Gunakan Google page speed tool untuk menganalisis website Anda. Alat ini juga dapat membantu optimalisasi  gambar, CSS, dan Javascript pada website.

7. Mencegah Malware

Tips selanjutnya fokus pada keamanan. Google mem-blacklist website yang terinfeksi malware. Amankan website Anda dengan alat anti-malware seperti SiteLock yang memindai website setiap hari dan menghilangkan segala bentuk malware yang terdeteksi. Apabila website terserang malware, Anda bisa membersihkan malware dengan panduan malware dan solusinya dari Rumahweb.

8. Pasang Sertifikat SSL

Pengguna biasanya mencari tanda bahwa website yang diakses adalah website yang aman, sebelum melanjutkan melakukan transaksi. Jika website Anda tidak memiliki tanda seperti gembok hijau di bilah pencarian browser (address bar) atau tidak memiliki alamat web https, hal ini dapat menimbulkan dampak negatif.

Selain itu, Google secara aktif menampilkan pesan peringatan kepada pengguna yang mencoba mengakses website Anda jika tidak memiliki sertifikat SSL. Hal ini berdampak pada lalu lintas di dalam website Anda mengalami penurunan peringkat di mesin pencarian.

9. Pastikan Aksesibilitas Website

Maksud dari website yang aksesibel adalah website yang dirancang dan dikembangkan untuk SETIAP jenis pengguna, baik yang sempurna atau yang disabilitas, atau mereka yang sudah tua dan mengalami penurunan kemampuan visual, pendengaran, kognitif dan motorik, mereka yang berada di daerah dengan jangkauan internet yang buruk dan juga mereka yang sakit. Apa hubungan antara website yang aksesibel dan SEO? Website yang dirancang dan dikembangkan untuk dapat diakses oleh semua jenis pengguna secara bersamaan dapat mengoptimalkan SE0.

10. Kecepatan dan Kinerja Website

Tips terakhir adalah tentang meningkatkan kinerja website. Seberapa cepat loading di website Anda berdampak langsung pada hasil pencarian. Pengguna berharap website dimuat dalam waktu 3 detik atau jika tidak mereka akan pindah ke website lain. Kecepatan dapat bergantung pada sejumlah faktor seperti gambar, video, dll, dan perusahaan hosting web Anda memiliki peran yang besar dalam hal ini. Kami, di RumahWeb menawarkan hosting dengan fitur cache canggih di paket WordPress Hosting.

Demikian artikel tentang tips dan trik meningkatkan SEO website WordPress yang bisa dilakukan di website Anda. Semoga dengan mengikuti artikel ini, SEO di website Anda semakin optimal.

Berikan Komentar

RumahWeb